" Memahami hati wanita, aku, selamanya amatiran. " - Kunto Aji
====================================
Sekitar sebulan setelah gue ajarin cara naik sepeda, Dira berubah. Dia yang dulu apa-apa datengnya ke gue, seneng-susah chat gue, dipepetin cowo free call gue, sejak saat itu, ia jadi beda. Gue ngga paham sama sekali letak masalahnya dimana, namun lambat laun Dira jadi jauh. Teman-teman dekatnya pun merasakan hal yang sama walaupun mereka ngga mempermasalahkan hal itu. Bagi mereka, cewe berubah pasti ada sebabnya. Dan ketika gue tanya apa sebabnya, mereka jawab ngga tau, seakan-akan ada yang ditutupi. Kejanggalan ini ngga cuma gue yang ngerasain, Adam sama Hanif juga sama. Cuma disini yang bener-bener merasakan perbedaan ini kayanya gue doang. Sisanya pada bodo amat. Ya, emang sih gue mungkin harus sadar diri juga bahwa gue bukan siapa-siapa, tapi, kenapa dia ngejauh gitu aja?
Gejalanya gue liat dari chat nya yang dulu panjang dan huruf terakhirnya itu tiga atau empat huruf sekarang ya super singkat aja. Dulu sering nanya sibuk apa ngga, nanyain gimana gue hari ini, terus dia cerita yang sangat panjang kaya koran aja gimana. Sering papasan, dan kalo bukan gue yang nyapa, ngga bakal ada tuh saling bertegur sapa. Pergaulan dia juga nambah, tapi bareng orang-orang yang ngga gue kenal. Gue juga taunya di Instastory. Beruntunglah di instastory itu ngga macem-macem meski gue ngga tau juga dibalik itu kaya gimana. Gue reply pun jarang ia bales lagi. Bener-bener ga paham lagi.
Sampe akhirnya gue udah gedek banget, gue chat Dira pas lagi ujan gerimis. Mendukung banget lah cuacanya.
" Dira??"
"Iya kenapa?"
" Aku boleh nanya ngga?
Eh tapi keganggu ga? Takutnya aku ganggu hehehe"
" nanya apa?
Engga ko santai aja"
"ummm....Ra, ko kamu akhir-akhir ini kaya beda ya? Kaya... jauh aja gitu, ngga kaya dulu. Apa aku ada salah?"
Dia bales 8 menit kemudian.
"beda? Beda gimana?"
"yaa.. gimana yaa... beda aja gitu, ngga kaya dulu, terus jarang ngobrol juga ya sekarang-sekarang, kamu lagi sibuk apa?"
Padahal kalo dibandingin sama simsimi masih cepetan chat gue, tapi doi lama banget balesnya. 13 menit kemudian dia baru bales.
"ohh. Iya sorry ya Ri aku lagi banyak masalah"
"Masalah apa? Ko kamu ngga cerita?"
Lama lagi. Kali ini 21 menit. Makin banyak chat yang diobrolin makin lama ia balesnya.
"masalah sama diri aku sendiri"
"loh emangnya ada apa?"
Kali ini dia responnya cepet.
"kamu inget kan waktu terakhir kita main bareng di komplek rumah aku?"
"iyaa. Terus?"
"iya aku cuma ngerasa aneh aja kaya, gasiap gitu"
Lah gue bingung. Kan itu ngga sengaja. Terus gue juga emang sih demen tapi kan gue belum ada niatan buat jadiin dia pacar gitu.
"ngga siap gimana Ra? Emangnya aku ngapain? Itu juga aku ngga sadar ko ngga ada maksud lain:("
"iya aku tau
Tapi aku gamau keterusan aja
Aku pengennya temenan aja ngga sampe ada hubungan spesial atau apapun"
"iya aku juga maunya temenan aja Ra. Ya aku juga nyamannya kaya dulu ko. Emang kamu ngerasanya gimana sih?"
"iya aku pengen nyari temen aja yang emang asik. Kamu juga asik. Cuma ya aku ngerasa aneh aja gitu gangerti aku jg"
"aku juga gangerti Ra. Perasaan aku biasa-biasa aja ngga ngeliatin kalo gue suka atau gimana"
"maksudnya?"
ANJENG KECEPLOSAN. Gue ngga nyadar kalo ngetik kaya gitu bakal ngeliatin kalo emang gue suka. Gue ngga langsung bales. Gue istigfar dulu terus gue mau minum ke dapur, gue tinggal hape gue, eh gataunya di spam.
" Ri?
P
Eh assalamualaikum
Kalo p atheis
Ri ko lamaa"
"sorry sorry abis minum air. Gimana?"
"itu maksudnya gimanaa?"
"yang mana?" gue berpura-pura jadi bodoh. Meskipun memang.
"aku juga gangerti Ra. Perasaan aku biasa-biasa aja ngga ngeliatin kalo gue suka atau gimana
Tuh itu maksudnya gimana"
"emm... ngga gimana-gimana ya emang aku pengennya temenan juga ko. Aku seneng kaya dulu, nyaman kaya dulu. Tapi aku ngga tau ngelakuin apa jadi kaya salah gini"
"engga ko Ri.. kamu ngga salah"
"Terus??"
Dia balesnya lama lagi.
"mungkin aku. Aku udah jarang ngobrol, nyapa juga jarang, aku gaenak sama kamu"
"gaenak kenapaa?"
"aku deket sm cowo. Trs akunya baper
Tapi gabilang ke kamu"
Anjirlaaa... gue ngga read langsung chatnya. Gue agak shaking sih. Selama ini kalo ada cowo yang deketin dia pasti cerita, dan kali ini ngga. Dan Dira juga ngga gampang baper orangnya, makanya gue kaget dia tiba-tiba baper sama orang tanpa cerita ke gue.
"ri aku free call boleh?"
"ngga usah Dira ngga apa-apa
Ohh yaudah kalo udah deket sm cowo ngga apa-apa ko ngga usah gaenakan gitu kaya yang gakenal aku siapa hahahaha" padahal mah sakit anjeng.
"iya aku minta maaf ya Ri..."
"iya ngga apa-apa ko. Emang siapa cowonya?"
"ada, anak SMA 5"
"ohh..iya deh, semoga bahagia ya kalian berduaa... :))"
"iyaa makasih Ri. Kapan-kapan kita ngopi yuk?"
"Kan bukannya ada cowo trs nanti cowonya marah trs nanti" – gue delete lagi text nya, ngga gue kirim.
"iya Dira, kalo kita ada waktu.. :))"
"maaf yaa gabilang ke kamu terus kaya aku ngejauh gitu, aku cuma gaenak.."
"iya gapapa Dira santai ajaa"
"makasih Ari.."
Gue cuma bales pake stiker. Terus gue bingung aja. Cewe yang gua idam-idamkan, yang bagi gue udah "My Kind of Woman"nya Mac DeMarco banget. Yang gue susah-susah ngerahasiain perasaan gue, yang susah-susah gue bikin dia ketawa, ngejokes sana-sini, cari bahan obrolan, kalah sama anak 5 yang gue ngga tau dia siapa dan gimana kenalnya. Sampe kebingungan ini berakhir, chat gue ngga dibales lagi, bahkan dibaca. Gue emang bener-bener ditinggalin sama si doi yang bucin parah edan. Terus gue? Ya sakit lah.
==============================================================================
Dan setelah gue mengingat itu, gue dihadapkan kembali di kafe favorit pada sore hari yang indah ini dengan keberadaan wanita bajingan yang ninggalin gue pas lagi nyaman-nyamannya bersama lelaki yang gue akui keahliannya merebut hati wanita memang jago. Apa gue harus dendam sama tu cowo? Ngga. Bagi gue, ngga ada yang salah buat mereka yang mencoba menarik hati wanita. Yang salah adalah wanita yang membuka hatinya ketika ia sedang bersama yang lain. Dan Dira juga ngga salah amat sih toh gue bukan siapa-siapanya dia kan? Terus gue mikir aja "Apa mungkin salah gue juga yang kelamaan deket tapi guenya ngga ngasih kepastian? Tapi bukannya dia emang nyarinya temenan doang kan? Terus masa gue gerak sedikit dianggapnya pengen lebih? Dan apa dia ngga ada usaha buat memperbaiki hubungan pertemanan ini?" karena ya sejak saat itu gue sama Dira udah bener-bener kaya yang ngga kenal lagi. Gue cape juga lama-lama kalo harus gue yang sapa duluan. Gue cuma ngga nyangka aja akhirnya ngga sesuai apa yang gue bayangkan. Gue belajar satu hal, jangan dulu taruh ekspetasi tinggi-tinggi, sebab kalau jatuh sakitnya ngga akan ada yang nandingin.
KAMU SEDANG MEMBACA
A Good Friend
Romanceshe's just a good friend...or maybe more than that. Ari Saghara, seorang pelajar yang jatuh cinta kepada temannya sendiri, tapi bukan Hanif atau Adam soalnya mereka cowo. 90% ngarang, sisanya 10%. End for now. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada 2...