Lepas Shalat Isya' berjama'ah. Suara angin malam dan riuh ombak pantai Mukalla menelisik masuk kamar melalui jendela. Asrama baru kami hanya berjarak 300 m ke pantai lepas Mukalla. Saat itu Purnama sudah menampakkan keangkuhannya di tengah singgasana langit, tanpa sedikitpun bintang-gemintang mengawalnya. Malam ini sempurna langit ia kuasai dengan mantra keindahannya.
Sekitar 60 mahasiswa sudah menungguku di pantai. Aku berangkat agak akhir bersama beberapa staff pengurus asrama. Langit cerah tanpa awan. Purnama menyiram permukaan bumi dengan cahaya putih teduhnya, lantas menghapus ratusan jejak kaki yang kulalui.
Tiba di pasir pantai Mukalla yang lebar. Suara riuh ombak berbaur dengan keramaian teman-teman yang sibuk mengitari api unggun yang kian lama kian membesar. Mereka melingkar. Memenuhi setiap jengkal pasir putih yang mengelilingi api yang sedang mekar. hanya terhitung beberapa langkah kaki, ombak-ombak di lautan terpisah dari pasir yang kami duduki.
Tusuk-tusuk sate secara bergantian diletakkan di atas pemanggang.Lima orang sibuk mempersiapkan makan malam spesial di tepi pantai yang lengang. Alunan Shalawat mengitari api unggun yang tertiup angin kencang.
Rebana terus ditabuh untuk mengusir rasa jenuh yang datang. Qashidah-Qashidah Nusantara berpadu dengan alunan musik padang pasir yang berdendang. Padang Bulan. Ya Hanana. Bahkan lagu-lagu Sabyan yang versi Shalawat juga turut didendangkan di pantai yang menatap langsung wajah Nusantara. Yah, pantai Mukalla menghadap ke tenggara, jika ditarik lurus akan sampai ke kepulauan Indonesia.
Tenggelam dalam alunan Shalawat. Percikan kecil api unggun menari-nari menambah hiburan malam dengan rindu yang berkelebat. Riuh ombak yang berlarian dengan lambat. Membuatku hasrat tarianku kembali bersemangat. Tarian Shufi & Tarekat . Yah, aku adalah seorang Darwish amatiran yang sejak dua tahun terakhir tak lagi melakukan tarian dengan makna penghambaan yang sarat. Dua tahun terakhir aku melakukan seni tarian berputar itu di hadapan Syeikh Muhammad Ba'athiyah, Rektor Imam Shafie College, saat musim libur Idul Adha di Auditorium Kampus.
KAMU SEDANG MEMBACA
MANTRA PURNAMA & DRAMA SENJA Kota Mukalla
AdventureMantra Purnama dan Drama Senja Oleh: Imam Abdullah El-Rashied FB | IG | TW | TG | WP | YT @elrashied_imam elrashied.wordpress.com "Mantra Purnama" Menghidupkan gairah rindu Menerangi jiwa-jiwa yang pilu Membisikkan nyanyian-nyanyian sendu Bertahta d...