TTS02. Dari Ramadhan ke Ramadhan, Kok Nggak Ada Perubahan?#TemanSurga, coba ingat-ingat sudah berapa Ramadhan yang kamu lalui sejak baligh? 5 tahun? 8 tahun? atau lebih dari 10 tahun?
Lantas, setelah beberapa kali lewatin Ramadhan, gimana kondisi keimanannya? tambah taat? atau gitu-gitu aja? Naik turun kaya portal jalan masuk komplek. Kok bisa ya?
Idealnya, pasca Ramadhan ketaatan kita bertambah. Kehidupan kita lebih berkah. Perilaku keseharian kita konsusten terikat dengan aturan syariah. Inilah ciri-ciri orang bertakwa setelah digembleng selama jalanin puasa di bulan penuh rahmah.
Tapi kalo beberapa kali jalanin puasa Ramadhan namun keimanan kita kagak ada perubahan, ini wajib jadi pertanyaan. Bocah ngapa ya?
Bisa jadi selama jalanin puasa selama sebulan penuh, kita tak memaksakan untuk menahan diri. Sama aja dengan sebelum ramadhan. Mata masih jelalatan. Tak bisa nahan pandangan. Mulut masih doyan ngomongin orang sanpai berbusa nggak karuan. Kagak ada abisnya ngebongkar belanjaan gosip pas lagi ngumpul bareng teman. Masih ragu menolak ajakan kemaksiatan. Pakai hijab sering buka tutup mirip warung cemilan. Udah gitu, pacaran nggak mau ketinggalan.
Padahal suri tauladan kita sudah mengingatkan. Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda (yang artinya):
"Puasa bukanlah dari makan, minum (semata), tetapi puasa itu menahan diri dari perbuatan sia-sia dan keji……”[HR. Ibnu Khuzaimah].Allah swt befirman:
"Maka tatkala mereka berpaling (dari Ketaatan), Allah memalingkan hati mereka" (Qs. As-Saff 5)Makanya selagi masih awal Ramadhan, jangan sia-siakan puasa kita. Nggak cuman nahan lapar dan haus saja. Tapi juga menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan pahala puasa. Dan memaksakan diri dalam berbagai aktifitas ketaatan.
Biar tahan godaan, sering-seringlah ikut kajian. Rajin-rajinlah memahami bacaan keislaman. Berkumpullah dengan orang-orang sholeh biar kecipratan berkahnya. Insya Allah pasca Ramadhan akan banyak perubahan. Tambah taat, tambah tebal keimanan. Mau kan? Yuk! [@Hafidz341]
==
Mau dapat #TausiyahTemanSurga (TTS) selama Ramadhan? Share tausiyah ini ke kontak wa kamu atau group WA sebelum klik >>http://bit.ly/bcramadhan4teens
KAMU SEDANG MEMBACA
KAJIAN
SpiritualIni hanyalah coretan para aktivis dakwah Bukan milik saya, saya team copypaste