Bonus Chapter : Idul Fitri (1)

4.4K 587 65
                                    

Allahuakbar

Allahuakbar

Allahuakbar

La ila ha illallah Wallahuakbar

Allahuakbar wallillah illham

Takbir berkumandang tanda hari kemenangan telah tiba.

Hari ini hari dimana semua orang merayakan hari raya idul fitri.

Yahh, termasuk si Ayah bersama tiga jagoan nya.

Pagi tadi mereka udah sholat ied bareng-bareng di lapangan komplek. Dan Allhamdulilah Dejun taun ini ikut sholat. Soalnya sih, ehm tau sendiri kan gimana Dejun. Namanya aja Pelor, 'nempel molor', dan juga Dejun itu susah bangun pagi. Kalo matahari belom tinggi nih, susah banget buat Dejun buat buka matanya.

Jangan kan matanya. Hatinya pun keknya masih tertutup.

Buat aku :)

Nggak.

Berkat guyuran ember seciduk dari ayah Ten pagi ini, akhir nya Dejun pun bisa membuka matanya. Yah, walaupun harus basah-basahan.

 

 

Ehm, basah-basahan (?)

 


Aduh jadi seger 🌚👍

 

Habis solat ied pagi tadi. Acara selanjutanya yaitu sungkem.

Ini adalah hal paling sakral dari hari lebaran kan? Saling bermaaf-maaf an. Saling menyambung tali silaturahmi.
Dan yang lebih penting dari acara ini adalah...

ANGPAUUUU

Iya dong. Wajib itu.

Lucas, Dejun dan juga Hendery itu sadar bahwa kayaknya udah nggak sepantasnya di umur mereka yang udah masuk kepala 2 itu dapet THR. Tapi, bodo amat lah.

Harusnya emang di umur-umur segitu justru ialah yang paling membutuhkan uang. Bukannya malah para bocil-bocil. Lagian para bocil tuh harusnya dikasih permen aja bukannya uang. Biar yang dikasih uang tuh yang gede-gede aja.

Soalnya yang gede itu pengeluarannya banyak Om, Tante, Nenek, Kakek. Tolong THR kita ditambahain :(

Ayah duduk di kursi sambil menunggu anak-anak nya yang satu persatu mau sungkem.

Ayah udah ganteng dong ya. Pake baju koko putih, pake peci putih pake sarungnya sarung Wadimor. Ayah pake sarung karena Wadimor sarung khas indonesia.
Wadimor beragam corak nya.
Wadimor sarung istimewa.
Wadimor tentu sarung kita.

Stop please deh ya jangan nyanyi.

Sebenernya sih ayah mau pake sarung keluaran Gucci gitu, tapi sayangnya Gucci belom keluarin fashion sarung deh kayaknya. Yaudah deh, ayah beli aja Wadimor. Karena kalau beli sarung  gajah duduk ayah takut sama gajah. Dia aja parno duduk diatas gajah, apalagi pake sarung yang ada  gajahnya lagi duduk.

Lebih nggak mau lagi ayah pake sarung mangga. Karena ayah phobia buah-buahan. Jadi dia juga nggak mau duduk sama sarung yang berbau buah-buahan.

"Ayo anak-anak! Sini sungkem cepetan! Mau THR apa enggak! Yang pertama dapet banyak!" panggil ayah.

Nggak lama suara gedebag gedebug saling bertabrakan terdengar.

"Gue dulu, gue dulu!" Hendery memimpin.

"Gak, gak, gak gue, gue!" kata Dejun sambil menarik baju Hendery.

"Minggir!!"

"Minggir".

Ayah yang liat anaknya tubir bukannya dilerai atau di marahin, eh malah ketawa-ketawa.

"Haha ayo, ayo, siapa cepat dapet duit double!" kata ayah semangatin anak-anak nya.

 

"MINGGIRRR!" kata Lucas sambil menarik ke dua saudaranya ke belakang.

Tau nggak sih gimana gedenya badan Lucas? Sekali tarik, Hendery sama Dejun langsung nyusruk di lantai.

"ANJJ—eh, astagfirullahh!!!" sebut Hendery mencoba sabar.

"Gak, gak bisa gini, wah" kata Dejun tidak terima.

Lagian siapa yang bisa menahan kekuatan Lucas yang setara dengan tenaga Kingkong? Nggak ada kayaknya. Lagian body dejun sama Hendery mah jauuhh bener kalo sama Lucas.

Lucas yang udah sampe depan ayah langsung bersimpuh di depan ayah sambil salim. "Minal aidzin walfaidzin Ayah. Maaf kalau selama ini Lucas banyak salah sama ayah, sering nyusahin ayah, sering buat ayah emosi. Tapi, Lucas sayang ayah. Maafin Lucas ya yah" kata Lucas sambil menahan air matanya biar gak nangis.
Yah namanya juga sungkem gitu. Pasti semua orang bakalan baper. Termasuk juga Lucas. Karena Lucas juga manusia.

"Minal aidzin wallfaidzin juga ya nak. Walaupun kamu sering banget nyusahin ayah, tapi ayah juga sayang kamu. Jadi anak yang rajin ya, jangan suka nyusahin orang tua, apalagi ayah. —Udah itu aja, nanti kamu nangis kalo ayah terusin", kata Ayah panjang lebar.

Habis Lucas sungkem, sekarang giliran Dejun. Mereka nggak akan rebutan lagi karena sungkem ke dua atau ke tiga pun nggak ada bonusnya.

"Minal aidzin wallfaidzin ayah. Maafin Dejun kalau banyak salah selama ini sama ayah. Dejun juga sering nggak dengerin omongan ayah. Dejun minta maaf ya.

Tapi, Ayah juga harus minta maaf sama Dejun karena tadi pagi ayah udah guyur aku pake air kolam yang udah seTAUN NGGAK DI KURAS!" kesal Dejun di akhir kalimatnya.

Ayah yang tadinya mau terharu jadi mau ngakak aja.
"Pffft,"

"Ayah! Ayah itu jahat ya! Dikira Dejun itu tanaman apa disiram-siram?"

"Hahaha, maaf, haha. Lagian kan sekalian ayah mau kuras kolam pagi-pagi. Airnya bingung mau taruh mana terus liat wajah kamu kayaknya pas banget buat penampungan air kolam. Terus ayah buang aja airnya ke kamu" canda Ayah.

"Gak gitu juga kali!"

"Yaudah-yaudah. Minal aidzin juga ya. Maafin ayah juga kalau ada salah. Manusia kan tempatnya salah".

Dejun mangut-mangut aja. Biarin deh ngalah aja dia. Lagian kan umur juga nggak ada yang tau.

Nah, sekarang giliran Hendery yang sungkem.
"Minal aidzin wall faidzin ayah".

"Udah?" tanya ayah. Dia kira Hendery bakalan ngomong panjang lebar.

"Udah. Hendery tau Hendery banyak salah. Ayah juga banyak salah. Jadi impas." kata Hendery santai.

"Sontoloyo! Harusnya kamu minta maaf"

"Enakan minta uang yah,"

"Heh! Anak siapa siapa sih ini?!" ujar Ayah heran. Gini amat punya anak.

"Hehe bercanda. Maaf ya yah kalo Hendey banyak salah. Maaf lahir batin", katanya.

"Hmmm, iya sama-sama" kata Ayah sambil menepuk pelan kepala Hendery.

Sayang dia tuh sebenernya sama anak-anak.

 


"Habis ini kita ke makam bunda ya"

Orang Kaya Baru-WayVTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang