"mas, masnya yang pake hoodie abu,"
dongpyo ngeliat bajunya, lalu nengok ke kanan-kiri. sedetik kemudian dia nengok ke belakang, ada mbak mbak lagi senyum cantik ke dia.
ngapain neh, mau digodain?
"bentaran dong mas bentar aja,"
tapi ya karena dongpyo orangnya gategaan jadi dia samperin si mbaknya.
dongpyo tadi mau ke minimarket, mau beli susu kotak. padahal tadi siang udah, tapi pengen lagi. maklum, selera bocah.
"gini loh masㅡ"
"jangan mas deh panggilnya," potong dongpyo cepat.
"yaudah kenalan dulu ya,"
habis kenalan, si mbak mbak yang dongpyo nggak denger namanya ini langsung nyerocos lagi.
"jadi gini kak, kami ini mahasiswa sukarelawan, kami lagi bikin event charity buat anak yatim piatu, nah, tenang kak, kami nggak minta sumbangan kokㅡ"
kak kak your head, dongpyo masih sma.
nggak dengerin apa yang si mbak mbak ini omongin, dongpyo malah keinget kenalannya yang yatim piatu. dia kenal karena mereka ketemu waktu dongpyo kunjungan ke salah satu panti asuhan.
si kenalannya dongpyo ini anaknya asik dan baik banget. udah gitu ganteng pula. kalo dongpyo jadi cewek sih, udah ngejar ngejar.
dari ceritanya ke dongpyo, dia ditinggal di depan pintu asuhan tempat tinggal dia selama ini. selama 17 tahun, dia nggak tau siapa orangtua kandungnya. kasian, dongpyo jadi bersyukur masih punya orangtua lengkapㅡwalau jarang ketemu karena masalah kerjaan.
dongpyo nggak merhatiin waktu si mbak mbak ini nunjukin sesuatu di hp nya. sampe tanya tanya masalah sosmed dan sekolah. dongpyo sendiri nggak yakin dia jawab dengan bener.
balik ke kenalannya dongpyo tadi, katanya dia udah diadopsi sebuah keluarga. dongpyo sendiri tau dari tetangganyaㅡlee sangmin. ternyata sangmin itu temen deket si kenalannya dongpyo ini. menurut cerita sangmin, temennya itu bahagia sama keluarga barunya.
btw, dongpyo lupa itu temennya sangmin namanya siapa. padahal sering ketemu kalo doi lagi main ke tempat sangmin.
ya maklum, banyak pikiran.
"jadi, kak, kita cuma mau minta partisipasi kakak aja, berkontribusi seratus ribu buat anak anak yatim piatu ini. kakak cukup tulis nama sama nomer hp di sini, terus tanda tangan," kata si mbak mbaknya.
"namanya siapa kak?"
perasaan tadi udah kenalan.
"piyo,"
"nomer hp?"
dongpyo nyebutin deret angka yang udah dia hapal di luar kepala. tapi karena malem ini rame kendaraan, si mbak mbak kurang nulis satu angka terakhir. yodah biarin.
"jadi kak, mau cash aja seratus ribunya?"
hah?
gimana?
singkat cerita, dongpyo dengan mudahnya ngeluarin seratus ribu dari dompet. si mbak mbak bilang, "makasih, semoga acara kami bisa berjalan lancar ya, kak!"
dongpyo ngelanjut jalan ke minimarket, sambil mikir.
entar.
jadi dia kehilangan seratus ribu dalam semenit?
bisa ya?
kok lucu banget?
kok, goblok?
dongpyo nengok ke belakang, mastiin si mbak mbak tadi udah pergi jauh.
"AAAAAH DONGPYO BODOOOHH!"
bukannya nggak mau bantu acara si mbak tadi, tapi dia merasa bodoh karena dengan mudahnya ngeluarin uang seratus ribu.
kalo beneran buat acara charity, syukur aja. kalo bukan...
yaudah...
nasib...
tapi kayaknya beneran sih, dongpyo buka lembaran yang dikasih sama mbak mbak tadi. latar belakangnya sih meyakinkan, mereka juga sampe bikin akun buat acara mereka.
tapi kan tetep aja..
nggak ikhlas gitu ih:(
seratus ribu loh, semenit.
dongpyo buru buru ngecek dompetnya.
semoga halu semoga halu senoga halu seMOGA YANG TADI ITU HALU!
tapi nyatanya dompet dongpyo kosong. padahal dia yakin banget ada uang seratus ribu waktu dia berangkat.
cowok manis itu jambak kasar rambutnya.
"ARGH SUMPAH BODOH BANGET!"
beneran deh, masih nggak ikhlas.
mbaknya pendekatan sosialnya bagus banget, atau dongpyo yang keasikan bengong?
dongpyo lanjut jalan ke minimarket, tapi begitu inget sesuatu dia balik arah. pulang.
uangnya kan kandas.
nggak jadi beli susu deh:(
mamah, maafkan anakmu yang teledor ini -dongpyo
chapter ini berdasarkan pengalaman saya tadi. beneran.
aku mau pulang, mau beli susu dulu. terus kurang lebih seperti dongpyo diatas, kecuali bagian bengong. aku nggak ngerti si mbak mbak ngomong apa. terus. uangku. dadah.
aku nggak jadi beli susu.
bicara bicara sangmin...
:')