Orang bilang, hidup itu kayak roda. Kadang di atas, kadang di bawah.
Dan begitu pula Guanlin. Kalau selama ini rasanya kehidupannya lebih sering di atas, kali ini Tuhan ngasih ujian dengan ngebuat Guanlin ngerasain ada dititik bawah kehidupan. Kadang, seseorang perlu berada dibawah biar tau rasanya bersyukur waktu masih diatas.
Satu, Dua masalah mulai dateng berdampingan. Ketika satu masalah aja belom berhasil Guanlin atasin ada lagi masalah lain yang ngebuat dia makin nggak bisa mikir. Minggu kemarin, Kakaknya pulang. Setelah sekian lama menetap di negara orang, sekarang kakaknya pulang, tapi harusnya bukan dengan keadaan yang berantakan kayak gini.
Iya, berantakan dari segi mental dan penampilan. Kakaknya pulang, dianter sama temennya, terus nyeritain kalo kakaknya abis di rusak sama mantan pacar kakaknya. Denger itu, Guanlin jelas langsung marah. Udah berniat mau booking tiket pesawat buat nyamperin cowok brengsek yang udah ngebuat kakaknya jadi nggak karuan kayak gini, tapi kakaknya malah mohon mohon supaya Guanlin nggak pergi. Awalnya Guanlin nolak, dia tetep mau nyamperin buat minta pertanggung jawaban, atau seengaknya buat ngasih pelajaran, tapi dengan beberapa kalimat bujukan Giyeon, Guanlin akhirnya luluh.
"Dia cuma butuh kamu disini, Lin" kata Giyeon. Guanlin ngebuang napasnya kasar, "aku nggak bisa diem aja kalo orang yang aku sayang disakitin kayak gini, Gi" katanya masih emosi.
"Iya, aku tau kok kamu se sayang itu sama kakak kamu, tapi coba deh kamu pikir pikir lagi, kakak kamu jauh jauh pulang ke sini buat nemuin kamu, cuma kamu, karna dia tau titik ternyamannya itu sama kamu. Dia bahkan dateng ke rumah kita, bukan ke rumah Papa, dan mungkin dia dateng dengan harapan dia bisa nenangin diri, atau berbagi biar bebannya nggak berat lagi. Kalo kamu kesana sekarang, siapa yang nenangin kakak kamu disini? aku? iya aku sih mau, tapi kakakmu kan berharap yang nenangin dia itu kamu." kata Giyeon pelan, tangannya ngusap pelan punggung Guanlin.
"Terus aku harus gimana?? Aku nggak tau lagi harus apa, Gi? Kamu tau kan perusahaan lagi genting, mama sama papa mau pisah, sekarang kakak juga lagi berantakan. Aku bingung" Guanlin nunduk, berusaha nahan emosinya supaya nggak berubah jadi tangisan.
Buat beberapa saat, Giyeon diem, kaget. Iya, dia nggak tau masalah perusahaan Guanlin yang lagi genting, atau tentang mama papa Guanlin yang mau pisah, yang dia tau ya masalah kakaknya Guanlin ini. Nggak heran kalo tadi emosinya Guanlin langsung meluap, begitu tau masalah tentang kakaknya. Pasti emosinya emang udah nggak stabil.
Awalnya ada rasa kecewa waktu tau kalo Guanlin baru cerita sekarang, tapi disisi lain Giyeon berusaha buat mahamin situasi Guanlin. Daaariiii duluuu Guanlin emang susah buat terbuka, dia selalu nyimpen masalahnya sendiri. Tapi kalo udah dipucuk, dia tetep cerita sama Giyeon. Giyeon tau kok kalo Guanlin cuma nggak pengen Giyeon jadi ikut kepikiran masalah dia, tapi disini udah beda sikon sama yang dulu. Giyeon bukan lagi pacar Guanlin, tapi sekarang udah jadi pendamping hidup, yang bakal ngehadapin manis pahitnya kehidupan bareng Guanlin. Giyeon nggak mau cuma manis manisnya aja bareng Guanlin, terus Guanlin doang yang nanggung paitnya. Nggak, Giyeon nggak mau Guanlin susah sendirian.
Tapi kalo diliat dari situasi ini, dimana Giyeon fokus buat program hamil yang mana artinya Giyeon nggak boleh stres, keputusan Guanlin buat nggak cerita sama Giyeon adalah hal yang bisa di pahami. Jadi Giyeon pun nggak mempermasalahin lagi, yang penting sekarang Guanlin udah cerita sama dia.
"Kamu cuma harus bertahan" kata Giyeon sambil senyum.
Guanlin masih nunduk nahan tangis, "Aku capek, Gi"
"Aku disini, Lin" Giyeon nangkup wajah Guanlin buat berhadapan sama dia, "Aku disini"
Guanlin diem, ngebiarin beberapa air matanya jatuh waktu nemuin titik nyamannya di mata Giyeon.
"Kamu harus kuat, nanti kita cari solusinya bareng-bareng. Jangan disimpen sendiri bebannya, dibagi biar ringan. Enggak apa apa kalo kamu capek, itu manusiawi. Kalo dirasa udah capek, istirahat dulu, ngobrol bareng aku, kita ngopi ngopi dulu, hehe. Jangan mikir buat nyerah dulu, oke?" kata Giyeon nyoba nyairin suasana.
Guanlin senyum, terus ngangguk di tangkupan tangan Giyeon. "makasih" katanya.
Giyeon ngecup pelan bibir Guanlin, terus meluk Guanlin. "yang perlu kamu tau, kamu tu nggak sendirian. Ada aku disini, dan sekarang ada dia juga" Giyeon nempatin tangan Guanlin ke perutnya.
Guanlin cuma nganga, kaget pokoknya kaget. Beneran deh rasanya tu nano nano, rasanya juga udah kayak naik roller caster, tadi sedih terus tiba tiba sekarang kaget, haru, seneng, jadi satu. "Beneran?" Guanlin senyum senyum nggak jelas.
Giyeon ngangguk. "Beneran nggaaaakk?" Guanlin ngedusel.
"Beneraaann, ihhh, apaan siii" Giyeon nahan kepalanya Guanlin yang ngedusel di perutnya.
"Beneran loh, Gi, nangis nih aku?" beneran matanya Guanlin berair lagi. Giyeon ketawa, "yaudah, nangis gih"
Tapi Guanlin malah senyum senyum kayak orang gila sambil balik ngedusel Giyeon. beneran deh, Tuhan tu emang sebaik itu, dibalik semua masalah yang dia hadepin, ada kado istimewah dari Tuhan yang ngehibur dia.
"makasih ya" ucap Guanlin.
"iyaa" bales Giyeon.
"bukan buat kamu, Gi"
"hah?"
"buat dia makasihnya. Makasih ya udah dateng ke hidup papi" Guanlin ngusap perut Giyeon. Giyeon cuma geleng geleng, "sama aja, yang buat kan aku" elak Giyeon.
"buatnya barengan tau" protes Guanlin.
iya, iya, udah, buatnya barengan. Jangan diterusin, nanti ngawur.