Bissmillaahirrahmaanirrahiim.
Syirik terbagi dua bagian, yaitu:
A. Syirik Besar (Syirkun Akbar).
Syirik besar dapat mengeluarkan pelakunya dari Agama Islam dan menjadikannya kekal di Neraka, jika ia meninggal dunia dalam keadaan musyrik dan belum bertaubat darinya.
Syirik besar adalah memalingkan sesuatu bentuk ibadah kepada selain Allah, seperti berdo'a kepada selain Allah atau mendekatkan diri dengan penyembelihan hewan kurban atau nadzar untuk selain Allah, baik kuburan, jin atau syaitan, atau takut yang seharusnya ditujukan hanya kepada Allah Ta'ala, namun ia takut kepada selain Allah, seperti takut kepada mayit, jin, syaitan, jimat dan yang lainnya, dengan keyakinan bahwa semua itu dapat membahayakannya.
Contoh lain, mengharapkan sesuatu kepada selain Allah, dimana sesuatu itu tidak dapat dilakukan kecuali oleh Allah, seperti kesembuhan, rizki, hidayah, kesuksesan, keberkahan, keselamatan.
Allah SWT berfirman:
وَيَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ مَا لَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنْفَعُهُمْ وَيَقُوْلُوْنَ هٰۤؤُلَآ ءِ شُفَعَآ ؤُنَا عِنْدَ اللّٰهِ ۗ قُلْ اَتُـنَـبِّــئُوْنَ اللّٰهَ بِمَا لَا يَعْلَمُ فِى السَّمٰوٰتِ وَلَا فِى الْاَرْضِ ۗ سُبْحٰنَهٗ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ
"Dan mereka menyembah selain Allah, sesuatu yang tidak dapat mendatangkan bencana kepada mereka dan tidak (pula) memberi manfaat, dan mereka berkata, Mereka itu adalah pemberi syafaat kami di hadapan Allah. Katakanlah, Apakah kamu akan memberi tahu kepada Allah sesuatu yang tidak diketahui-Nya apa yang di langit dan tidak (pula) yang di Bumi? Maha Suci Allah dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan itu."
(QS. Yunus 10: Ayat 18)Asy-Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir as-Sadi' rahimahullaah berkata: "Syirik besar adalah seseorang yang mengadakan tandingan bagi Allah, sehingga ia berdo'a kepada tandingan tersebut sebagaimana ia berdo'a kepada Allah, atau ia takut, harap, dan cinta kepadanya sebagaimana cintanya kepada Allah, atau ia mempersembahkan kepadanya satu bentuk ibadah." (Al-Qaulus Sadiid Syarh Kitaabit Tauhid (hal.24).
Di Antara Syirik-Syirik Besar Ialah:
1. Syirik Do'a, karena do'a ialah bentuk ibadah yang paling agung, bahkan ia merupakan inti sari ibadah.
Rasulullaah ﷺ bersabda:
الدّعاء هو العبادۃ.
" Do'a adalah ibadah." (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi)
Allah SWT berfirman:
وَقَا لَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْۤ اَسْتَجِبْ لَـكُمْ ۗ اِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ
"Dan Tuhanmu berfirman, Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk ke Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."
(QS. Ghafir 40: Ayat 60)وَمَنْ يَّدْعُ مَعَ اللّٰهِ اِلٰهًا اٰخَرَ ۙ لَا بُرْهَا نَ لَهٗ بِهٖ ۙ فَاِ نَّمَا حِسَا بُهٗ عِنْدَ رَبِّهٖ ۗ اِنَّهٗ لَا يُفْلِحُ الْـكٰفِرُوْنَ
"Dan barang siapa menyembah tuhan yang lain selain Allah, padahal tidak ada suatu bukti pun baginya tentang itu, maka perhitungannya hanya pada Tuhannya. Sungguh orang-orang kafir itu tidak akan beruntung."
(QS. Al-Mu'minun 23: Ayat 117)
KAMU SEDANG MEMBACA
About Tauhid
Spiritualmudah-mudahan yang saya share disini bisa menambah Keimanan, ketaqwaan, & Aqidah kita terhadap Allah SWT Aamiin. Jangan lupa Follow + Vote + Coment + Share.