Misi

8 1 0
                                    

     Sentimen bangsa pribumi terhadap pendatang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.  Etnis Tionghoa yang datang ke Indonesia dijadikan pemungut pajak, pengambil insentif dari warga dan juga perantara perdagangan.

Hal ini tentu saja, menimbulkan stigmatisasi dan sentimen negatif bangsa Indonesia terhadap etnis Tionghoa yang dianggap melakukan penindasan dan pengambil alih kekuasaan di Indonesia serta berkembangnya isu anti-Tionghoa yang dikenal licik.

Ditambah lagi, etnis Tionghoa jika dilihat secara ekonomi berada dalam posisi yang stabil dan strategis serta sukses sehingga menjadikannya dislike minority (kaum minoritas yang tidak disukai) dan kelompok yang disisihkan.
Kerusuhan tersebut bukan hanya meresahkan warga keturunan cina saja, melainkan seluruh rakyat ikut resah.

"Apa salah gue! Gue juga bukan keturunan cina!" umpat Adam dengan emosi.

"Sabar bro, kita harus balas dendam,,kita ikut njarah aja gimana, loe kan udah gue ajarin ilmunya" usul salah seorang teman Adam.

Adam sedikit berfikir lantas menyetujui usulan temannya.

"Oke,,! gue bakal ikutan njarah sampe harta gue balik kaya semula" Setuju Adam.

Alim,Agung dan Johar mengangguki sambil tersenyum picik.
Ruangan sempit dengan lebar tiga m dan panjang empat m, yang diisi dengan kasur lantai dan meja yang dihuni oleh empat pemuda yang sudah lama berteman.

Malam harinya, dengan diterangi cahaya temarau dari lampu sentir, empat pemuda  duduk melingkar dengan ditemani kopi yang masih mengepul. Ditengah mereka sudah ada bolpoint dan kertas, salah satu dari mereka mulai mencoret-coret kertas sambil menerangkan sesuatu.

"Nomer 5 jatah lo dam, kalo udah selesai kita ngumpul di gang batu, gue liat disana udah kosong, warga udah pada kabur" Jelas Alim diangguki yang lain.

Layaknya seorang prajurit yang sedang merancang strategi perang, mereka juga membuat berbagai strategi jika salah satu diantaranya gagal.

"Kapan kita mulai operasi?" Tanya Agung.

"Besok malam, siangnya kita siapin alat-alat sama bensin"Jawab Alim.

Setelah sepakat mereka mulai mengumpulkan tenaga untuk operasi besok pagi.

*****************************************

Jangan lupa vote dan comentnya....

KelamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang