Raden Mas Bagoes Tedjo Wicaksono. Ketemu sama gue di acara arisan ibu-ibu. Waktu itu cuma ada tiga anak-anak yang dibawa ibunya ikut arisan: gue, tejo, dan satu anak lagi yang gue ga inget namanya. Gue langsung ngajak Tejo main bareng soalnya bocah satunya ingusan, jijik gue.
Gue inget banget pertama kali kenalan Tejo senyum malu-malu sambil tutup muka, najisin banget. Gue gregetan pengen ngejeledakin palanya setiap inget tampang Tejo pas kenalan dulu.
Tapi dari cara dia kenalan gue tau dia anak yang penurut, cocok buat gue jadiin budak.
"aku Raden Mas Bagoes Tedjo Wicaksono tapi panggil aja Bagoes.. hihi"
Sumpah gue masih merinding tiap inget suaranya.
Otak gue yang waktu itu masih setengah mateng gabisa mencerna nama Tejo yang kepanjangan. Jadi gue mengusulkan ide lain buat nama panggilnya Tejo.
"aku udah punya temen namanya Bagas, kalo kamu Bagoes aku nanti bingung. Kamu Tejo aja ya"
Seperti yang udah gue duga sebelumnya, Tejo cocok buat jadi budak. Buktinya dia nurut-nurut aja, sambil masih senyum malu-malu.
Walaupun buat gue dia adalah budak yang sempurna, di rumahnya dia itu setara pangeran. Tejo itu keturunan asli keraton, bapak ibunya lemah lembut tapi tegas. Pembantunya banyak banget sampe dulu gue kira dia punya penangkaran pembantu.
Awalnya orang tua Tejo seneng-seneng aja Tejo main sama gue. Tapi makin lama mereka ngerasa gue bawa pengaruh buruk buat Tejo, akhirnya Tejo gaboleh main sama gue. Tejonya dikurung di rumah dan guenya diwanti-wanti buat nggak main sama Tejo lagi.
Dilarang begitu gue malah jadi makin tertantang.
Suatu hari gue dateng ke rumahnya sambil bawa Magu, anjing kesayangan abang gue. Gue dateng dengan gagah berani sambil mengetuk pintu rumah nggak santai. Begitu pintu dibuka oleh salah satu pembantunya gue langsung masuk dengan bar-bar. Di ruang tamu gue lepasin Magu biar berkeliaran dan ketemu musuh alaminya. Iya, keluarganya Tejo punya kucing yang disayang dan dibesarkan seperti anak sendiri kayak malika. Nama kucingnya juga Malika. Lalu gue duduk santai di sofa ruang tamu rumah Tejo sambil makan kacang mede. Nggak sampai satu menit, gue udah bisa mendengar bunyi ribut gonggongan Magu dan teriakan panik ibunya Tejo.
Long story short, gue diizinkan main sama Tejo lagi karena takut Malika bakal gue apa-apain. Kasian Tejo, ternyata dia nggak lebih berharga dari Malika.
Tejo emang nggak keren tapi setidaknya dia nggak secemen Iqro. Tejo bisa gue ajak tawuran tanpa harus gue jagain.
Walaupun tiap cedera langsung manggil ambulance.
Tejo juga selalu nurut gue suruh apa aja. Dulu waktu smp pernah gue suruh ikut pmr biar pegang kunci uks, Tejo nurut. Gue suruh manjat tembok sekolah buat beliin gue lumpia basah di depan SD, Tejo nurut. Gue kutekin, nurut. Gue kuncirin setiap rambutnya mulai gondrong, juga nurut.
Kalo Iqro baru mulai jadi fakboi dari SMA, Tejo udah mulai petualangannya dari SMP. Beda sama Iqro, Tejo gapernah cerita apa-apa sama gue tentang cewek-ceweknya. Tau-tau putus, tau-tau jadian, tau-tau selingkuh, tau-tau putus lagi.
Tejo gapernah serius setiap pacaran alias fakboi level 2. Asal cantik digebet, asal bening dipacarin. Bosen ya putus, temennya cakep ya diembat juga. Entah udah berapa banyak persahabatan cewek-cewek yang dirusak Tejo.
Gue gapernah komentarin kebiasaan Tejo yang ini soalnya gue liat Tejo bahagia jadi fakboi. Yaudah gapapa gue juga ikut seneng.
Untuk urusan pelajaran, Tejo adalah yang paling terbelakang. Kalo biasanya setiap murid punya setidaknya satu bidang ilmu yang mereka bisa, Tejo gabisa semuanya. Gue udah sering nyuruh Tejo belajar ilmu kebatinan aja saking capeknya ngajarin dia.
Tapi di antara kita semua, cuma Tejo yang cita-citanya nggak berubah sampai SMA.
Waktu belum TK gue pengen jadi kasir indomaret karena gue suka bunyi barcode discan, Tejo pengen jadi tukang telor gulung biar bisa makan telor gulung sampe mampus.
Waktu SD gue pengen jadi guru karate biar bisa nyelengkat kaki orang, Tejo masih pengen jadi tukang telor gulung.
Waktu SMP gue pengen jadi demonstran biar bisa rusuh terus abis itu dapet nasi kotak, Tejo tetep pengen jadi tukang telor gulung.
Waktu SMA gue pengen jadi polwan biar bisa gebukin orang, Tejo tetap konsisten pengen jadi tukang telor gulung.
Tejo mungkin gapernah bisa serius pacaran dan sekolah, tapi dia serius banget sama telor gulung.
Gue bangga.
Tapi sayangnya Tejo makin jauh dari cita-citanya.
Sekarang Tejo malah jadi anak teknik yang tiap hari ketemu sama mesin las instead of penggorengan. Sampe sekarang gue masih suka kasian ngeliat tampang mupeng Tejo tiap ngeliat abang telor gulung.
Mungkin kapan-kapan dia harus gue guyur minyak panas.
YOU ARE READING
Faris
ChickLitFaris isn't your typical female friend Because she isn't your friend, You're her servant. "kata Faris gue cocok jadi budak, gapapa hehe" -Tejo "budak tuh yang ada culanya kan?" -Baskoro *cuma ketawa* -Iqro