04

924 193 57
                                    

Baskoro

Lo pernah ga, suka banget sama orang sampe jadi bego?

Gapernah lah edan, gue kan keren tampan rupawan cerdas dan bekualitas.

Tapi Faris pernah tuh, sekali. Terus kayaknya mendalam banget masih membekas sampe sekarang padahal masih gantengan gue kemana-mana.

Dari awal padahal si Faris tuh udah gue bilangin, jangan pacaran sama si Jayden Jayden itu. Dia kan Jepang, Jepang kan dulu penjajah. Masa dia pacaran sama penjajah?

Terus gue ditonjok, soalnya ternyata bokapnya Faris tuh hybrid Belanda-Swiss. Pantes itu anak jiwanya kolonial banget.

Dulu gue gapernah nyangka bakal ngeliat Faris jadi manusia bucin. Lo liat aja bentukannya itu si Faris, udah 11 12 sama bang napi yang suka bilang "waspada lah waspada lah!". Kelakuan sama kepribadiannya gahar bener. Cakep sih cakep, cuma jantan banget. Gue, Iqro, dan Tejo aja kadang ngeri sama tu anak.

Eh tiba-tiba gaada angin gaada hujan, suatu hari gue melihat Faris dateng ke kampus, dibonceng cowok yang tampangnya songong abis. Mana pas turun pake pegangan tangan segala, udah macem orang mo nyebrang. Dan yang paling aneh, FARIS SENYUM MALU MALU ANJING. Tangannya sih sok nonjok-nonjok tapi pipinya merah bgst. Masih trauma gue kalo inget waktu itu.

And it all went downhill from there.

Dimulai dari Faris yang mulai gamau dianter jemput lagi, lalu akhirnya Faris mulai jarang kumpul bareng gue, Iqro, dan Tejo.

Boro-boro ngajakin Faris hunting tuyul ke gunung kayak biasanya, ngajakin dia ke mekdi tengah malem aja susahnya minta ampun. Lagi bareng Jayden lah, udah dianter Jayden lah, nugas bareng Jayden lah, hunting foto sama Jayden lah, Jayden lagi sakit lah, lagi nyasar sama Jayden lah, Jayden ini lah, Jayden itu lah, Jayden aja terus sampe Cinta Fitri tayang di Netflix.

Gue, Iqro, dan Tejo gabisa ngapa-ngapain selain ngeliatin sambil misuh-misuh di belakang. Mau ngomong juga takut si anjir, ntar Faris ngamuk terus kita diungkep di kandang sapi kan serem juga. Akhirnya kita bertiga cuma bisa doa bersama biar mereka cepet pegat. Putus. Goodbye.

Entah karena kita sering marawis atau karena rajin pake gamis, doa kita cepet banget dikabulnya.

Suatu malam, sekitar jam 11, gue menemukan Faris di depan pintu apartemen gue dengan mata sembab dan hidung merah. Gue tentu saja panik karena walaupun tampang Faris mirip banget sama ikan fugu, dia keliatan sedih banget.

She looks so heartbroken that I can feel my heart breaks for her too.

Faris nggak ngomong apa-apa, dia cuma nangis senangis nangisnya sampe gue ngerasa dada gue ikutan sakit. Bahkan setelah nangis semaleman sambil minum-minum susu ultra dua liter sampe ketiduran, setelah bangun tidur mual-mual macam orang hangover padahal cuma gara-gara mabok susu, Faris tetep nggak mau ngomong apa-apa.

Gue, Tejo, dan Iqro berkali-kali nanya tapi Faris tetep gamau jawab. Faris yang biasanya hidup dalam kebacotan, tiba-tiba berubah jadi jelmaan limbad.

I only found out why a week later.

Gue lagi nugas di salah satu kosan temen gue waktu ngeliat seonggok motor familiar masuk ke parkiran dengan seorang cewek di boncengannya. Awalnya gue mau positive thinking, mungkin cuma temen. Gue juga sering nganter temen-temen gue yang cewek, biasalah babu.

TAPI GAADA TUH GUE DICIUM PAS MEREKA TURUN.

Gue marah. Sangat marah sampai gue sendiri ga sadar kalau gue udah jalan nyamperin tu cangcorang dan mukulin dia sekuat tenaga. Di kepala gue cuma muncul bayangan tangisan Faris malem itu. She cried like she was in so much pain and I want to make sure he'll experience the same pain, no I will make it even more painful for him.

Sepertinya keahlian otot tawuran gue masih ada karena setelah itu Jayden dilarikan ke rumah sakit. Gue hampir dituntut keluarganya, dicabut beasiswa, dan hampir di DO dari kampus sampai keluarga besar gue harus turun tangan dan bokap gue keliatan udah sangat tergoda buat ngehapus gue dari KK.

But I don't regret it.

Regret only start to struck in when I saw Faris crying alone at the hospital backyard. She looks even more broken than that night, if that even possible. She looks so small, trying to hold hear tears with her trembing hand.

It hurts so much to see Faris, the toughest person I've ever knew, look so shattered and helpless. And soon my regret was accompanied with guilt when Faris finally told me what happened.

And it makes me realize,

I really can't afford to see her broken again or else I might ended up killing someone.

***

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Aug 26, 2021 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

FarisWhere stories live. Discover now