Kamu termasuk tipe orang yang suka makan perlahan, cepat menyikat habis makanan, atau tergoda coba-coba berbagai jenis kuliner? Cara makan ternyata bisa mencerminkan kepribadian seseorang, lho!
Menurut pakar perilaku makan Juliet Boghossian, kita bisa menebak kepribadian seseorang berdasarkan kebiasaan mereka makan. Ini dia beberapa kebiasaan dan cara makan paling umum yang bisa mengungkapkan kepribadian, seperti dikutip dari Huffington Post.
1. Makan Perlahan
Selalu jadi yang paling terakhir makan, tipe ini cenderung ingin menikmati setiap suapan atau gigitan makanan yang dihidangkan. Menurut Juliet, mereka yang makan secara perlahan biasanya ingin semua hal serba terkendali dan tahu bagaimana menikmati dan menghargai hidup. Mereka juga orang-orang yang percaya diri, stabil dan cenderung tenang saat menghadapi berbagai situasi.
2. Makan dengan Cepat
Jika kamu terbiasa makan cepat, ada kemungkinan karena terpengaruh kebiasaan dari keluarga yang juga makan cepat. Tapi tak sekadar itu, cara makan kamu yang cepat juga terkait dengan kepribadian. Mereka yang paling pertama menghabiskan makanan di atas piring sebelum yang lainnya cenderung ambisius, suka bekerja keras dan tidak sabaran.
3. Suka Coba Makanan Baru
Tipe ini suka mencoba berbagai kuliner baru, terutama yang tidak biasa. Tipe 'petualang kuliner' ini tidak hanya suka mencoba hal baru tentang makanan, tapi bisa jadi aspek lainnya. Mereka pribadi yang berani ambil risiko dan suka hal-hal menegangkan.
"Menunjukkan keterbukaan untuk mencoba hal baru di luar pengalaman yang pernah ia jalani atau zona nyaman," jelas Juliet, yang juga mendirikan perusahaan penelitian perilaku makan Food-ology.4. Pemilih
Saat makan di restoran, kamu akan meminta bahan-bahan tertentu tidak dimasukkan ke dalam makanan. Kamu juga meminta makanannya dibuat sesuai keinginan. Misalnya dengan menambahkan ekstra keju, ekstra cabai, saus, atau tidak ingin diberi bumbu dan topping tertentu. Orang seperti ini nyaman dengan dirinya dan apa yang diinginkannya.
Suka pilih-pilih makanan juga merupakan cerminan pribadi orang yang selalu ingin tahu dan haus akan informasi. Dia tidak sungkan mengutarakan banyak pertanyaan jika itu bisa membuat hidupnya lebih nyaman. Tapi tipe ini cenderung selalu menganggap bahwa hanya pilihannya lah yang terbaik dan tidak mau menerima pandangan orang lain.5. Tipe 'Bubur Ayam Diaduk'
Kamu suka makan bubur ayam diaduk atau mencampurkan semua lauk dan sayuran saat makan nasi rames maupun Nasi Padang? Artinya kamu orang yang mudah menerima hal-hal baru dan suka bereksperimen dalam hidup. Orang yang makan dengan cara ini biasanya ramah dan bisa membina hubungan baik dan akrab dengan teman-temannya. Ia juga bisa bertanggungjawab.
Tapi karena terlalu banyak komponen makanan yang tercampur di piringnya, menandakan bahwa ia terlalu banyak mengumbar komitmen padahal belum tentu bisa menjalani semuanya. Tipe ini juga kesulitan menentukan skala prioritas dan menjaga konsentrasi.
6. Tipe 'Bubur Ayam Nggak Diaduk'
Orang dengan gaya makan seperti ini lebih suka menyantap satu jenis makanan saja dalam satu suapan. Jika ingin memakan makanan lainnya, ia akan menyuap kembali. Intinya dia tidak pernah menggabungkan dua hingga tiga jenis makanan (nasi, lauk, sayuran) dalam satu suapan sendok.
Tipe ini umumnya sangat terencana dan memperhatikan detail pada apa pun yang dia kerjakan. Baik itu aktivitas rumah tangga maupun pekerjaan. Tapi karena terlalu berpegang pada metode dan panduan yang sudah ada, mereka jadi tidak suka perubahan dan sulit mengikuti keadaan yang terjadi secara spontan.
KAMU SEDANG MEMBACA
TES KEPRIBADIAN
SachbücherSecara umum, definisi tes kepribadian adalah teknik untuk mengesahkan atau menolak hipotesis dalan pengukuran mental yang menghasilkan skor untuk membandingkan dua atau lebih. Tes ini dirancang untuk mengukur berbagai faktor psikologis tertentu bia...