Angel mengusap sebuah buku kuno yang penuh debu menggunakan kemoceng. Lantas, ia membuka segelnya yang terkunci.
"Memangnya di buku itu akan ada petunjuk? " tanya Anan keheranan.
"Tentu saja. Setahuku, guru sejarah pernah membahas tentang seorang pakar duyung yang memiliki marga Harley." kata Angel yang kini sibuk membuka lembar demi lembar halaman di sana.
"So, kamu curiga kalau-kalau Pak Jones adalah keturunannya pakar duyung itu?" tebak Lala sambil memilin ujung rambutnya.
"Tepat sekali!" Angel tersenyum karena halaman yang dicarinya sudah ketemu. Namun, air wajahnya berubah seketika begitu melihat halaman tersebut.
"Ternyata pakar duyung itu adalah Marthinus Harley. Aku baru ingat kalau dia adalah sosok yang sangat kejam kepada makhluk laut, terutama duyung seperti kita." Angel tampak ketakutan dan menutup bukunya dengan suara kencang.
"Bluk!"
Rahang Anan dan sahabat-sahabatnya menengang."Masa sih? Aku tidak percaya kalau kita dijebak," Anan tak kuasa menyembunyikan wajah kesalnya.
"Jangan-jangan, kalung mutiara itu tak pernah ada." tambah Luna.
"Jones Harley hanya memasang perangkap agar dia bisa menjadikan kita sebagai objek penelitiannya," sahut Maya.
"Sudah pasti, Jones Harley mengetahui jika kita adalah duyung! Tapi, untuk apa Pak Jones hendak memburu kita?" mata indah Lala berkaca-kaca. Sudah jelas ia merasa ketakutan. Sementara Angel berusaha memberanikan diri untuk membuka buku kuno yang baru saja ia tutup dengan tidak ikhlas.
"Menurut keterangan yang tercantum di buku ini, Marthinus Harley gagal dalam penelitiannya yang ke lima belas karena duyung-duyung bermigrasi. Jadi, beliau merasa sedih dan jatuh sakit. Seminggu kemudian dia pun meninggal,"
Anan mengangguk-angguk tanda mengerti.
"Kurasa, aku tahu alasannya,""Aku juga!" tambah Silvy.
Sementara Angel hanya tersenyum kecut seraya menaikturunkan kacamata minusnya. Dia rasa, petualangan mereka akan sangat sulit dan rumit.
***
Holla my lovely readers! Apa kabar? Semoga baik ya ... Aku malah lagi patah hati ini :(, wkwkwkwk :D Mohon like, share, and follow ya?
KAMU SEDANG MEMBACA
KKPK: Mermaid's Life Season 2
Adventure# 125 Adventure and 13 KKPK Berkisah tentang kehidupan Anan si putri duyung dan sahabat serta keluarganya. Dia hidup di dasar laut. Anan dan sahabat-sahabatnya sangat gemar menjelajahi lautan. Dalam kehidupan pasti ada peristiwa suka dan duka. Apa m...