Self Injury adalah perilaku menyakiti dan melukai diri sendiri yang di lakukan secara sengaja. Ini merupakan salah satu bentuk dari gangguan perilaku yang terkait dengan sejumlah penyakit kejiwaan.
Self Injury dapat berupa tindakan melukai tubuh dengan benda tajam atau benda tumpul, seperti menyayat atau membakat kulit,memukul tembok,membenturkan kepala, atau mencabut rambut. Penderita SELF INJURY juga dapat dengan sengaja menelan sesuatu yang berbahaya, seperti cairan deterjen atau obat nyamuk, bahkan menyuntikan racun ke dalam tubuh.
*berbagai alasan seseorang menyakiti diri sendiri.
Self injury dilakukan untuk melampiaskan atau mengatasi emosi berlebih yang tengah di hadapi,misalnya stres,marah,cemas,benci pada diri sendiri,sedih,kesepian,putus asa.
Berbagai emosi tersebut bisa muncul akibat
* masalah sosial.
Perilaku Self injury rentan terjadi pada seseorang yang sedang mengalami kesulitan hidup dan masalah sosial, misalnya menjadi korban bully di sekolah atau tertekan dengan tuntutan dari orang tua dan guru.
*Trauma psikologis
Kehilangan orang yang di cintai dan menjadi korban kekerasan emosional,fisik,atau seksual bisa membuat seseorang merasa hampa,mati rasa,dan rendah diri.
Mereka menganggap dengan menyakiti diri sendiri bisa mengingatkan dirinya bahwa ia masih hidup dan merasakan sesuatu layaknya orang lain.* ciri-ciri perilaku self injury
• memiliki sejumlah luka di tubuhnya, seperti luka sayang di pergelangan tangan.
Umumnya mereka akan menyembunyikan luka tersebut dan akan menghindar bila ditanya Apa penyebab nya.
• memperlihatkan gejala depresi,seperti suasana hati yang buruk,sering merasa sedih,menangis,dan tidak memiliki motivasi dalam hidup.
• cenderung tidak percaya diri atau menyalahkan diri sendiri atas masalah apapun yang terjadi.
• sering menggunakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh, untuk menyembunyikan luka.
Cr. Google ala dokter.
#####Story Time
KAMU SEDANG MEMBACA
Psikologis Story
General FictionSetiap dalam diri manusia pasti memiliki jiwa yang lain dalam tubuh mereka , ada yang sengaja menciptakan nya untuk kepercayaan diri dan karier. Dan ada yg tercipta dari rasa trauma dan tekanan yang mereka alami. Disini tidak hanya akan ada sebuah...