Indonesia.
Indonesia merupakan negara yang memiliki julukan 1000 pulau.
Indonesia pun juga terkenal dengan negara yang kaya akan budaya juga suku dan bahasa.
Faktanya, selain kaya akan hal hal tersebut, Indonesia juga merupakan negara dengan 1001 kepercayaan (mitos) unik bahkan mendekati kata 'konyol'.
Seperti contohnya :
Orangtua bilang kalau anak gadis nyapu rumah gak bersih, kelak akan dapat jodoh brewokan. I mean, seriouslly? Kenapa gak to the point aja gitu kalau mereka gak suka rumahnya gak benar benar bersih.Gak cuma itu, ada lagi mitos bahwa kalau anak gadis duduk di dekat pintu akan jauh jodoh.
Oh my God! Darimana ceritanya?! Kenapa gak bilang aja kalo kita duduk deket pintu bakal ngalangin jalan?!
Dan masih banyak kepercayaan kepercayaan atau mutos unik lainnya disini yang lucunya mitos tersebut masih dipercayai oleh rata-rata warga +62 di kehidupan yang sudah jelas modern ini.
Sayangnya, warga +62 yang pada dasarnya memang kreatif (+gabut) ini juga menambahkan mitos mitos terkini seperti salah satunya adalah
'Tidak mungkin pertemanan lawan jenis tidak menimbulkan cinta. Pasti salah satunya pernah ada rasa.'
Like what?
Isn't it a suggestion?
Nyatanya survey mengatakan bahwa dengan menabrak kucing hingga kucing tersebut meninggal tidak akan membawa sial.
Mitos tersebut ada karena agar bagi siapapun yang menabrak bertanggung jawab dan mengubur kucing tersebut.
Karena banyak manusia yang tidak bertanggung jawab apalagi jika sudah berhadapan dengan makhluk yang dibawah derajatnya dari manusia.
for example : benda (makhluk mati), hewan (makhluk hidup), tanaman (makhluk hidup), and even earth.
patetik bukan?
tapi ternyata mitos tersebut banyak dipercayai oleh kurang lebih 3/4 orang Indonesia dan hal tersebut menjadi sugesti bagi mereka.
Padahal, setiap harinya manusia pasti mendapatkan min. 1 kesialan dihidupnya, bahkan jika setelah menabrak kucing dan si pelaku mengalami kecelakaan, hal tersebut dapat dijelaskan secara psikologis.
hal tersebut terjadi dikarenakan pelaku yang merasa bersalah dan lalu ia tidak fokus akan aktivitas yang ia lakukan oada saat itu dan membuat dirinya mengalami kecelakaan tidak terduga.
see?
Seberapa berpengaruhnya hoax atau hal yang tidak dapat dibenarkan atau menyimpang yang lebih dipercayai manusia daripada hal yang benar atau asli?
alot!
Oke,
Sebagai salah satu warga Indonesia, gua bukan termasuk orang yang mudah mempercayai hoax.
Dengan kata lain, ada beberapa mitos atau hoax yang masih gua percayai sekarang walau gua meragukan kebenarannya.
1. Duduk dekat pintu = Jauh jodoh.
2. Anak kecil kalau main sampe maghrib bakal diculik wewe gombel. (Hiiih)
3. Dudukin bantal = pantat bisulan
4. Nyapu gak bersih = jodohnya brewokanYa... memang kebanyakan perihal percintaan, akan tetapi, hei!
siapa yang gak khawatir jika percintaannya terancam?
apalagi kalau lu salah satu kaum jomblo sejak lahir.
atau kaum orangtua keras banget perihal percintaan.
atau kaum your first being your last.
atau kaum cinta itu sakral.
pasti lu akan menjadi orang yang picky dalam memilih pasangan bukan?
dan bagaimana jika mitos tersebut benar adanya?
padahal mitos adalah mitos.
ya, maafkan diriku yang overthinking ini.
Oh!
Anyway,
kenalin dulu...
Nama gua Venellope Verencia
Panggil aja gua Veren
, salam kenal :)
AJECI, 2019-TYPEX
KAMU SEDANG MEMBACA
Friend-Shit
FanfictionVeren takut pada kenyataan kalau Veren sayang Jungkook lebih dari sahabat. !BASED ON TRUE STORY