"23 tahun, ada yang udah jadi bos, ada yang baru lulus kuliah. Ada yang udah nikah, ada juga yang masih jomlo. Tenang aja, semua orang punya waktu masing-masing."
***
Tangerang, 2022
Wisuda hari ini berakhir meriah. Dengan baju toga yang melapisi kebaya abu-abu yang dikenakannya, Ayas melangkah melewati lautan mahasiswa yang dikerubungi keluarga dan teman dekat.
Tempat ini ramai, tetapi ia sendirian.
Mungkin lain cerita jika kelima temannya juga ada di sini, mengenakan jubah yang sama dengannya dan saling menyelemati.
Pandangannya mulai memudar karena digenangi air mata. Bahkan ibunya pun, tidak bisa datang di hari bahagia ini.
Ayas merasa ada lengan yang merengkuh bahunya, ketika ia menoleh ke kanan, sosok gadis berponi tebal tengah tersenyum ke arahnya.
"Gue seneng deh, Yas, hari ini."
Ayas mengangguk lamat. Kini bulir air mata membasahi pipinya, menimbulkan jejak tipis. Kepalanya menoleh ke belakang, ada tiga lelaki yang saling melempar canda.
Salah satu di antara mereka menyadari jika Ayas menoleh. Dia mengernyit. "Lah, lo ngapa nangis dah, Yas?"
"Karena gue sendirian," lirih Ayas. Perlahan, empat teman-temannya menghilang dari pandangan. "Kalau ada kalian kan, gue nggak kesepian begini."
Ayas tiba di ambang pintu aula ketika telinganya mendengar seseorang meneriaki namanya. Perempuan itu menoleh, irisnya melebar ketika mendapati teman-temannya berdiri di dekat air mancur bersama sang ibu.
"Happy graduation, Ayas!"
***
"Lo gak akan pernah bisa memenuhi ekspektasi orang lain."
Starring '
Ayas
Farhan
Yasa
Sera
Ben—B E D A—
Hyewoosung ©2020
***
20/8 : Prolog baru, tapi ceritanya ya tetep sama. Karena ngerasa kayaknya lebih pantes yang ini jadi prolog heuheu
KAMU SEDANG MEMBACA
[7] Beda
General FictionQuarter-life crisis melanda Ayas, Farhan dan teman-temannya! "Masuk bareng-bareng, kita harus lulus bareng, ya!" Kenyataannya, ada yang memutuskan berhenti, ada yang menjauh karena kesalahpahaman, ada yang mengulang, ada yang cuti. "Pada akhirnya...