1. Aslan

3.3K 159 18
                                    

⚠️ EXPLICIT CONTENT - MENGANDUNG BAHASA KASAR, JANGAN DITIRU! ⚠️

❇️

Aslan

Benang dan jarum. Kedua benda itu udah ada di tangan gue, tinggal mraktekinnya aja yang gue udah lupa caranya, setahu gue cara jahit itu gampang tapi intinya gue lupa. Kalau bukan gara gara adik gue tercintah ini gue gak bakal mau ngubek ngubek memori gue gimana caranya jahit manual.

"Resek banget sih lo!" Gue masih menggerutu karena kecerobohan Brina, adik gue yang baru masuk sekolah udah ngelanggar peraturan aja, malu maluin.

"Kak, lo tahu kan penjahitnya udah tua. Terus bednya diilangin, ya otomatis belum ke pasang lah, ntar gue beli lagi."

"Lo bener bener gak bisa jahit sendiri apa? Gue lupa caranya." Di sekolah gue ini kalo ketahuan belum pasang bed emang harus jahit bednya di ruang BK. Dan itu jahit sendiri tanpa seragam dilepas. Tahu kan ya ribetnya kayak gimana?

"Ya kalo gue bisa jahit sendiri ya udah gue jahit dari tadi. Ayo lah, ntar gue beliin bakmi deh kakakku sayang."

Sumpah. Kalo gak adik gue, udah gue tinggal dari tadi. Mana dari tadi Bu Tina ngeliatin gue sama Brina mulu lagi, seakan akan gak ikhlas gue ngebantu bocil satu ini.

Akhirnya ingatan gue bisa diandalin juga. Masuk, keluar, tarik. Hampir sepuluh menit gue nunduk buat ngejahit ini sampe leher gue pegel. Untung guru guru belum pada masuk kelas, kalo udah mampus lah gue kena poin gara gara telat masuk kelas.

Sabar Aslan, sabar.

"Dah selesai." Gue ngasih jarum sama benang itu ke Brian, tanpa ba bi bu gue langsung menuju kelas gue, 12 IPS 1. Ninggalin adik gue sendiri di ruang BK.

Ini dia kehidupan kecil gue. Selamat datang.

***

Nama gue Aslan Daniel Athfariza.

Ada cerita dibalik nama gue sebenarnya.

Tahu Aslan kan? Tokoh singa difilm The Cronicles of Narnia, si singa yang bijak. Orang tua gue pasti pengen gue bisa kayak Aslan di Narnia itu, berani dan bijak.

Daniel, tahu Kang Daniel gak? Cakep kan? Nah orang tua gue ngasih nama gue itu biar gue bisa seganteng idol koriya itu. Eh bercanda kok. Athfariza, gampang aja, itu nama belakang Ayah gue, Arsen Athfariza.

Panggil aja gue sayang, ehh-Aslan maksudnya. Gak usah pura pura jijik. Gue tahu kok gue ganteng. Jadi ini ceritanya biografi gitu. Jadi tolong sangat jangan terkagum kagum sama latar belakang dan prestasi gue.

Anak pertama dari tiga bersaudara. Alias anak pertama atau sulung. Adik gue cewek semua.

Yang pertama yang tadi gue jahitin bednya, Brina Reana Athfariza alias kanjeng putri satu alias adik kelas gue alias pacar gue (banyak orang bilang). Gilak ya, ya kali gue pacaran sama adik gue sendiri, tengilnya aja udah bikin Istigfar. Tenang aja dia bukan bad girl. Cerewet nyaingin bunda, hobinya maen, rebahan, fangirling sama ngehalu. Gadis SMA newbie yang berharap masa SMA nya kayak di wattpad wattpad, padahal, noh lihat noh buka mata lo, masa SMA yang nyata dan realistis kayak gimana. Gemes gue.

Yang kedua Cara Cynantia Athfariza, auto mikir merk santan gak? Cara, hahaha. Atau jangan jangan ke inget yutuber cantik Cynantia? Gak usah deh, kalo dia denger palanya gede ntar. Dia masih dedek dedek gemes, masih SMP kelas 3 alias kanjeng putri dua. Anaknya pendiem cuek gitu. Makannya banyak banget tapi gak pernah gemuk dan anaknya kalem gak banyak tingkah.

Gue sekolah di sebuah SMA di Semarang, SMA Angkasa. Gue emang orang Semarang tapi gak pinter bahasa jawa jadi tolong sangat jangan dihujat. Gue kelas 12, iya tahu udah tua.

Gue punya temen sekaligus sedulur alias sepupu. Ziko Daniandra Althair, anaknya pak dhe. Ziko sekelas sama gue, fansnya banyak nyaingin gue. Walaupun ganteng, gak gak. Walaupun kita berdua ganteng tapi kita gak bad boy, kami nakal tapi masih batas wajar.

Sekolah gue ini emang peraturannya ketat kayak celana senam ibu ibu. Bikin susah nafas murid muridnya. Gue anak IPS yang notabenenya pada kocak orang orangnya, bukan berarti IPS itu dibawah MIPA ya, justru yang sering menyumbang piala sama medali kebanyakan dari anak IPS di sekolah gue. Kelas gue termasuk juga tuh, banyak yang berprestasi, walaupun emang kadang slengekan tapi berkat bantuan bapak ketua kelas alias Ziko, semuanya terkendali.

Apa lagi udah pada kelas 12, udah kecium bau bau tobat dadakan.
Kalo gue mah udah tobat dari dulu.
Tapi seriusan. Gue udah sadar dari dulu sama tanggungjawab gue yang emang gede banget. Jadi anak pertama itu berat, banyak tuntutan, banyak harapan sama ekspetasi yang digenggam, banyak tanggungjawab juga.

Anak sulung.

Harus siap ngalah buat adik adiknya. Harus siap buat jadi pemimpin. Harus siap jadi contoh buat adik adiknya. Harus bisa paham apa yang dirasain orang tua. Harus mikul beban yang bayak. Harus genggam ekspetasi yang besar. Harus siap buat jadi penopang keluarga. Harus siap mandiri. Harus siap dengan segala tanggungjawab. Harus siap dengan berbagai masalah. Intinya harus siap kapan pun.

Harus dituntut sempurna.

Semuanya gue pernah ngerasain. Gimana rasanya beban itu udah gak sanggup lagi dipikul tapi gak ada tempat untuk berbagi. Gimana rasanya ada di posisi terpuruk dan gak ada yang sedia mengulurkan tangannya buat bantu bangkit.

Kecuali diri sendiri.

Jadi pendengar yang baik tapi susah cari pendengar kalo lagi ada yang bikin resah karena udah biasa mendem atau bahkan gak ada yang peduli. No one care, expect yourself.

Entah salah atau gak salah akan tetep ngalah. Capek? Banget, tapi lebih capek orang tua yang udah ngebesarin gue.

Karena sampai kapanpun. Lo akan selalu jadi yang pertama. Yang pertama ngerasain susahnya orang tua. Yang pertama ikut prihatin dengan keadaan. Yang pertama kali ngerangkul adik adiknya. Dan yang pertama kali berdiri bangkit untuk dirinya sendiri.

Kudu senyum terus apa pun yang terjadi.

"Asu!"

Tuh kan, bahkan gue juga harus sabar sama setan sebelah gue. Emang harus. Pagi pagi udah toxic aja.

"Bacot banget pagi pagi." Gue menatap Ziko dengan tatapan 'senggol sitik bacok'.

"Hehe, kayak cewek pms aja lo galak amat." Eh dia malah nyengir.

"Awali pagimu dengan hal hal produktif." Gue nutup buku karya E. L James di depan mata Ziko.

"Produktif matamu! Novel isinya skidipapap semua lo bilang produktif baca tuh Bumi Manusia, biasanya juga ngajakin mabar lo!"

"Ssshhh! Jiwa malaikat gue lagi gak mau ngeladenin setan kayak lo." Gue ngelanjutin baca buku yang bikin gue penasaran padahal ya udah tahu filmnya kayak apa.

Sekali lagi. Selamat datang di kehidupan Aslan Daniel Athfariza.

***

Author's Note


Haiii!

Ada cerita baru nih hehe. Cerita ini rencananya gak bakal panjang sampe puluhan bab, ceritanya juga lebih ke family gitu. Semoga suka yaaa! 💕

Terimakasih sudah membaca dan mengapresiasi cerita ini.

Semarang, 29 Maret 2020

SULUNGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang