12. Mimpi

353 38 7
                                    

Aslan

"Kak."

"Rencananya kamu mau kuliah atau gimana?"

Gue agak terkesiap denger ayah tanya kayak gitu, "Emmm, belum tahu. Tapi... Pengennya kuliah."

Ayah menghela nafas, "Beneran mau kuliah? Gak pengen kayak ayah aja?"

Lagi lagi gue agak terkejut, "Ah... Hahaha jadi pilot maksudnya?"

"Iya to. Kalo kamu mau tak sekolahin dari sekarang, besok udah enak kamu. Jadi pilot sekarang bayarannya banyak lo, kamu juga dapet tunjangan. Udah enak pokoknya."

Gue paham arah obrolan ini ke mana. Ayah pasti pengen gue mengikuti jalannya, jadi pilot. Gue akuin kalo jadi pilot gajinya gede dan punya banyak keuntungan. Tapi. Tolonglah, gue gak mau. Taruhannya nyawa, jauh dari keluarga dan gue gak mau itu, biaya sekolah yang mahal, terus gue pernah baca kalo udah lulus entar belum tentu bisa langsung jadi pilot bahkan ada yang nganggur. Iya sih, setiap pekerjaan pasti ada resikonya. Tapi gue gak ada minat untuk itu. Walaupun orang tua gue mungkin dengan senang hati ngeluarin duit ratusan juta buat biaya sekolah gue.

"Nanti ayah masukin ke SMK Penerbangan dulu biar kamu gak kaget pas lulus, ayah siap biayain kamu ke Bali."

"Bali???"

Tunggu tunggu.

Bali???

Gak salah denger kan gue?

Oke oke gue tahu, gue paham. Bali.
Dulu ayah adalah salah satu lulusan sekolah pilot yang ada di Bali. Sekolah pilot bertaraf internasional yang untuk masuk ke sana susah banget. Gue ketawa dalem ati. Gila.
Gue gak bisa kalo harus ninggalin Semarang.

"Halah sekolahe ayah dulu itu loh. Ayah udah pernah cerita to? Bagus lo itu sekolahnya, gak main main di sana."

Gue berusaha menutupi keterkejutan. Iya gue tahu itu sekolahnya bagus. Ya iyalah sekolah internasional yang udah diakui seasia. Edan.

Gue bingung harus bilang apa.

"Masa depanmu udah terjamin kalo kayak gitu."

Terjamin.

Akhirnya setelah sekian lama gue ada selisih paham dan pendapat sama orang tua gue. Terutama masalah masa depan. Selama ini ayah sama bunda nurutin kemauan gue mau sekolah dimana. Tapi sekarang kelihatannya enggak.

"Jadi pilot? Harus ya yah? Kalo misal Aslan gak mau?"

Btw, bokap ngomongin soal itu waktu gue lulus SMP.

"Kamu gak mau jadi pilot? Yakin? Kamu tuh diajak enak sama orang tua gak mau."

"Susah anak itu yah." Lah bunda ikut nimbrung.

"Terus mau apa? Kuliah?"

Gue jawab dengan tenang dan mantap, "Iya. Aslan mau kuliah."

"Kuliah apa ha?"

Gue diem. Gue emang belum tahu mau kuliah jurusan apa, di mana dan kayak apa.

"Lha wong kamu aja gak tahu mau kuliah apa kok gitu mau kuliah."

"Padahal kalo kamu kuliah. Kamu lulus nih, terus kamu nanti harus nyari kerja lagi, ngelamar sana sini. Sekarang aja banyak tuh lulusan S1 tapi masih pada nganggur. Kalo kamu nurut omongane ayah tadi buat sekolah pilot di Bali, kamu udah enak. Lulus langsung dapet kerja karena sekolahnya kerja sama sama maskapai. Enak to?"

"Pertimbangin lagi Lan."

***

Banyak orang bilang kalo mimpi dan masa depan ada di tangan kita sendiri. Tapi bagi gue saat itu, masa depan ada di tangan orang tua. Cita cita lo ada di tangan orang tua. Mimpi lo ada di tangan orang tua.

SULUNGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang