9. It's Okay Not To Be Okay

560 36 0
                                    

Aslan

23.08

Mata gue masih berusaha terjaga walaupun rasanya badan gue udah capek. Rumah udah sepi. Gue yakin orang orang udah pada tidur. Gue berusaha rileks biar bisa tidur, tapi gak bisa. Selama 4 jam 8 menit gue di kamar gak ngapa ngapain aja.

Bahkan gue gak buka hp, gue cuma tiduran di kasur lihat langit langit kasur. Gue coba belajar gak bisa, gue coba baca buku juga sama.
Saking sunyinya, gue sampe bisa denger detak jantung gue yang sahut sahutan sama detik jam yang terus bergerak.

Tarik nafas. Buang. Tarik nafas. Buang.

Perasaan gue kalut dan gak karuan. Gue ngerasa orang paling tolol karena gue gak bisa apa apa karena keadaan. Dan ujung ujungnya pasti butuh pelarian, iya. Gue butuh pelampiasan.

Gue keluar kamar buat ambil kunci mobil tanpa ngeluarin suara sedikit pun. Yah walaupun percuma aja, suara knalpot mobil pasti kedengeran. Bodo amatlah.

Gue nyalain mesin mobil terus jalan dengan kecepatan yang harusnya gak dipake di komplek rumah. Sampe sampe gue nyenggol tempat sampah Bu Sri dan jatuh. Tahu ah, males banerin. Maaf ya Bu.

Jangan mikir aneh aneh dulu kalo gue bilang tentang pelarian. Gue selalu pergi ke tempat ini kalo gue lagi banyak pikiran.

Jalan Puspanjolo Selatan. Tengah Malam.

23.28

Jarak antara rumah sama jalan ini gak jauh dan terbilang deket, kurang lebih 1 km lah. Jalan ini berdampingan sama Banjir Kanal Barat yang sekarang jadi ikon kota Semarang. Setiap hari tertentu ada pertunjukan air mancur warna warni namanya Bride Fountain. Gue berhenti di pinggir jalan. Malam ini jalan kelihatan sepi banget, gak ada mobil atau bahkan truk yang biasanya parkir sembarangan di sini.

Tepat di samping kanan kalo dari arah rumah gue Banjir Kanal Barat berada, di pinggirnya ada jalan kecil difasilitasi untuk para warga yang mau jalan jalan atau sekadar jogging.

Malam ini sepi banget. Gue keluar dari mobil. Senderan di pintu mobil sambil ngelamun. Gak usah takut kalo tiba tiba ada begal yang ngacungin clurit ke arah gue, tempat ini aman. Gue justru takutnya kalo ada mbak mbak. Tapi selama ini gue sering dateng jam segini gak pernah ada apa apa. Gue gak pernah ngapa ngapain ke sini. Paling jalan jalan lihat sungai waktu malam. Lari lari kayak wong edan. Ngelamun di atas mobil. Rebahan di mobil sambil dengerin lagu galau. Atau mungkin kayak gini.
Iya. Pelarian gue cuma gitu doang. Gak asik.

Gue membiarkan angin malam membelai kulit dan rambut gue. Agak dingin. Gue juga gak pake jaket atau baju panjang. Keluar cuma pake kaos hitam sama celana training adidas warna item, itu doang. Lampu jalan yang remang remang bikin suasana jadi makin sunyi. Gue bakal di sini sampe beberapa jam, bahkan gue pernah di sini sampe setengah tiga pagi dan di bangunin sama polisi. Gue ketiduran. Goblok banget.

Gue ngelamun. Membiarkan setiap sel yang ada di tubuh gue bekerja keras sama otak mikirin masalah. Kadang gue ngerasa cuma malam yang bisa ngerti gue. Ngerti gimana sedihnya gue, ngerti gimana sakitnya gue, ngerti gimana capeknya gue selama ini. Malam yang sepi bisa buat gue bebas ngeluapin apa aja yang gue rasain. Gue bebas buat lari lari, lempar batu ke sungai, diem ngelamun, nendang nendang batu, jalan jalan tanpa ada orang yang perhatiin. Gue bebas mengekspresikan emosi gue di sini.

Gud jalan menuju pinggir sungai, sungainya ada di bawah gue. Gue berdiri di sana untuk beberapa menit, ngeliatin apa aja yang bisa di liat. Sampai akhirnya gue denger seseorang manggil nama gue, suara cewek. Gue kaget setengah mampus dan langsung merinding. Mata gue sampe menyipit saat gue tahu sumber suara itu di mana. Seorang cewek yang naik sepeda listrik menuju arah gue.

SULUNGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang