6. Contoh

320 38 0
                                    

Aslan

"Itu kakak main handphone gak dimarahin?"

Begitu Cara ngomong kayak gitu, gue langsung ngeliat ke arah bunda yang juga natap gue tajam. Tamat.

"Kamu tuh harusnya jadi contoh buat adik adikmu."

Gue diem. Duduk bersila di sofa, suasananya jadi canggung banget. Gue juga gak ada niatan buat ngejawab omongan bunda.

Cara emang dari tadi main handphone terus. Disuruh bunda belajar, jawabnya nanti nanti terus. Apa lagi dia harusnya nyiapin buat TOnya besok Senin. Dan ini juga hari Sabtu. Sedangkan gue baru main game setelah gue vakum gak main sama sekali. Gue udah kena marah aja.

"Kamu harusnya ngerti. Kamu kan juga udah kelas 12, udah paham gak perlu disuruh. Kasih contoh adikmu yang baik baik."

"Kamu paling besar di sini, kasih tahu adikmu, beri contoh mereka. Jangan malah kayak gini, adikmu jadi ngerasa gampangin. Seakan akan gak pa-pa, kak Aslan aja kayak gitu gak dimarahin."

"Kasih contoh mereka mana yang baik mana yang jelek. Jangan malah diperparah."

"Emang kamu mau adik adikmu jadi kecanduan main hp?"

Gue geleng geleng. Wajah gue udah lecek kayak jemuran.

Gue berdiri, bangun terus jalan naik masuk ke kamar gue, baru aja naik anak tangga pertama, bunda udah ngomong lagi.

"Masuk kamar, nesuuu?!"

Gue ngehela nafas berat, "Katanya tadi suruh belajar?"

Gue ngelengos naik ke kamar, serba salah mulu perasaan.

"Kak Aslan ikut!"

Gue dibuntutin sama dua bocah yang emang seneng banget nempel sama gue. Gue juga seneng karena gue suka anak kecil. Mereka berdua itu anaknya adik bunda, tante Reka.

Tante Reka anak bungsu di keluarganya bunda, dia single mom karena suaminya udah meninggal awal tahun lalu. Tante Reka bener bener kerja keras buat memperbaiki keadaan ekonomi keluarganya, dia baru aja dapet kerja makanya anak anaknya dititipin ke bunda. Mereka masih pada kecil kecil, yang sulung cewek namanya Sisi umurnya 4 tahun, yang kedua cowok namanya Elan umurnya 2 tahun.

Gue sayang banget sama mereka kayak gue sayang ke adik adik gue sendiri. Mereka lucu.

Waktu Papanya meninggal, mereka berdua nangis kenceng sambil pelukan. Rasa iba gue bergetar.

Mereka masih terlalu dini, tapi mereka udah dikenalin sama yang namanya kehilangan. Mereka hebat.
Mereka berdua ada di rumah gue dari hari Senin sampe Sabtu malem.

Selama itu pula gue ngejaga, ngehibur dan sayang ke mereka seperti ke adik gue sendiri, buat mereka bahagia bareng adik adik gue. Dengan begitu, gue jadi yang paling besar dan paling tua. Kadang kalo bunda pergi, gue yang bakal jaga mereka, mereka semua. Brian, Cara, Sisi, Elan. Gue yang bakal tanggungjawab atas mereka. Karena saat itu, gak ada bunda, ayah, atau bahkan tante Reka. Cuma ada gue. Gantiin tanggungjawab mereka sementara. Walaupun sebentar, tapi sulitnya minta ampun.

I'm the eldest, i need a rest, but i should give the best.

***

***

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
SULUNGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang