10. It's Okay

403 35 0
                                    

Aslan

Akhirnya setelah delapan hari otak gue diperes sama pelajaran. LIBURAN WOI! GUE SENENG BANGET!

"Woi liburan woi!" Ziko masuk kelas teriak teriak.

"Akhirnya otak gue bisa nafas."

"Mantab gue bisa nolep."

"Aduh capek banget mau drakoran."

"Liburan i'm coming!"

"WOI TAHUN DEPAN LULUS BANGSAT!" Lagi lagi Ziko. Setidaknya dia mengingatkan.

"Aelah! Jangan gitu lo Ko."

"Jangan gitu dong, lo mah sukanya nginget nginget."

"Ya Allah ternyata liburan ini hanya fana."

"Weh iya weh! Selamat pusing untuk tahun depan! Ujian ono neng ngarep mripatmu ndes!"

"Loh loh cepet men to iki?!"

"Lah kita udah kelas 12 to?"

"Amboiii! Gue kira gue masih esdeh, ternyata gue udah mau lulus."

"Ok gugel. Apa yang dimaksud ujian?"

"Pengen nikah aja."

"Tahu lah, gue pasrah."

Maaf banget kelas gue emang gitu, bacotnya bikin Istigfar. Padahal Kamis sama Jumat besok masih berangkat buat classmeet, tapi gue tahu ini pasti gak pada berangkat. Ketua kelasnya aja bolos bareng gue haha. Tolong jangan ditiru.

Gak pa pa sih, setidaknya gue udah baik baik aja.

***

Ada kebiasaan setiap akhir tahun dikeluarga bokap. Pasti pada kumpul kumpul kalau pas liburan, gak cuma waktu lebaran aja. Kayak liburan saat ini, liburannya gak neko neko kok. Kakak kakak ayah pada dateng ke rumah kakek nenek. Masak masak atau mungkin nobar film.

Btw, keluarga dari ayah emang orang orang rich. Kakek sama Pak dhe Fahri adalah orang yang berpengaruh dalam dunia bisnis di Indonesia. Pak dhe Fahri itu CEO Alth Group.
Rumah kakek nenek gue ada di tengah kota, di daerah Pleburan Semarang. Kalo ke sana gue ngerasa cuacanya jauh lebih panas ketimbang di daerah rumah gue.

Gue turun dari mobil dan ngelihat ada beberapa mobil parkir di depan. Udah rame pasti.

Begitu gue masuk ke dalem. Bener apa yang gue bilang, udah rame. Semuanya kumpul, pake komplit lah.

"Ooohhh. Lha ini to putuku seng paling bagus dewe paling nakal dewe wes teko." Gue mencium tangan kakek nenek gue.

"Wes mari nang?" Kakek gue ngelus ngelus pundak gue.

Gue cuma bisa senyum canggung, "Sampun mbah."

Gue denger suara cekikikan dari sepupu gue, mereka ngetawain gue. Sialan. Gue tahu nih siapa provokatornya, siapa lagi kalo bukan Ziko.

"Wah Aslan adiknya udah perawan aja."

Gue cuma bisa senyam senyum, "Iya bu dhe hehe."

Nyokapnya Kak Bara ngelihat gue heran, "Loh Aslan kok udah jangkung men. Bara sampe kalah lo."

"Mak, itu Aslan makan tiang makanya tinggi!" Kak Bara nyahut.

"Ssshhh! Udah kalah kalian sama gue." Kak Arga asal nyelonong lewat depan gue.

"Gue gak ngerti kenapa om Anggoro bawa tiang bendera ke sini." Kak Langit nahan ketawanya.

"Wah wah kurang ajar lo."

Ya begitulah. Kalo udah kumpul ramenya gak karuan. Kakek nenek gue punya 12 cucu dari enam anak laki lakinya. Ayah gue termasuk anak bungsu di sini.

Rencananya nanti malem kita mau BBQ an. Siang ini para ibu ibu pada masak masak di dapur. Di keluarga ayah emang gak ada anak kecil, cucunya udah pada besar besar semua. Paling kecil Cara. Kalo yang cowok paling kecil Ziko.
Gue duduk di sofa ruang keluarga. Samping gue ada Kak Arion sama Kak Langit. Depan gue yang lagi main game ada Kak Bara sama Ziko. Terus di kursi lain ada Kak Gio, Kak Tama sama Kak Kamal, mereka ini golongan tua. Golongan mudanya gue sama enam lainnya. Hahaha.

Kakek nenek lagi ngobrol ngobrol sama Pak dhe Aji, Pak dhe Fahri, Pak dhe Althair. Ayah sama kakak kakaknya yang lain gak tahu ke mana. Adik adik gue sibuk bantu bantu ibu ibu gue sama Kak Jaena.

Ngomong ngomong, yang jadi cucu cewek cuma tiga, adik adik gue sama Kak Jaena si calon dokter. Sisanya cowok semua. Intinya 9 cucu laki laki kakek nenek gue itu pada deket semua. Nakal nakal semua. Bejat bejat semua tapi gue tahu kalo mereka berusaha jadi yang terbaik.

Gak heran kalau lihat isi dompet mereka tebel tebel, kerja kerasnya gak main main. Gak ada tuh yang namanya mereka dikasih kemudahan gara gara anak orang mampu, sama sama harus berusaha dari nol dan justru tuntutan dari orang tua mereka juga makin banyak. Sekalinya sukses gak nanggung nanggung.

Hari ini. Gue membaik, perlahan lahan sembuh. Mungkin karena lihat sepupu sepupu gue yang notabenenya bikin happy virus. Ayah sama bunda udah gak diemin gue lagi, Cara yang mulai ada perkembangan tapi masih dalam perawatan, dan Brina yang gue tahu. Masih berusaha sama traumanya. Dia kelihatan baik baik aja hari ini. Ya iyalah. Siapa yang paling gak sabar ketemu sama cowok cowok tengil ini kalo bukan Brina. Cuci mata katanya. Cih.

"Kak Kamal, gimana cafenya? Lancarkan?" Gue basa basi.

"Mantaplah pokoknya. Diramein terus soalnya, tuh sama Bara sama Arion."

Kak Kamal nunjuk Kak Bara sama Kak Arion pake dagunya.

Kak Bara yang merasa diomongin nyahut, "Ayo lah ke sana bareng bareng. Asik kok."

"Ya iyalah asik. Orang pacarnya kerja di sana. Hahahaha!" Tuh kan. Emang lambenya Ziko susah dikontrol.

"Ohhh cewek itu. Bukannya itu temennya Arion?" Kak Langit nyenggol kak Arion.

Kak Arion diem. Kali ini gue ngerasa diemnya beda.

"Runa itu ya pacarnya Bara juga temenya Arion dari SMP. Begitu netizen paham kan?"

Dan lihat apa yang terjadi. Awkward. Kak Bara bangun dari tempatnya buat ambil minum sedangkan kak Arion ikut pergi juga ngehampiri Cara.

I felt something wrong happened.

I felt something wrong happened

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Nah itu gue sama mereka. Gue urutin nih. Seblah gue kak Arion, Kak Kamal, Kak Arga, Kak Langit, Kak Gio, Ziko, Kak Bara, Kak Tama.

***

Terimakasih sudah membaca dan mengapresiasi cerita ini.

SULUNGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang