14

221 10 9
                                    

Bimillahirrahmannirrahim

.
.
.





Aisyah Pov

Yaallah ga nyangka ternyata Fadlan izin pergi buat selama lamanya. Jadi gw udah sampe di rumah nya Fadlan. Dan bener, disana udah banyak sanak saudara keluarga, tetangga, bahkan geng gw dan temen temen gw.

Dan ketika gw datang, bener aja jenazah Fadlan dibaringkan ditengah, Fadlan keliatan lebih seger, dan ganteng, Fadlan senyum. Gw yang liatnya dari jauh udah senyum aja. Langsung aja gw datengin mamah nya Fadlan.

"Mah, Ais turut berduka cita ya, semoga Fadlan tenang, mamah papah, dan kakak bisa menerima takdir ya mah. Gausah sedih lagi ya mah, insyaallah Fadlan udah tenang disana, nanti Ais sering sering main kesini deh ya mah"
gw gakuat dong udah nahan nahan pengen nangis, Cuma gw gaboleh nangis, tar Fadlan ngambek kalo gw sedih.


Tiba tiba mamah nya Fadlan meluk gw. Yah ambyar kan benteng pertahanan gw roboh. Maaf fadlan, buat hari ini aja ya, aku juga gatega liat mamah kamu:)


"Aisyah sayang, anak mamah pinter. Maafin fadlan ya kalo selama ini fadlan sering jail sama kamu, sering nyakitin hati kamu, maafin juga kalau fadlan punya janji yang belum bisa ter tepati, pokonya anak mamah kuat, aisyah harus kuat ya, pokonya sering sering main kesini ya, jangan lupain fadlan ya sayang?"
ini gue nangis sumpah


"Mamah insyaallah Fadlan gapunya hutang apa apa sama ais, Fadlan gapernah nyakitin ais, malah Fadlan selalu jaga ais, Fadlan selalu nyuport ais mah. Aisyah mau bilang makasih, mamah udah ngelahirin anak sebaik Fadlan, yang insyaallah udah bermanfaat buat lingkungan sekitarnya bahkan temen temennya mah, ais udah anggap Fadlan kaya kakak ais sendiri" sekilas gw liat seseorang yang terbujur kaku ditutupi sehelai kain putih. Gw senyum, gw tenang liat Fadlan udah tenang udah gaada beban pikiran.

"Makasih ya sayang, ais bentar kamu tunggu disini, mamah mau ambil sesuatu" mamah Fadlan berdiri dan pergi, ga lama mamahnya balik lagi bawa kaya kotak perhiasan?

"Aisyah anak mamah yang cantik dan sholehah, sebelum beberapa hari kepergian Fadlan, ia sempet ngobrol sama mamah. Fadlan ngasihin kotak ini ke mamah dan bilang...


'mah beres study nanti, insyaallah Fadlan ada niat mengkhitbah Aisyah, ini fadlan ada emas, Fadlan titip dulu ke mamah ya, mamah tolong jaga, Insyaallah kalau Fadlan udah selesai dan pulang ke Indonesia, Fadlan bakalan langsung datengin abi nya Aisyah dan mengkhitbah nya, Fadlan titip ini dulu ya mah'


Fadlan bilang ke mamah dengan nada serius namun santai, dan mamah fikir, ini bukan milik mamah, dan akan mamah serahkan semuanya ke kamu, maafkan Fadlan ya nak" mamah nya Fadlan langsung ngasihin kotak tadi.



Dan gw buka, gw nangis, gw nangis sejadi jadinya. Isinya ada kalung berlian lafadz Allah, sama cincin sepasang dan kayanya gw yakin nih cincin buat tar dia kasihin ke gw pas dia khitbah gw. Yaallah ganyangka Fadlan mikir sampe sini, maafin gw selama ini udah bikin lu kesel terus:(



"Yaallah mah, ini ah ais jadi nangis mah, ais ga nyangka aja fadlan sampe ada kepikiran sampe sini, ais selama ini banyak jailin fadlan, maafin ais ya mah ais udah ngecewain fadlan dan mamah, maafin ais mah" gw balik lagi meluk mamah nya Fadlan sambil nangis, sumpah gw gakuat Yaallah ais gatau bakal kaya gini akhirnya.

"Gapapa sayang, Allah sang penulis skenario terbaik untuk kita, udah jalan takdir Fadlan kaya gini, mamah cuma nyampein apa yang Fadlan amanatkan ke mamah, udah jangan nangis lagi ya sayang, inget kan Fadlan bilang waktu dibandara? Bahwa ais harus jadi wanita yang kuat, dan jangan cengeng ya sayang." Gw cepet cepet hapus air mata gw dan senyum liat jasad Fadlan yang bentar lagi mau dikuburkan.



KHITBAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang