Kucing Meong Meong

42 9 29
                                    

Halo, setelah sekian abad baru saya menyapa T_T

Nah, setelah mengalami pergolakan batin untuk membahas topik riset pertama, akhirnya saya memutuskan untuk memilih....

... kembali ide awal T_T

Cewek emang gitu. Ribet.

Ada yang Ailurophile di sini? Ailurophile adalah sebutan bagi orang-orang yang sangat menyukai kucing. Suka menyapa dan memberi makan setiap kucing di jalan, merasa ada keterikatan emosional dengan kucing-kucing, menganggapnya sebagai teman, keluarga, sahabat, etc... you name it! Bahasa kerennya ... bucing.

Karena saya seorang yang hobinya ndusel-ndusel pipi ke telinga kucing, mari membahas makhluk yang katanya sudah hampir berhasil menginvasi bumi oleh kelucuannya ini.

Hampir semua kalangan menyukai kucing. Tidak hanya anak-anak, banyak orang dewasa yang menyukai kucing sebagai teman. Tingkahnya yang lucu menggemaskan membuat orang-orang mudah jatuh sayang.

Rasulullah SAW sendiri mempunyai kucing kesayangan, Muezza namanya. Ada juga sahabat terkenal yang dijuluki dengan nama Abu Hurairah atau bapaknya kucing, saking sayangnya dengan kucing.

Menurut KBBI V, kucing adalah binatang mamalia pemakan daging termasuk suku Felidae, berukuran kecil sampai sedang; cakar berbentuk arit yang dapat masuk ke kantong jari-jarinya; bermata sangat tajam, serta mempunyai perilaku kewilayahan yang sangat kuat.

Ada jenis kucing kecil dan kucing besar. Kalau berukuran kecil itu anaknya, yang besar induknya. Plak! Sebenarnya apa bedanya kucing kecil dan kucing besar?

Macan tutul, singa, dan harimau berada dalam marga Panthera, disebut sebagai kucing besar. Sedangkan kucing 'rumahan' yang umumnya dipelihara manusia termasuk dalam marga Felis atau kucing kecil.

Fokus bahasan adalah pada kucing rumahan atau si Felis ini.

Kucing termasuk hewan karnivora obligat atau karnivora sejati yang hanya bergantung pada nutrisi dari daging hewan untuk bertahan hidup

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kucing termasuk hewan karnivora obligat atau karnivora sejati yang hanya bergantung pada nutrisi dari daging hewan untuk bertahan hidup. Mereka tidak memiliki organ pencernaan yang memadai untuk mengolah materi tumbuhan. Kalau begitu, mengapa kucing terkadang terlihat memakan tumbuhan? Ternyata tumbuh-tumbuhan yang dimakan hanya berfungsi sebagai emetik atau obat penyebab muntah.

Cara kucing menandai wilayahnya ada dua. Pertama dengan menggosok-gosokkan wajah kepada pemiliknya, agar aroma si kucing menempel pada pemiliknya, sehingga tidak ada yang berani mendekati. Cara yang kedua agak sedikit ekstrem, karena mencari berani masalah dengan pemilik rumah, yaitu dengan cara spraying atau menyemprotkan air seni ke perabot-perabot rumah. Biasanya dilakukan oleh kucing jantan yang menandai wilayahnya agar tidak ada kucing lain yang datang mendekat.

Kucing adalah hewan yang sangat bersih, lho. Jika diperhatikan, hampir setiap ada kesempatan kucing akan menjilat-jilat tubuhnya. Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri. Permukaan lidahnya ditutupi benjolan kecil dan runcing yang sangat berguna untuk membersihkan kulit. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan mikroba. Kalaupun ada, kuman tersebut hanya kuman biasa yang juga ditemukan pada manusia. Kucing akan jatuh sakit jika memiliki kuman di tubuhnya.

Riset & ResetTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang