GOM4

5.2K 120 0
                                    

Asal Mula & Cara Main Ouija, Papan Pemanggil Arwah Sebenarnya

Film "Ouija" dibuat berdasarkan legenda urban Eropa tentang papan pemanggi arwah yang disebut ouija atau papan ouija.

Orang-orang Eropa dan Amerika sering menyebutnya sebagai "Spirit of The Coin" atau "Papan Semangat." Ini merupakan satu di antara sekian banyak legenda urban tentang permainan pemanggil roh atau arwah yang ada di muka bumi.

Dalam bahasa Indonesia, papan ouija dapat diartikan sebagai sebuah papan permainan yang digunakan sebagai medium untuk memanggil roh atau arwah.Menurut penulis "Occult America" yang dirilis pada 2001, Mitch Horowits, cerita tentang ouija pertama kali muncul pada akhir 1890 ketika dua orang mendapat ide untuk membuat sebuah papan berisi alfabet dan memberinya nama papan ouija.

Horowitz menjelaskan, arti dari nama "ouija" itu sendiri tidak diketahui.Pada era 60-an, hak paten papan ouija berada di tangan perusahaan mainan, Parker Brothers (sejak 1991 bernama Hasbro). Pada 1966, perusahaan itu mulai menjual ouija sebagai "board game."

"Kala itu, (era60-an) orang-orang begitu tertarik dengan hal-hal bersifat mistis dan segala sesuatu yang berkaitan dengan roh," ujar Horowitz.Parker Brothers pun berhasil meraup banyak keuntungan dari penjualan ouija.

Bahkan, mengalahkan penjualan Monopoly (yang juga diproduksi Parker Brothers).Horowitz memperkirakan sekitar 20 hingga 25 juta papan ouija telah terjual di Amerika. Ouija naik pamor selama 1960 hingga 1970an. Setelah itu, penjualannya menurun drastis pada 1980 hingga 1990an.

Perusahaan Parker Brothers (Hasbro) tidak pernah merilis angka pasti penjualan papan permainan itu, tapi Mitch Horowitz menilai hal tersebut dari bagaimana cara mereka berjuang untuk menjual ouija."Ketika sebuah perusahaan mendesain kembali produk mereka, itu berarti ada sesuatu yang tidak beres," duga Horowitz yang dikutip International Business Times.

Pada 1980 hingga 1990an, Parker Brothers meluncurkan berbagai macam papan ouija, termasuk versi "glow in the dark". Strategi itu dibuat untuk menghilangkan prasangka bahwa permainan itu diciptakan untuk memanggil arwah.

Papan ouija menyala dalam gelap produksi HasbroHorowitz menyebutkan, perusahaan tersebut mengganti target pembeli mereka menjadi gadis-gadis yang mungkin akan memainkan ouija di pesta atau ketika sedang menginap bersama.

Namun, kini tampaknya Hasbro sengaja menjadi bagian dari produksi film "Ouija" untuk menegaskan kemampuan papan Ouija sebagai alat untuk memanggil arwah.Juru bicara Hasbro pun mengakui hal tersebut.

Dia mengatakan, perusahaannya yakin bahwa film "Ouija" mampu menciptakan kesenangan dibanding hal-hal bersifat mistis untuk menakut-nakuti orang."Film Ouija adalah kesempatan untuk menceritakan kisah besar tentang permainan tersebut.

Dengan merek Ouija, orang akan tahu bagaimana cara mengetahui hal-hal yang mereka tidak ketahui. Itu adalah inti dari kerja sama kami dengan film ini. Tujuan kami adalah menggaet lebih banyak konsumen dengan memakai 'Ouija' dengan cara memberitahu mereka cara baru dan seru untuk memainkannya," ujarnya.

Aturan Main Asal mula papan ouija dari dataran Tiongkok pada masa Kekaisaran Dinasti Song yang digunakan untuk menghubungi orang yang telah mati ataupun roh.

Dalam papan ouija, terdapat huruf abjad mulai dari A hingga Z, kemudian penomeran mulai dari 0 sampai 9, terdapat juga kata "yes", "no", "home" dan "good bye.

"Jika ingin mencoba permainan ini, maka harus menyiapkan beberapa benda sebagai persyaratan, seperti sebuah koin atau uang logam, atau gelas kecil, atau benda kecil apa saja yang nantinya akan dijadikan sebagai penunjuk.

Kemudian, sebatang lilin (ada yang mengatakan lebih bagus jika lilin merah), serta sebuah papan atau meja, atau kertas juga bisa, yang di atasnya telah dilukis simbol-simbol untuk permainan ouija.

Papan ouijaDilansir Paranormalabout, untuk memulai permainan Ouija dibutuhkan pencahayaan atau suatu lokasi yang remang-remang, sepi, terlebih jika dilakukan pada tengah malam. Disarankan tidak memainkan ouija di dalam rumah.

Sebaiknya bermain di lokasi yang tidak dihuni untuk menghindari efek negatif yang tertinggal dari pemanggilan arwah.Jika semua syarat telah terpenuhi, maka bisa segera memulai permainan ini.

Caranya, letakkan koin tadi di atas papan yang telah diberi simbol-simbol ouija tepat di tengahnya. Lalu, letakkan sebatang lilin yang telah dinyalakan di sebelah papan. Untuk memanggil roh atau arwah agar mau masuk dan ikut ke dalam permainan, kita harus membaca sebuah mantra pemanggil.

"Spirit, spirit of the coin. Spirit, spirit of the coin. Spirit, spirit of the coin. Please come out and play with us!

"Jika diterjemahkan menjadi, "Roh, roh yang ada dalam koin.. Roh, roh yang ada dalam koin. Roh, roh yang ada dalam koin. Keluarlah dan bermain bersama kami!"

Mantra tersebut dibaca sambil menempelkan jari telunjuk pada koin. Jangan lupa, gerakkan memutar secara perlahan dan sangat pelan. Mantra di atas dapat dibaca berulang-ulang sampai kedatangan roh dapat dirasakan.

Biasanya ditandai dengan koin mulai terasa berat saat digerakkan.Salah satu adegan film "Ouija"Jika sudah merasa siap, maka mulailah melemparkan pertanyaan-pertanyaan kepada roh atau arwah yang telah datang.

Karena ini hanyalah sebagai permainan, maka pertanyaannya juga harus relevan dengan pilihan jawaban yang ada, yaitu "yes", "no", dan angka 0 hingga 9.

Jika menanyakan hal-hal yang tidak relevan, dikhawatirkan akan berdampak negatif.

Misalnya, roh tersebut tidak ingin pulang, akan mengikuti pemain, atau bisa berbalik mengganggu pemain. Bermainlah dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaan sampai merasa bosan. Permainan ini lebih baik dilakukan bersama 2 sampai 4 orang.

Jangan terlalu ramai karena kemungkinan gagalnya besar.Jika sudah selesai bermain, harus memberitahukan dengan kata penutupnya yaitu, "good bye" atau "selamat tinggal."

Sebelumnya, pemain juga harus membuat pernyataan kepada roh bahwa permainan telah usai.Pastikan roh atau arwah yang dipanggil tadi telah pergi dengan cara putar kembali koin tersebut. Jika terasa ringan seperti semula, berarti semuanya telah kembali normal.

Satu hal lagi, jangan sampai lupa matikan api lilin yang menyala. Hal ini banyak dipercaya sebagai perlambang telah putusnya tali penghubung antara pemain dan roh di dalam permainan.

Namun, memainkan permainan ini tidak bisa sembarangan. Disebutkan, banyak orang yang celaka bahkan meninggal akibat roh yang dihantui tidak bisa kembali ke tempat asalnya.Salah satunya seorang pelajar di Massachusetts dan adiknya yang iseng membeli papan ouija dan memainkannya.

Awalnya, permainan itu menyenangkan, karena mereka bisa bertanya segala hal, mulai dari nama arwah yang datang, sampai cerita tentang keluarganya.Namun setelah dua minggu bermain, arwah yang bernama Zozo terus datang dan tak kunjung pergi.

Bahkan, Zozo berkata bahwa dia adalah setan yang akan membawa pergi Bonnie dan adiknya. Karena ketakutan, Bonnie pun berhenti memainkannya, dan membawa papan ouija ke Gereja agar terbebas dari Zozo.Setahun kemudian, sahabat Bonnie kehilangan adik tercintanya dalam kecelakaan mobil. Lalu, dia pun meminta Bonnie menggunakan papan ouija untuk memanggil arwah adiknya yang meninggal itu. Saat permainan dimulai, sahabat Bonnie berkata kepada arwah adiknya, bahwa dia sangat rindu dan merasa kehilangan sejak adiknya meninggal.Dua minggu kemudian, sahabat Bonnie meninggal dalam kecelakaan mobil sama persis seperti yang dialami oleh adiknya. Sejak saat itu, Bonnie membuang papan itu jauh-jauh dari rumahnya.Selain itu, ada pula cerita seorang wanita bernama Angela Jackson dari Kilbarchan, Renfrewshire yang dihantui iblis selama enam tahun sejak pertama kali memainkan ouija. Dia mengingatkan kepada siapapun untuk tidak pernah sekalipun mencoba bermain Ouija. (ROS)

°The Mystery Story°Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang