Ini hari kedua Yura di Jogja, dia mulai kebiasaan di ajak jalan-jalan naik motor keliling Jogja bareng gojek gantengnya, si Doyoung.
Mereka duduk di malioboro, sambil minum minuman penyegar karena mereka habis lari-larian ga jelas.
Rasanya 24 jam ga cukup buat Yura ngabisin waktunya di Jogja, dia butuh lebih banyak waktu untuk ngelakuin banyak hal.
"Kangen ga sih sama jaman SD? Jaman lo sama gue itu partner in crime banget, ngerusakin jendela rumah tetangga sebelah tapi sampe sekarang mereka ga tau kalo kita yang ngerusakin," Yura ketawa.
Dulu sih ga ngerasa bersalah, baru ngerasa bersalahnya sekarang. Kemarin-kemarin mah cuma sibuk mikirin cara supaya ga ketahuan sama orang tua masing-masing.
"Lo sih pake ngajakin main bola padahal ga pro main bola," Doyoung jadi inget dan ketawa, inget betapa gobloknya mereka waktu itu.
Yura mau cerita tentang masalahnya ke Doyoung tapi takut kalo nanti Doyoung malah ngata-ngatain dia karena dia terlalu bucin sama Taeyong.
"Kalo mau cerita mah sok atuh, jangan di pendem gue ga akan hujat," seakan tau jalan pikiran Yura, Doyoung tiba-tiba ngomong gitu.
Oke, Yura ngalah. Lagian mendem semua sendirian juga ga baik buat perasaannya, seenggaknya dia harus cerita ke seseorang.
Yura mulai ceritanya, mulai dari awal ketemu Taeyong sampe suka terus berakhir sering sakit hati karena habit Taeyong yang suka mainin cewek ga jelas.
Tau reaksi Doyoung? Dia bener-bener dengerin Yura, ga menyela ataupun menghina Yura sama sekali, beda sama ekspektasi Yura.
"Menurut lo apa yang dia lakuin baik ga?" Tanya Doyoung setelah Yura selesai cerita.
"Enggak, ya gimana gue cinta sama dia?" Yura ngegeleng terus nunduk.
Doyoung tuh kenal sama Yura, dari banyak cewek yang Doyoung kenal memang cuma Yura yang logikanya dominan daripada perasaannya. Tapi namanya juga cinta, bucin pasti akan dirasain sama Yura. Kayak sekarang ini.
"Ya kalo lo ngelihatnya pake perasaan ya ga akan pernah salah, namanya juga perasaan," Doyoung natap Yura.
Perasaan ga akan pernah salah, bahkan kalo kita lihat orang yang kita suka lagi tidur mangap pasti bakal kelihatan ganteng. Bahkan kalo dia maling pun di mata kita dia ga akan salah, pasti selalu ada alasan.
'dia butuh banget buat ini atau itu,' atau 'dia kepepet' tapi ya yang namanya maling ya tetep maling, salah. Ga bisa dibenerin.
"Gue ga nyuruh lo buat berhenti suka sama dia, kalo emang lo suka ya coba lo pelan-pelan ngebuat dia berhenti dari habitnya," lanjut Doyoung.
"Iya gue berusaha," Yura ngangguk, senyum sambil berharap kalo dia beneran bisa ngelakuin itu.
"Jangan lo pendem sendirian, kayak ga punya handphone aja telfon kalo butuh banget ya video call, lo puas-puasin lihat ketampanan gue dari gadget lo," Doyoung nunjuk-nunjuk handphonenya.
"Idih sok cakep banget sih lo?" Yura mukul pundak Doyoung, sejak kapan Doyoung jadi gila pujian gini?
Tapi, emang bener kata Doyoung Yura memang butuh temen cerita kayak Doyoung yang ngerti jalan pikiran Yura dan enggak menghakimi perasaannya.
Jogja tuh penuh kejutan, dia membawa Yura terbang untuk ngelupain bebannya, tapi gimana nasibnya kalo dia pulang? Haruskah Yura tetap disini dan lari dari segala masalahnya?
"Lo ga usah ngelamun, kayak orang stress aja," Doyoung nyentil kepala Yura pelan, emang ga sakit tapi bikin Yura kaget sampe misuh.
"Anjing, kaget goblok," Yura megangin bekas sentilannya Doyoung.
Doyoung ketawa, dia ga mau di hari terakhirnya yura di jogja cewek ini malah galau mikirin bebannya, Doyoung mau cewek ini bahagia. Udah sesederhana itu.
"Ya ampun Doyoung, lo tau kan masalah-masalah yang gue hadapin di Jakarta? Seberapa capeknya gue di sana? Apa gue kabur aja ya kesini?" Yura nyender di pundak Doyoung.
100% orang akan mengira mereka pacaran, tapi sayangnya mereka cuma sebatas teman.
"Gila lo, kuliah dulu selesaiin," Doyoung nepuk pundak Yura.
Dia jelas tau perjalanan hidup Yura, Doyoung tetangganya segala hal di rumah Yura, Doyoung tau. Bahkan waktu terlelahnya pun Doyoung tau, makanya Doyoung nganggap Yura berharga.
Banyak hal yang disembunyikan Yura dibalik senyum dan sifat galaknya, bahkan yang orang-orang tau Yura itu bahagia-bahagia aja, bahkan banyak orang yang iri dan mulai berniat jahat ke Yura. Padahal Yura juga punya banyak hal yang harus di sembuhkan.
"Jangan mikirin orang lain, selagi lo punya diri sendiri lo ga perlu takut kehilangan orang di sekitar lo," Doyoung ngedongak, mandang langit yang cerah hari ini.
Cukup jangan terlalu percaya, terlalu cinta dan terlalu menggantungkan harapan ke orang lain lebih dari pada ke diri sendiri. Kita bisa kehilangan orang lain, tapi kita ga boleh kehilangan diri sendiri.
"Iya Doyoung," Yura senyum lebar, Doyoung itu temen, sahabat, kakak, saudara semuanya ada di Doyoung pokoknya.
Kapan lagi kita dia bisa dengerin Doyoung waras kayak sekarang? Doyoung dari dulu sampe sekarang ga jauh-jauh dari yang namanya judes, ga jelas, bobrok udah lah kayaknya ga ada yang penting di hidup Doyoung selain rebahan.
"Doy, beli es krim kuy?" Yura nunjuk penjual es krim keliling yang ada di seberang jalan.
Mereka langsung jalan, nyebrang buat nyamperin si penjual es krim yang lagi sibuk ngeladenin bocah-bocah yang beli.
"Bu, coklate setunggal vanilla setunggal," Doyoung menyerahkan selembar uang dua puluh ribu.
"Multilingual Doy, mau juga dong diajarin bahasa jawa," Yura menyendok es krimnya.
"Kalo tinggal lama disini juga lo lama-lama paham kok," Doyoung senyum ngebuka bungkus es krim miliknya.
Ngelihatin orang lalu lalang kayaknya jadi kesibukan mereka berdua deh, dari tadi mereka sibuk nikmatin es krim sambil ngelihatin orang lalu lalang sambil ketawa-ketawa random.
"Buset sok ganteng banget sih lo?" Yura ngerutin dahinya, dari tadi setiap Yura muji cowok ganteng yang lewat Doyoung langsung ga terima dan bilang kalo dia jauh lebih ganteng.
"Emang gue ganteng Ra, Naudzubillah nih lihat," Doyoung narik badan Yura supaya ngehadap ke arah dia.
"Ih enggak, ganteng masnya yang tadi," kata Yura ga mau kalah.
"Gue sama Taeyong ganteng mana Ra?" Tanya Doyoung tiba-tiba.
"Sama aja," jawab Yura ga minat.
"Kalo sama aja kenapa ga suka sama gue aja?" Ucapan Doyoung ngebuat Yura mendelik.
"Canda elah," Doyoung noyor kepala Yura.
Yura ngehela nafas, ga tau gimana jadinya kalo Doyoung beneran suka sama dia pasti canggung banget sih, asli.
"Ah Doyoung sukanya noyor! kalo gue goblok gimana coba?!" Yura ngebales Doyoung.
"Kan emang udah goblok dari dulu," Doyoung ketawa-ketawa lihat reaksi Yura yang persis kayak sepupunya yang masih SMP.
"Enak aja!"
KAMU SEDANG MEMBACA
𝐓𝐡𝐞 𝐁𝐚𝐝 | 𝐋𝐞𝐞 𝐓𝐚𝐞𝐲𝐨𝐧𝐠
Fanfiction"Hei, aku melepasmu meski aku masih belajar mengikhlaskan, meski masih dalam bentuk niatan, aku harap kamu tak lagi menorehkan luka yang sama pada raga yang berbeda, perih mu aku paham tapi jangan jadikan itu alasan untuk memberi perih pada hati yan...