# Sekedar Info : Art Trade

153 20 35
                                    

Art Trade : istilah untuk seseorang meminta gambaran dengan syarat sang penawar harus menggambarkan request dia juga. Bisa dibilang timbal balik.

Dalam Art Trade 2 belah pihak harus bisa beri memberikan gambar mereka. Jangan sampai salah satu orang tidak mengerjakan. Ingat! Art Trade itu termasuk perdagangan seni, sama dengan kita membeli gambar tapi bayarnya pakai gambar. Maka wajib hukumnya untuk mengerjakannya.

Thor, bagaimana kita udah kerjakan, tapi dia gak ada beritahu wip atau malah hilang?

Kalian tunggu dulu. Kalau beberapa hari dia gak balas mungkin gak ada sinyal (mari positif thinking). Tapi misalnya menghilang bak ditelan bumi, berarti ia mencuri. Mengambil barang dagang gak bayar itu mencuri. Mencuri itu dosa, wahai kawan.

Makanya kalau bisa Art Trade harus sering-sering beritahu gambar yang dibuat. (Soalnya Rain pernah kayak gini, dan dikira kabur gara-gara harusnya besok jadi malah lusa gara-gara artblock dan rl😅)

Thor, kalau udah kayak gini gimana? Kena tipu kitanya.

Kalau gambarnya udah dikirim tapi dia malah menghilang. Maka lebih baik ikhlaskan. Insyaallah akan diberi gantinya kok. Orang sabar disayang Tuhan :")

Thor, bagaimana cara kita tahu ini art trade bisa dipercaya?

Hhmm. Ini cukup sulit, tapi usahakan kalau art trade kita kenal baik dengan orang itu. Lalu pastikan postingannya dia sering AT dengan siapa dan betapa rajinnya dia.

Memang cara ini gak bisa menjamin 100%. Namun, yang terpenting sering-sering tukar kabar tentang gambar kalian.

Note : dalam art trade usahakan buat kesepakatan untuk menggambar seperti apa. Agar tidak terjadi cekcok atau saling iri di kemudian hari.

Random Things from Amateur ArtistTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang