Baru punya waktu update sekarang. Sakin lamanya, lupa ini yang request siapa
******
Tak jarang setiap orang ngalamin namanya Artblock (sebenarnya ada istilah lain selain artblock seperti mungkin burnout, tapi aku agak lupa dan mungkin nanti akan dibahas). Baik itu artist kacangan macem Rain ataupun artist yang sudah pro.
Yang jadi kendala kalau malas gambar, gambarnya belum jadi tapi deadline udah hampir dekat. Itu menyebalkan.
Tapi biasanya beberapa orang akan mencoba mengakali untuk membangkitkan mood. Berikut beberapa caranya.
1. Tipe yang sambil dengerin musik
Tipe jenis ini banyak penganutnya. Biasanya biar pas gambar sih gak sepi-sepi amat atau menghayati gitu. Cuma kebiasaannya :
A. Kelamaan cari lagu hingga waktu habis cuma buat searching lagu yang cocok.
B. Gambar yang dibuat jadi gak sesuai ekspetasi karena menghayati lagu (pengen gambar gore eh malah keputar lagu hime2:v)2. / Liat art orang lain alias ngegarem
Ngegarem ini bisa meningkatkan semangat kita apalagi kalau liat gambarnya yang kayak orang ngeredraw. Bisa bangkitkan semangat 'kita bisa' atau jadikan acuan buat gambar kita nanti (buat referensi atau redraw latihan. Bukan untuk tracing ya)
Tapi cara ini sebaiknya jangan digunakan bagi orang lemah iman dan insecure berat. Bisa-bisa bukannya maju terus malah mundur teratur:")
Rata-rata yang bikin cepat putus asa : artistnya lebih muda dari kita atau artistnya improvenya lebih cepat dari kita.
3. Buat doodle
Bisa dibilang ini cara paling jitu untuk bangkitkan mood tanpa membuang waktu. Tinggal coret2 di kertas buat random dah siap deh. Anggap latihan lenturkan tangan:>
Namanya doodle itu gambar mendadak yang cenderung 'sekali jadi'. Tapi sayangnya beberapa artist malah jadikan gambarnya benar2 habis (lining kudu rapi, warna jgn bocor dll) atau akan berencana menggambarnya nanti.
Tapi justru ini akan menjadi bencana bagi artist itu sendiri:")
4. Nonton speedpaint, anime dll
Niatnya sih untuk cari ide atau referensi. Tapi bakal bernasib serupa kayak nomor 1:")
5. Bermain dengan hewan peliharaan.
Ini bagi artist yang punya hewan peliharaan di rumah. Entah itu kucing, anjing, kelinci, hamster, ular piton, buaya, dll.
Memang cocok untuk memperbaiki mood dengan cara ini. Tapi jangan keterusan ntar yang ada artblock ilang, eh malas yang datang :v
Readers : apa bedanya woy!!!
Ok sekian. Kalau kalian termasuk nomor berapa? Atau ada hal lain selain di atas?
KAMU SEDANG MEMBACA
Random Things from Amateur Artist
De TodoHanya curahan unfaedah atau semacamnya dari artist super noob macem Rain