2. Puasa Pertama Adek

10.1K 1.2K 534
                                    

Oee… gimana puasanya, lancar?

Lanjut nih ya,

~*~

Sepulang dari masjid Sehun tidur lagi, matanya udah kepalang berat buat dipaksa melek. Dia tidur di samping dek Alif. Saking ngantuknya sampe dia belom lepas pecinya.

Gak jauh beda sama yang di pondok. Dyo sejak pak Hasan mulai ceramah matanya udah merem, pahanya si Lucas jadi bantal sedang Lucasnya sendiri senderan Taehyung yang nyenderin badannya ke tembok. Tiga anak itu nyawanya gak ada yang utuh, lari ke alam mimpi semua. Emang kayanya pada ngantuk semua deh, mas Husein yang biasanya gak pernah tidur waktu pak Hasan ceramah aja sekarang ketiduran. Walaupun gak kelihatan tidurnya karna kepalanya cuma nunduk terus matanya merem.

Jam setengah enam pak Hasan baru selesai ceramah. Buset banget dah lama banget, sampe langit cerah gitu baru kelar. Denger pak Hasan salam, Dyo sama dua sobatnya langsung bangun.

“gila, ceramah sejam sendiri” kata Lucas sambil jalan balik ke kamar.

Dyo nguap, otot-ototnya diregangin.

“hoam, kok gak kehabisan pembahasan gitu ya, pasti ada aja yang dibahas waktu cerama. Heran gue” kata si mamas.

“di rumah apa ya udah disiapin mau ngebahas apa? Pengen tau banget gue” sahut Taehyung.

“nah, itu juga yang jadi pertanyaan”

Heum… gue juga heran, kenapa kepala asrama selalu punya pembahasan buat dijadiin ceramah. Apa kalo gak ceramah sehari aja mulutnya kaku ya? Bibirnya kering?

Sampe di kamar Dyo mapan lagi di kasurnya yang belom diberesin. Gak bakal diberesin sih, soalnya masih pagi juga dan penghuninya juga pada males beres-beres.

“tidur lagi dah mumpung libur. Besok udah gak bisa tidur pagi karna kudu berangkat ujian” kata Dyo, matanya udah mulai merem lagi.

Lucas sama Taehyung nyusul habis itu gak kedengeran suara apa-apa kecuali dengkuran. Mas Husein matiin lampu kamar waktu lihat anak-anak kamarnya pada molor semua, habis itu dia jalan ke kasurnya terus ikutan tidur deh. Emang ya, puasa itu bawaannya ngantuk mulu.

beralih ke rumah,

Baekhyun lagi bersih-bersih rumah. Nyapu, ngepel, nyuci baju. Mumpung anak-anaknya pada tidur dan Chanyeol udah berangkat ke ladang.

Dia sekarang lagi jemur baju di halaman belakang. Pas tinggal dua baju lagi yang mau dijemur, dia denger suara tangisannya dek Alif. Cepet-cepet deh dia rampungin acara ngejemurnya dan lari nyamperin anaknya yang udah nangis kenceng banget.

“utututu… anak mamih bangun” kata Baekhyun sambil ngusap-ngusapin tangannya yang basah ke bajunya. Dia lepas dulu celana pendek sedengkul yang dia pake terus ganti sama sarung batik yang ada di keranjang.

Pas Baekhyun ngebaringin badannya di samping dek Alif, si kecil langsung diem dan tangan kecilnya ngeraih-raih. Baekhyun paham, dia ngekeh terus buka kancing bajunya dan ngedeketin dadanya ke bibir mungilnya dek Alif yang udah mangap-mangap.

“sayangnya mamih laper ya, iya?” katanya sambil ngusap lembut kepalanya Alif yang baru ditumbuhin rambut kecil-kecil.

Alif mimiknya kenceng banget, kaya orang haus beneran. Sambil mimik, tangannya Baekhyun mainin tangannya Alif yang kecil lucu gemesin. Dia cium-ciumin, dihirup aroma khas bayi yang bikin candu.

Di sampingnya dek Alif yang lain si Sehun masih anteng tidurnya. Gak keganggu sama sekali padahal Alif tadi nangisnya kenceng. Baekhyun natap anak tengahnya terus diusap juga kening sama rambutnya. Pecinya si adek yang tadi masih dipake udah kelepas karna tidurnya ngosek sana ngosek sini. Bisa jadi dek Alif bangun tadi karna ketiban tangannya Sehun atau kalau gak gitu ketendang.

Ramadhan Keluarga Pak Chanyeol | ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang