Hay guys, hari ini aku mau membuat amanat dari cerita BIANGLARA-Guntur karya Afrin_LI
Oke sebelumnya buat kalian yang belum baca silahkan baca dulu. Btw, ini ada seriesnya gitu juga. Supaya gak membingungkan jadi baca semua seriesnya.
Nah balik lagi ke topik, jadi tujuan Wecha kali ini adalah membuat amanat cerita. Pasti kalian semua tahulah apa itu amanat, waktu sekolah diajarain kan.
Dan kenapa harus cerita Guntur yang aku pilih padahal banyak cerita lain yang bisa aku pilih. Karena gini teman-teman. Waktu awal disuruh jawab pertanyaan saat kelas tuh tentang ambil amanat dari work creawili aku langsung kepikiran sama om Guntur. Selain itu juga karena menurut aku dari kisah om Guntur ini banyak banget pelajarannya. Gak hanya buat kita kalangan muda tapi juga buat orang dewasa. So, aku bakal nulis di bawah amanat apa aja yang aku ambil dari cerita om Guntur ini. Dan kalau kalian ada yang berbeda dari aku silahkan ambil itu untuk jadi pembelajaran, oke.
*****
Amanat dari cerita Guntur karya Afrin_LI1. Pada part 1 amanat yang dapat diambil ialah "keluarga adalah harta berharga yang tak ternilai harganya."
= Disini menjelaskan secara jelas bahwa Guntur sangat bahagia dengan keluarganya sekarang, bahkan ia tak akan menukar kebahagian yang dimilikinya dengan apapun.2. Emosional- di dalam cerita sudah jelas mengatakan bahwa om Guntur orang yang emosional dan ringan tangan. Ingat guys, emosional memang wajar tapi harus tetap terkontrol selain itu juga ringan tangan bukanlah hal yang patut dicontoh apalagi ringan tangan seperti kelakuan om Guntur.
3. Tidak fokus dalam bekerja-Om Guntur terlalu membawa pikiran hal pribadi dalam dunia kerja sehingga dia harus dipecat karena pekerjaan yang terbengkalai. Guys, dari sini udah bisa ambil amanat kan kalau hal pribadi jangan dibawa dalam hal pekerjaan karena itu dapat merugikan diri kita sendiri.
4. Jangan berbohong-guys, yang dilakuin Tata itu salah yah. Dia bohong untuk bisa pergi ke pertandingan Langit. Memang dia berbohong agar diijinkan keluar tapi tetap aja yang namanya bangkai aja lama-kelamaan kecium. Jadi tindakan Tata salah, karena ketahuan bohong dia juga kan yang kena dari om Guntur. Jujur aja kalau gak diijinin yah udah jangan pergi.
5. Kasih sayang seorang anak- liat sih Tata walau udah disakitin om Guntur, dipukul, dicaci maki tapi tetap aja masih sayang dan peduli banget sama om Guntur.
6. Jangan minum minuman keras dan merokok- liat kan guys apa yang dialami om Guntur jadi terlambat kerja dan dipotong gaji, itu teguran guys tapi tetap aja om Guntur tetap ngerorok dan minum minuman keras. Heran deh om keras kepala banget.
7. Stop kekerasan terhadap anak-guys, khususnya buat orang tua yah. Anak itu titipan semarah apapun kita sama mereka tolong jangan sampai kita mukul mereka. Kita marahin mereka aja tanpa gak sengaja kita udah buat psikologis anak kita keganggu. Apalagi kita mukul mereka, melakukan kekerasan karena mereka salah, mereka titipan Tuhan. Titipan Tuhan itu dijaga, disayang bukan disiksa layaknya binatang.
8. Didikan orangtua menjadi pembangun karakter anak- teman-teman dan para orangtua sekalian, liat dengan jelas yah disini karakter Langit yang keras terbukti dari sikap om Guntur juga. Seperti kata Langit "aku gak akan kaya gini kalau gak karena Ayah!". Dari dialog ini udah sangat jelas bahwa didikan atau perbuatan orangtua adalah pembentuk karakter anak. Gak hanya Langit yah, masih banyak anak-anak diluar sana yang menjadi korban keegoisan orangtua mereka. Karakter anak dibentuk sejak dini, kalau sejak dini orang tua membentuk karakter anak menjadi 'pencuri' maka karakter anak 'pencuri' akan terbawa terus. Begitu juga yang dirasakan oleh Langit. Melihat betapa kasarnya om Guntur membuat karakter Langit terbentuk yaitu berani melawan om Guntur yang sudah keterlaluan.
9. Jangan membuat orang lain kecewa- guys, jelas yah kecewa itu level tertinggi seseorang dalam mengekspresikan diri. Jadi jangan pernah buat seseorang kecewa apalagi orang yang penting dalam hidup kalian. Menghilangkan rasa kecewa orang lain kepada kita itu gak mudah yah guys, sangat gak mudah oke, jadi jangan buat orang lain kecewa kalau kalian gak mau kehilangan mereka atau gak mau dikecewakan juga.
10. Penyesalan-guys, penyesalan itu selalu datang terakhir karena kalau di depan namanya pendaftaran 😅. Jadi sebelum melakukan sesuatu tolong banget untuk pikir konsekuensi apa yang akan kita terima. Jangan gegabah oke, fokus dan berpikir terlebih dahulu dalam melakukan sesuatu.
11. Oke yang terakhir adalah tetap semangat dan bersyukur- teman-teman dan buat para orangtua, ambil sisi baiknya om Guntur dari semua cobaan yang dia alami, dia tetap semangat menjalani hidup apalagi setelah keluar dari penjara, dia masih mau bersyukur dengan apa yang sudah Tuhan kasih kepada dia. Walaupun ia sangat menyesal dengan kelakuannya dulu tapi rasa syukurnya tidak hilag dari dirinya.
*****
Oke guys, itu adalah amanat yang bisa kita ambil dari cerita om Guntur. Ambil sisi positifnya ya guys 😘Oh yah guys, kalau amanat aku gak jelas atau gak nyambung jangan lupa komen aja oke. Kita sama-sama belajar. Sekian dari aku author gikjilis ini bye-bye 😘
CreaWiLi
AudyaAprilia
BETTAFOUR
NyaiLepetj
Tangan_Kiri
MaaLjs
noviap26
Quinhiems
RGNyamm
TiuplylynBy author gikjilis 🙃
02 Mei 2020
KAMU SEDANG MEMBACA
Writer Imagination//CreaWili Weekly Challenge
Short StoryWecha CreaWili yang seru abis kali ini. Karena gak hanya berbau ig aja tapi juga hasil karya gini hehe. intinya, mau baca semua WeCha member CreaWili bisa langsung cek work @creawili 🎉🎉😘😘