CreaWili Wecha - Kapitalisasi Judul

11 5 5
                                    

Hay guys, jadi hari ini aku mau buat Wecha tentang aturan kapitalisasi judul.

Nah, banyak banget nih novel yang sudah terbit tapi saat penulisan judul tuh terdapat kesalahan.

Tapi, buat yang gak ngerti soal aturan kapitalisasi judul bisa cek di work CreaWiLi dengan judul Recette de CreaWiLi part 40 aturan kapitalisasi judul.

Dan sekarang aku mau kasih contoh beberapa novel yang udah terbit tapi salah dalam penggunaan aturan kapitalisasi judul.

Tapi sebelum itu, aku mau minta maaf kalau ada kesalahan dalam penjelasan. Karena, sebelumnya aku juga baru belajar. Dan maaf jika menyinggung yah teman-teman. Oh, dan satu lagi semuanya aku balikin lagi ke masing-masing orang dengan pandangan dan selera seperti apa. Kalau kalian gak mau pusing soal benar atau gak penulisan judul itu balik ke kalian, karena jujur aku juga tipe orang yang kalau baca novel langsung ke bacaannya aja hehe. Gak terlalu memperhatikan soal penulisan judul.

*****
1. di penghujung PENANTIAN.

Loh kok salah sih? Oke, aku jelaskan yah. Jadi, kalau buat yang tahu apa itu aturan kapitalisasi judul, pasti tahu kalau dari awal aja sudah kelihatan salah.

Penulisan kata "di" pada awal judul harus diawali dengan huruf kapital, kecuali penulisan kata "di" berada di tengah kalimat.

Gak hanya itu seharusnya kata "penghujung" juga diawali dengan huruf kapital.

Dan untuk kata "penantian" sebaiknya juga huruf awal saja yang diawali dengan kapital.

Jadi, yang benar tuh seperti apa?

"Di Penghujung Penantian."

Nah kalau kaya gini bisa dibilang lebih efektif yah teman-teman. Tapi, seperti kata aku tadi itu tergantung cara pandang kalian aja hehe.

2. garis waktu.

Nah, kalau menurut aku sebaiknya penulisan judulnya adalah "Garis Waktu."

Dengan huruf awal pada kata "garis" dan "waktu" dibuat menjadi huruf kapital hehe.

3. Rembulan Tenggelam Di Wajahmu.

Lah, kalau ini kesalahannya dimana?
Kan semua awalan judul udah huruf kapital, kok masih salah?

Hehe, aku jelaskan sedikit yah teman-teman. Jadi kesalahannya terdapat pada kata "Di". Kenapa? Yah, karena kata "Di" itu harus diawali dengan huruf kecil.

Jadi penulisan judulnya akan seperti ini "Rembulan Tenggelam di Wajahmu."

Loh, kan tadi katanya harus diawali dengan huruf kapital. Kok sekarang harus kecil lagi? Apa sengaja nih, mau cari kesalahan penulis aja yah?

Gak gitu yah teman-teman. Jadi kenapa salah, karena kata "di" itu termaksud dalam kata preposisi. Atau dengan kata lain kata "Di" masuk dalam kata tugas. Nah, kalau yang sempat baca materi di work CreaWiLi pasti tahu yang termaksud dalam kata tugas tuh apa-apa aja.

Jadi, teman-teman penggunaan kata "di, ke, untuk, dan, pun, dll." Itu harus menggunakan huruf kecil jika berada di tengah judul. Tetapi kata-kata tersebut akan ditulis dengan huruf kapital apabila berada di awal judul.

*****
Nah, teman-teman sekian dari aku tentang Wecha aturan kapitalisasi judul. Disini aku mau bilang, kalau aku masih belajar dan bukan sok tahu yah. Jadi, kalau aku ada kesalahan atau menyinggung perasaan kalian tolong dimaafkan dan untuk kesalahan aku dalam penjelasan tolong dibantu supaya aku lebih mengerti.

Karena jujur, setelah belajar tentang materi aturan kapitalisasi judul ini, aku baru tahu ternyata aku juga sering salah dalam penulisan judul dan baru tahu tentang aturan kapitalisasi judul.

Oke, gak banyak kata yah guys, sekian dari aku dan terimakasih sudah mau membaca 🤗.

Tag
CreaWiLi
Tangan_Kiri
MaaLjs/hermonietha
Tiuplylyn
RGNyamm
AudyaAprilia
Quinhiems
NyaiLepetj
vanilla-shawty
Ellme07
l

ailiyahh6

Writer Imagination//CreaWili Weekly ChallengeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang