Selamat malam teman-teman jadi hari ini aku berkesempatan buat ikut Wecha lagi yaitu indentifikasi jenis-jenis kalimat. Nah kalimat yang mau diindentifikasi itu adalah kalimat yang ditulis oleh Buna, Buna itu adalah ibu anak-anak CreaWili. Kesayangan kita hehehe.
Kalimatnya mana, kalimatnya bisa kalian lihat di akun CreaWili. Kita indentifikasi bareng yah, kalau salah maafin aku soalnya masih belajar.
*****
1. Halo anak Buna = Menurut aku ini jenis kalimat langsung. Gak tahu yah salah atau benar karena kalimat langsung itu kalimat pembicaraan seseorang secara langsung. Itu menurut aku, kalau salah maaf :-).2. Gimana kabarnya? = Ini masuk dalam kalimat tanya. Karena mengandung makna suatu pertanyaan.
3. Buna senang deh, kemarin banyak yang cerita sama Buna. Blablabala = Menurut aku ini masuk dalam kalimat berita, karena memaparkan suatu kejadian atau peristiwa, dan diakhiri dengan tanda titik.
Disini Buna mau kasih tahu kalau dia itu lagi senang karena banyak anak-anak nya yang cerita sama Buna.4. Sekarang masih pandemi ya, Buna harap, di mana pun kalian tinggal, kalian tetap aman. Buna minta tolong, jangan keluar kemana-mana dulu ya, Sayang. Blablabla .... = Menurut aku ini masuk dalam kalimat permintaan. Karena terdapat kalimat ajakan yang diperhalus Dengan menggunakan kata tolong.
5. Buna tahu kok, anak Buna nurut-nurut dan pinter-pinter. Jadi, tolong tetap di rumh dulu yah Nak. = Menurut aku ini masuk dalam kalimat ajakan karena terdapat ajakan untuk tetap di rumah dulu.
6. Seandainya kalian mau keluar, boleh kok, tapi untuk hal yang penting-penting saja, ya. = Ini masuk dalam kalimat majemuk bertingkat yaitu "pengandaian" dengan menggunakan kata seandainya.
7. Ya sudah, itu sedikit pesan dari Buna. Janji sama Buna, tetap jaga kesehatan, ya, Nak. = Kalau kalimat ini menurut aku masuk dalam kalimat perjanjian, dikarenakan mengandung makna persyaratan.
8. Doanya Buna selalu yang terbaik buat kalian. = Dalam kalimat ini termasuk dalam kalimat pengharapan. Di mana Buna selalu berharap yang terbaik untuk kita.
*****
Oke sekian dari Aku, terima kasih banyak. Maaf kalau gak nyambung atau salah 🤭CreaWiLi
NyaiLepetj
MaaLjs/hermonietha
Quinhiems
Tiuplylyn
Tangan_Kiri
noviap26_
AudyaAprilia
RGNyammBy author gikjilis 🙃
06 Juni 2020
KAMU SEDANG MEMBACA
Writer Imagination//CreaWili Weekly Challenge
Short StoryWecha CreaWili yang seru abis kali ini. Karena gak hanya berbau ig aja tapi juga hasil karya gini hehe. intinya, mau baca semua WeCha member CreaWili bisa langsung cek work @creawili 🎉🎉😘😘