anuptahphobia

1.2K 185 5
                                    


Apakah kamu pernah melihat seseorang yang sangat takut menjadi jomlo? Atau itu kamu sendiri? Hati-hati, bisa jadi kamu mengidap Anuptahphobia. 

Phobia ini adalah mereka yang memiliki ketakutan berlebihan menjomlo. Gangguan ini muncul karena suatu trauma ataupun faktor genetik.

Namun, meski pemicu utamanya adalah pengalaman traumatik, tetapi banyak faktor dari luar yang menyebabkan gejala semakin berkembang. Sejak kecil tanpa disadari sudah ada penanaman nilai-nilai kalau kebahagiaan akan diraih ketika seseorang menemukan pasangan yang akan melengkapi hidupnya.

Adanya ayah dan ibu sebagai orangtua komplit juga semakin memperkuat anggapan tersebut. Single parent adalah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Tidak ada orang yang bisa melewati sepanjang hidupnya sendirian, apalagi membesarkan anak.

Keyakinan-keyakinan ini semakin didukung lewat pemberian mimpi-mimpi kepada anak, terutama anak perempuan, melalui kartun yang menceritakan kebahagiaan bersama pangeran berkuda putih.

Kalau orang dengan konsep diri lemah, akan menelan bulat-bulat pemahaman seperti ini yang pada akhirnya meyakini kalau hanya orang lain yang bisa membuatnya bahagia.

Peran media sosial juga menciptakan budaya yang tidak mendukung hubungan sehat. Melihat posting-an pasangan-pasangan dengan #relationshipgoals secara psikologis membuat pengguna media sosial yang lajang "lapar" akan kebutuhan dicintai dan mencintai. Pada akhirnya, timbul perasaan tidak merasa utuh tanpa orang lain, tetapi juga tidak tahu cara menjalin hubungan yang benar itu seperti apa

Gejala-gejalanya biasanya termasuk kecemasan ekstrem, ketakutan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kepanikan. Sesak napas, napas berlangsung cepat, detak jantung tidak teratur, berkeringat, keringat berlebih, mual, dan mulut kering. Selain itu, ketidakmampuan mengartikulasikan kata-kata atau kalimat serta mulut kering dan gemetar adalah tanda-tanda dari kepanikan ekstrem lainnya.

Referensi : https://www.halodoc.com/artikel/kenali-anuptaphobia-rasa-takut-berlebihan-menjadi-lajang

PsychologyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang