PROLOG

77 10 2
                                    

Kini hari hari ku hanya lah menjadi seorang anak biasa usai perpisahan dengan pak kyai dan keluarganya.

Namun....
Kesan ternama yang terus membuatku sering merasa gelisah karena secara tiba tiba terbesit seorang putra angkat pak kyai yang muallaf bersenda gurau denganku di hari hari itu,,,,

"huft... Kangennya! "Ucapku dengan bibir melengkung keatas menatap tulisan ar rahman di al qur'an.

"Aisyah! Kamu kenapa nak? Kok udah baca basmalah gak lanjut baca qur'annya? Kamu senyum senyum sendiri lagi? Mikirin apa to? "

Aisyah... Nama masa kecil ku.. 😘-ingat!

Seketika mataku terpejam sambil meringis menahan malu.

"Abah! E.... I_tu.. Tu cuma kebayang candaan temen waktu pertama kali aisyah di pesantren pak kyai... "

Ya abah.. -😘

GAGAP BANGET NI MULUT YA.. ADUH...
ABAH PASTI CURIGA...
YA ALLAH MA'AFIN AISYAH YANG UDAH BOHONG SAMA ABAH...

"Masak iya? Tadi kayak ngomong kangen buat siapa? "

TUH KAN ABAH GAK BISA DI BOHONGIN. ..
GIMANA INI?????

entah sedari kapan hatiku berkecamuk menyalahkan otak dangkalku yang berani beraninya memberi asupan berbohong pada nyali ku dan entah sejak kapan pula mata ku berkaca?

"Hua... Abah! Aisyah kangen sama putra pak kyai si athor bah... Kenapa bah dia kan muallaf! Aisyah pengen balik lagi ke pesantren pak kyai....tapi kenapa abah ke pedalaman Kalimantan begini? Aisyah gak punya temen lgi yang sebanyak temen aisyah di pesantren pak kyai .hiks ...hiks...
Abah ayo kita balik... Lagian profesi abah jadi ustadz penasihat pak kyai kan udah Bagus kenapa harus kesini..... Hiks... Hiks... "

HADUH CENGENG NYA AKU...

Abah tersenyum mendekati ku

"Sini peluk abah! "

Mataku hanya mampu menatap abah yang begitu tenangnya menghadapiku.

"Abah..! "Tubuhku terhempas kedalam pelukan abah yang sangat menenangkan.

"Kata siapa kamu gak punya temen di sini? Kamu kangen gus athor y? Kalian kan memang sahabat,,, sedang sahabat itu jangan pernah memandang latar belakang, masa lalu nya, fisik,,, yang penting batinnya baik .ingat itu !

Lagi pula abah ajak aisyah, umi kesini karena ini tugas dari pak kyai untuk dakwah .
masih untung kita ke daerah ini orang nya masih banyak yang ramah .
ya... Walaupun masih banyak yang gak beragama dan itulah tujuan kita kesini.... Mengajak mereka untuk mengenal indahnya agama islam....

Masalah teman? Itu hanyalah masalah waktu .lagi pula aisyah kan masih punya allah, abah, umi ,,,,ya kan? Jadi kamu gak sendirian sayang.....tru..."terputus oleh...

"Wah... Ada apa ini ?kayaknya lagi lengket? Umi gak di ajak?.. "

Ya umi... -😘

Abah menatap umi tenang namun melas.

"Ups ma'af,,, motong lagi ya... ?O ya lanjutkan umi mau kedapur lanjut masak ...o y abah itu umi lihat udah dzuhur sesuai tanda dalam penjelasan kitab, tolong di cek lagi takut salah... "

Umi mulai memutar badan menuju dapur..

"Umiii... Suudzon? Sini ikut duduk kita dulu! Abah pengen ngomong! "

"Iya ma'af.... "Ujar umi sambil merunduk.

Umi segera mengurungkan langkah nya dan mulai menghampiriku dan abah.

"Abah pengen tar kalo aisyah udah kelas 7 smp, mondok di pesantren pak kyai,,,, udah lama banget abah bayangin kamu lulus pesantren dan sekolah trus kuliah ke kairo al azhar, masya allah abah pengen banget !gimana umi? "

Umi terdiam sejenak seakan tengah berfikir

"Boleh, iya gak papa bah umi setuju. asal jangan lama lama aja umi takut kangen sama aisyah... "

Semua terdiam dan finish pada tawa kecil masing masing...

"Biarin! Lagi pula aisyah ini kan Putri semata wayang kita,,,, lagi pula wajar jika ibu merindukan anaknya sendiri.."

Umi membela diri .

Dan ya...
Begitulah keluargaku 😊!

hingga suatu hari abah berhasil menaklukkan hati masyarakat ,
dan kini kurasa sudah lumayan banyak untuk kita jumpai masjid dan mushola berdiri disetiap desa meski masih banyak yang blum masuk islam.

Namun kata abah hari itu...

"Biarlah! Karena itu juga hak mereka.."

Sedang aku kini alhamdulillah telah berhasil kembali ke pesantren pak kyai sesuai canangan abah hari itu.

bahkan saat ini aku tengah mengikuti seleksi layak beasiswa agar bisa ringan pergi ke :

universitas kairo al azhar.

"Abah aisyah janji aisyah bisa kuliah ke kairo! Abah harus bahagia di sana ya,,,, aisyah janji ini pakai beasiswa, dan selama kepergian aisyah nanti umi akan berada dibawah pengawasan pesantren pak kyai... "

Senyumku sumringah menatap lembar tes mengingat almarhum abah yang dulu selalu senantiasa mendukungku dengan iming iming...

"Ayo syah! Masa gitu aja lemah! Kairo al azhar menunggu loh! Masa kamu bodoh disini tar yang ada gagal... Naudzubillah kan? "

"Iya aku harus semangat gak boleh lemah/pun bodoh disini! Jangan sampai gagal... "

😘😘😘😘😘😘
Kini usiaku 15 tahun....
Entah apa rencana allah, namun aku mendapat keistimewaan pada akalku..

GA ADA NIAT TAKABUR NI AAA..

ya... Karena ekselerasi beberapa bulan lalu alhamdulillah....

yang seharus nya masih duduk dibangku kelas 10 sma .

Tapi...
Aku malah kuliah...

Syukron katsir ya allah...
Jangan sampai kemampuanku ini menjadi bahan takabur....

JANGAN LUPA AMIN YA.. -😘😉😁

😘😘😘😘😘😘

Hari duka...
Di 5 tahun yang lalu bertepatan dengan usiaku yang masih berusia 10 tahun ...beliau sama sekali tanpa sakit, beliau wafat dengan posisi sujud di raka'at ke 2 pada sholat tahajudnya...

Setelah acara tahlilan 100 hari abah aku dan ibu masih terus terisak dan tak pernah tenang kami bertahan hingga masa sd ku berakhir.

Hingga hari itu tiba kami berpamitan dengan semua masyarakat tak lupa menitipkan dan meminta tolang agar selalu merawat juga menjaga makam abah.

Aku dan ibu berziarah, berdo'a, dan menaburi bunga segar juga air diatas makam abah,,,

tak lupa kami berpamitan dalam isak tangis yang deras tak tertahan sebelum kami benar benar pergi ke Surabaya(pesantren pak kyai).

Dan kini aku ingin mewujudkan keinginan terakhir abah yang ke 2 ,kuliah ke kairo al azhar.

Btw... Mulai hari aku datang ke pesantren pak kyai bersama ibu hari itu aku tak pernah melihat gus athor sampai lulusan... Kemana dia???

👑👑👑👑👑
Ok.... Assalamu'alaikum semua saya update lagi ya,,, happy reading.

Saya usahain ini jadi bag orientasi tokoh biar enak bayangin nya...

Ma'af ya orientasi nya blum diperjelas.

Saya Pemula...

Tolong dong vote and comen juga jangan lupa krisan ya....

Yang kek gitu syukron katsir banget semuanya... 😘😘😘

Saya usahakan juga sebelum saya balik pondok selesai...

Jangan lupa vote and comen y... 😘😘😘

Zaujah Yang Kami Tunggu(slow Update) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang