Satu

62 6 0
                                    

Dari kemarin gue ga tenang. Kepikiran sama tuh cowo terus. Cowo yang ingetin gue sama almarhum pacar gue, Kak Jungwoo.

Sampe-sampe gue mimpiin tuh cowo anonim. Iya, gue manggil dia cowo anonim orang gue gatau namanya. Dari bajunya kemarin sih sama kayak gue, baju pasien.

"Hayo! Ngelamunin apa?"

Gue terperanjat kaget pas ada orang ngagetin gue. Gue dengus pas udah tahu siapa pelaku yang ngagetin gue. "Om Johnny ngagetin aja ih! Kok aku gatau kalo Om Johnny kesini?"

"Kamunya aja yang asik ngelamun sampe Om kamu kacangin."

Itu om Johnny, om gue. Alias adeknya Papa, dia pemilik rsj ini. Nah, makanya gue bisa masuk kesini ya karena relasi kerabat ini. Om Johnny mah awalnya ga setuju gue dimasukkin ke sini. Orang gue masih waras kok dimasukkin rsj kan ga lucu.

Om Johnny ini baik banget sama gue. Dia kayak abang buat gue, karena dia cuma lebih tua sembilan tahun dari gue. Dia juga yang sering jenguk gue di sini.

"Gimana kabar kamu?"

"Ya gini lah om. Tau sendiri. Om gimana?"

Om Johnny senyum, tapi senyum miris. Dia ngusap rambut gue pelan. "Om baik-baik aja."

Habis tu gue ngangguk doang sih. Ga da niatan mau ngobrolin apapun sama Om Johnny.

"Keluar yuk, cari angin. Muka kamu sampe suntuk banget gitu,"

Gue sih cuman natap aneh Om Johnny yang cekikikan liat muka kucel gue. Iya in lah Om, muka gue emang buluk gausah diperjelas.

Akhirnya gue diajakin ke taman rsj disini. Iya, disini ada taman yang luas. Tempatnya adem, enak buat nenangin diri. Gue duduk di ayunan sebelah kiri. Om Johnny duduk di sisi kanan.

"Oiya, Nako dapet beasiswa ke Aussie."

Gue auto noleh, lagi-lagi nama itu. Nama yang sekarang gue benci. Nama yang bikin gue kecewa  sama orang tua gue. Tiap denger namanya aja dada gue sesek. "Om ngapain sih ngomongin dia?" gue nunduk liat sendal jepit warna ijo putih yang gue pake.

"Kamu masih marah sama dia?"

"Bukan marah lagi Om. Tapi kecewa, aku kecewa sama dia. Aku kira, dia bakalan lindungi aku balik. Tapi ternyata dia justru nyerang aku balik." jawab gue nahan nangis. Sumpah, gue sakit hati sama Nako, saudara angkat gue.

Om Johnny ngusap punggung gue pelan. Dan jujur, gue iri banget sama si Nako. Secara teknis dia tu bukan anak kandung ortu gue. Tapi dia dapet perlakuan yang lebih dari gue. Sementara gue, yang anak kandung malah di anggap sampah.

"Emang bener kata psikopat, di dunia ini ga ada yang bisa kita percaya kecuali diri sendiri." lanjut gue.

Om Johnny daro tadi diem. Dia udah ga ngusap punggung gue lagi. Kayaknya dia kaget sama ucapan gue tadi.

"Apapun masalah yang lagi kamu hadapi, jangan sampai merubah diri kamu. Kamu udah semakin dewasa, harus bisa kontrol emosi kamu." ucap Om Johnny.

Gue diem. Gue gatau harus jawab apa. Sementara masalah gue ini emang udah bener-bener ubah sifat gue yang dulu. Ga ada lagi gue yang ceria, receh, absurd, semua sudah tergantikan sama gue yang pendiem, dingin, dan tempramen.

"Om kangen tau, sama kamu yang receh, absurd, sama lawak."

Maaf Om, tapi gue emang udah berubah. Gue sulit untuk kembali ke diri gue yang dulu.

"Om harap kamu bisa kembali kayak dulu lagi." lalu Om Johnny kasih gue bunga lily air yang entah kapan dia petik.

"Om pergi dulu ya, sampe ketemu besok." Om Johnny ngusap kepala gue, trus pergi ninggalin gue sendiri di taman. Gue nunduk, liatin bunga lily air. Gue puter-puter bunganya. Trus gue taruh di paha kanan gue.

Hai ¦ Lee Eunsang ¦Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang