*• MENJADI TENANG DENGAN SHALAT •*
..
Ada suatu masa ketika seseorang dihadapkan pada problem hidup yang dia rasa berat dan sulit. Pada titik tertentu, problem itu membuat pikiran dan jiwanya tertekan, depresi, dan stres. Situasi terkadang menjadi lebih buruk dan berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain.
.
Kesibukan dunia memang sering membuat seseorang mengalami hal seperti itu. Sesungguhnya Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah memberikan resep mujarab agar situasi semacam itu tidak berkembang ke hal-hal negatif yang tak diinginkan, yakni dengan mengerjakan shalat.
.
Nabi SAW, selain sebagai Rasul, Beliau juga adalah manusia biasa seperti halnya yang lain. Beliau juga melakukan aktivitas keduniaan, seperti berdagang atau berusaha mencari nafkah untuk dirinya dan keluarganya. Sebagaimana manusia lainnya, ketika intensitas aktivitas keduniaan beliau makin meningkat, beliau juga kerap merasa lelah dan ingin beristirahat menenangkan pikiran dan jiwanya agar tetap terkontrol dan kondusif. Dalam hadis disebutkan, jika Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam tertimpa suatu masalah yang berat, maka beliau segera mengerjakan shalat.
.
Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam disebutkan juga kerap kali menyuruh sahabatnya, Bilal bin Rabah, untuk mengumandangkan azan shalat ketika Beliau merasa telah terlalu tersibukkan dengan urusan duniawi sehingga membuat Beliau letih, “Wahai Bilal, berdirilah, lantunkan azan dan istirahatkanlah kita dengan shalat.” (HR Abu Dawud). Dalam hadis lain, Nabi SAW mengatakan, “Sesungguhnya shalat dijadikan untukku sebagai penenang hati.” (HR an-Nasa’i).
.
Shalat dapat menenangkan hati, pikiran, dan jiwa yang gundah juga fisik yang letih akibat tenaga terlalu banyak diforsir. Sebab, dalam shalat, seseorang sejatinya tengah menghadap Allah Ta'ala, meninggalkan sejenak kesibukan duniawi untuk memberikan kesempatan bagi rohani atau jiwanya untuk berkomunikasi dengan-Nya.
.
Barakallahu fiekum..
Semoga Alah selalu membimbing kita untuk tetap berada dalam keta'atan dan menjauhkan kita dari kemaksiatan. Amiin
KAMU SEDANG MEMBACA
Gudang Ilmu (Tamat)
Non-FictionAssalamu'alaikum 🙇 akhwat ikhwan fillah 😊 allahamdulillah kali ini ana dapat Menyumbangkan atau berbagi sedikit ilmu. yang meliputi. #Tareem #Fiqih Wanita #Doa #Adab #Dll