🌀 *HIJAB WANITA MUSLIMAH*

37 4 0
                                    

⭐vote sebelum baca!
💬 comment dan share setelah baca !
👉🏾 Follow ig @vaniia.azzahra_ back?Dm📌

▪️ *Hijab seorang wanita ada dua:*
*1*. *Berhijab dengan pakaian.*
*2.*  *Berhijab dengan tinggal di rumah.*

Dua dari bentuk hijab ini telah diterangkan dalil-dalilnya dalam Qur'an dan Sunnah. Karena itulah setiap wanita yang hendak keluar rumah, mereka diperintahkan untuk mengenakan jilbab (hijab syar'i) yang menutupi seluruh tubuhnya untuk menjaga kehormatannya dan agar mereka tidak diganggu oleh para lelaki yang jahat. Karena itulah jauh berbeda para wanita yang mengenakan hijab syar'i dan berpakaian ala jahiliyah yaitu mengumbar auratnya.

Dan fungsi dari hijab syar'i ini untuk menjaga hati para wanita dari perbuatan riya' dan sombong, bukankah engkau dapati sebagian besar wanita yang tidak menjaga hijab syar'i ini dengan menampilkan kecantikannya dengan tubuhnya serta pakaian indahnya, mayoritas di antara mereka itu riya' dengan penampilannya, berbangga, bersombong dengan penampilannya itu.

Semua dari perbuatan ini adalah perintah syaithan kepada mereka, Allohul Musta'an, sehingga mereka justru menjadi hina dengan kelakuannya yang buruk.

Hijab yang kedua adalah berhijab dengan tetap tinggal di rumah, berhijab dengan cara ini jauh lebih baik bagi wanita daripada bentuk yang pertama, sebab dia masih berada dalam benteng pertahanannya. Adapun jika dia telah keluar rumah, maka dia tidak selamat dari makar syaithan dan pandangan laki-laki asing, dan wanita pasti harus lebih waspada dalam menjaga pandangan, lisan dan hatinya ketika ia keluar, dan sebaik-baik hijab bagi para  wanita adalah berhias dengan rasa malu.

Apalah gunanya hijab ini, kalau lisan tidak berhenti menggibahi manusia atau yang hanya membahas tentang laki-laki dalam majelisnya, atau di balik hijab itu mata yang berkeliaran melihat laki-laki yang bukan mahramnya, sampai-sampai ada di antara mereka yang telah mengenali para lelaki (ikhwah) dengan detail, seperti nama, kunyah, tempat tinggal, orang tua dan saudara-saudaranya. Hal ini karena memang dia senang meneliti para ikhwah, inikah yang anda namakan sebagai hijab syar'i????

Apa yang ana tulis ini mungkin anda tidak melihat dalil-dalilnya, akan tetapi semua yang kami tulis ini bersumber dari Al Qur'an dan Sunnah serta keterangan para ulama tentang hijab syar'i.

✍ *Ustadz Abu Farhan Ahmad* _Hafizhahullah_
(Mudir Ponpes Darul Hijroh Pinrang)

Berbagi Ilmu dan Nasihat❤️💗💞Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang