Menciptakan Karakter Tokoh yang Baik

13 3 0
                                    

Assalamualaikum dan selamat malam semuanya. 🥰😊

Okay langsung aja, ya, simak baik-baik. Tapi jangan grogi. Tau kok aku ganteng /plakk

Judul Materi :  Menciptakan Karakter Tokoh Yang Baik (menarik)

Ini adalah salah satu point paling penting dalam sebuah cerita. Karakter yang kuat akan membawa pembaca hanyut ke dalam dunia si tokoh sendiri. Mudah diingat, dan membuat kita gagal move-on walaupun sudah selesai membaca ceritanya.

Salah satu kesalahan yang paling fatal saat membuat karakter adalah karakter yang kita buat terlalu sempurna tidak memiliki kekurangan bak pangeran idaman.

Namanya juga fiksi, kak.

Fiksi, sih, fiksi. Tapi... sifiksi fiksinya sebuah fiksi, harus logic juga. Iya dong! Kalo gak logic terus hanya membuat tanda tanya besar di kepala, buat apa dibaca? Selain itu jua, cerita akan terasa sangat boring jika karakter tidak memiliki kekurangan atau ketakutan.

Berikut cara-caranya:

Note: Semua yang aku beritahu aku dapatkan saat belajar tentang penokohan. Dan sumbernya juga dari bermacam arah. Aku cuma berbagi apa yang sudah aku tahu dan semoga bermanfaat.

1. Tokoh Yang Sempurna = Salah Besar

Ey! Sempurna hanya milik Tuhan. Tokohmu siapa, sih? Cuma karakter khayalan yang kamu ciptakan. Ingat tidak ada yang sempurna di dunia ini. Hany sang penciptalah yang sempurna. Jadi, buatlah karakter tokohmu seperti hamba-Nya. Memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kak, aku maunya karakter aku itu tampan (ini mah aku), pinter, kaya. Masa ga boleh?

Sebentar ... siapa bilang nggk boleh?

Karakter kamu emang itu termasuk yang hampir sempurna, tapi kamu bisa selipin kekukarangnya dia. Misal; Ternyata dia anak adopsi yang kalo di rumah selalu di kucilkan? Atau dia ternyata nggk bisa ngedenger (Ini mah jahat😂)

Jadi, selalu sertakan kekurangan dan kelebihannya. Hey, segala sesuatu diciptakan berpasangan. Kayak aku sama kamu, iya, kamu yg lgi baca tulisan ini. 😆 /plakk

2. Nama

Ceritanya, sih di Indonesia, pulaunya pulau jawa. Eh kok namanya Caroline? Buset nggak damagenya😂

Tau, kok, tau. Blasteran, right? Wkwk

Tapi nggk semestinya cerita kalian kasih nama bule juga, kali.

Nama bule gitu keren, kak:(

Kalian kira; Juminten, Surti, Yono, Agus, Acok, Siti dll itu nggk bagus? (Tapi ini nama serius Indonesia bngt😂😂)

Oke, nggk yang gitu juga kok. Kalian bisa pake namku ehh-- jngn nggk cocok wkwk. Kalian bisa pake Nama; Dimas, Indah, Agung, Reza, Jefri, Iqbal, Laras dll. Dan aku rasa nama-nama Indonesia nggak kalah keren dan bagus dari orang luar, kok.

Nah, kalau latarnya luar negeri beda lagi. Kalian bisa aja buat orang Arab namanya Juleha, asal dia TKW 😂 canda-canda.

Intinya sesuaikan sama latar. Di google banyak kok. Tinggal tulis nama dan negaranya pasti langsung muncul.

Satu lagi, nama jangan panjang-panjang. Itu nama Rel kereta?

Example :

- Dimas Andrian Putra Agung Pratama

Buset itu nama kah nama (?)

Kalian bisa singkat :

- Dimas Putra Pratama

3. Keunikan

Kalian punya teman doyan nyanyi tapi suara fales, salah lirik, cempreng abis? (Aku banget serius), atau teman yang hobi gibah, bahkan teman yang hobi makan tapi enggak gemuk-gemuk, ataupun yang doyan ngupil?

Authorship MaterialTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang