Tips Menulis Bionarasi

264 6 1
                                    

Assalamualaikum, selamat malam 🤗

Sebelum memulai materi, Ara mau perkenalan dulu, hehe.

Salam kenal teman-teman semua.
Nama lengkap Ara itu Lara Prihatini.
Dunia Maya, ara dipanggil dengan nama Aralep🦥 (Aralep punya kisah, sehingga diberi nama Aralep🦥)
Untuk usia masih muda🤧
Di dunia nyata, suka dipanggil prihatin. Terserah deh mau manggil apa.
Lima belas tahun, masuk bulan Desember tgl 5, jangan lupa🤣
Ara menjabat sebagai admin materi, dan malam ini, ara akan bawain materi untuk kita semua, kita next, ya?

Malam ini, materinya itu tentang biodata narasi atau disingkat menjadi bionarasi.

📍 Tips Menulis Bionarasi📍

Bionarasi jika tidak disingkat menjadi Biodata Narasi. Nah, bionarasi adalah berisi tentang biodata kamu, atau riwayat hidup kamu. Biodata Narasi, selalu berada di akhir cerita yang kamu buat.

📍 Hal-hal yang ditulis dalam Bionarasi📍

Nama :
TTL :
Motto :
Domisili :
Nama sapaan :
Cita-cita :
Akun sosmed :
Kegiatan yang disukai :

📍 Tips Membuat Biodata Narasi 📍

1. Isi sendiri.
Harus kamu yang isi, 'kan biodata kamu. Jangan orang lain, bisa salah ntar.

2. Tulis sesuai faktanya.
Jangan tulis bertele-tele, gak jelas, bohongan. Jangan! Ketahuan ntar malu lho ....

3. Biodata selengkap-lengkapnya.
Baca point bagian 'hal-hal'.

4. Tulis pengamalan dalam menulis
Nah, contohnya dalam pengalaman menulis kamu pernah dipinanh naskahnya apa gimana.

5. Tulis dalam bentuk narasi. Tidak berbaris-baris.

Contoh biodata narasi :

Namaku Lara Prihatini, di dunia nyata aku suka dipanggil Prihatin, sedangkan di dunia Maya, aku memiliki nama populer yaitu Aralep.

Aku lahir di .... dst.

***

Q n A

Nama : Pertanyaan
1. Al :Gimana kalo nama di bionarasi memakai nama samaran, apa di perbolehkan?

Jawaban : Lebih baik pakai nama asli. Soalnya itu karya kamu sendiri. Apa mau? Karya kamu diaku-akui karya milik orang lain? Misalnya gini, kan nama samaran, jadi dia nanti bilang 'ini karya aku lho' org"pada percaya, karena pakai nama samaran.

2.cumi:kak kalo buat binorasi penulis menggunakan Pov 3 bagaimana yaa?

Jawaban : Pake kata 'dia'

Authorship MaterialTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang