Assalamualaikum wr.wb😊
Ketemu lagi sama aku yang ganz bet ini😂🙏 /plakOke, jadwal malam ini kita materi lagi, ya😊😊
Temanya "Dialog Aksi dan Dialog Tag"
Uhh, siapa yang masih bingung dengan Dialog tag dan dialog Aksi? Kadang masih ketuker dan cara penulisannya kurang tepat.
Nah, malam ini kita akan membahas garis besar dan cara penulisannya yang benar🥳🥰
Okee, langsung aja. Simak baik-baik, ya. 🥰🙏
Dialog Aksi
Dialog aksi adalah dialog yang dilanjutkan dengan narasi berupa aksi.
Sumber:Komitmen.id
Seperti julukannya yaitu aksi. Maka dialog ini digunakan untuk menuliskan aksi yang bertujuan agar pembaca lebih bisa menghayati dan merasakan hingga membayangkan aksi yang dilakukan si tokoh. Tentu ini sangat membatu sekali dan membuat tulisan kita lebih berbobot dibandingkan hanya menggunakan dialog saja.
Tapi ingat, tidak semua dialog harus diberikan dialog aksi. Ingat porsi. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. jadi gunakan secukupnya saja ☺️😊
Penulisan yang benarnya gimana, kak?
Gampang. Kamu hanya perlu menulis dialog seperti biasa lalu tambahkan narasi yang menjelaskan atau menggambarkan aksinya.
Contoh:
"Kau milikku. Milikku." Aryo memeluk erat tubuh sintal Rere.Aryo memeluk erat tubuh sintal Rere adalah dialog aksi
Gunakan huruf kapital di awal kalimatnya
Dialog Tag
Apa itu dialog tag?
Dialog tag adalah frase yang mengikuti dialog, yang menginformasikan identitas si pengucap dialog.
Contohnye:
a) "Aku membencimu," kata Dijeh.b) Dijeh berkata, "Aku membencimu."
Dialog tag biasanya ditandai dengan kata "ujar", "ucap", "kata", dsb. Jika dialog tag-nya ada di akhir, maka akhiri dialog dengan tanda baca koma seperti dicontoh (a).
Dan jika dialog tag-nya ada di awal, maka akhiri dialog tag-nya dengan tanda koma dan akhiri dialog dengan tanda titik atau tanda tanya jika dialognya berupa kalimat tanya.
Dan jangan lupa, awali dialog dengan huruf kapital jika dialog tag-nya berada di awal seperti contoh (b). Tapi, harus bisa membedakan mana dialog tag dan mana yang bukan dialog tag.
Seperti contoh di bawah ini, perhatikan:
c) "Kemarin aku melihatmu berjalan berdampingan dengan Hurem." Alvin menatap Dijeh tajam.d) Mata Alvin menatap Dijeh tajam. "Kemarin aku melihatmu bersama Hurem."
Sumber: blog mucepedia
Sebenernya ada banyak sekali contoh dialog tag. Dulu aku juga sempet bingung bagaimana penulisannya, cara bedain yg aksi dan yang tag. Tapi semua itu terbayar dengan rasa kepo ku yang buat aku terus berselancar di inet buat tahu apa itu dialog tag.
So, buat kalian yang masih bingung jangan khawatir, kalian tetep bisa menulis sambil belajar. Dan yang harus kalian percaya, seiring berjalannya waktu tulisan kalian sedikit demi sedikit akan lebih baik dari sebelumnya.
Mungkin itu aja, jika masih bingung silahkan bertanya, dan jika ada kata yang salah mohon d maafkan🙏
Salam Literasi🥰🥰
KAMU SEDANG MEMBACA
Authorship Material
DiversosKumpulan Materi Kepenulisan yang di sampaikan dua minggu sekali di dalam Grup Belajar Menulis☺ Semoga materi yang di sampaikan dapat bermanfaat bagi yang membaca nya😊