🌟 Logline Cerita 🌟
Logline itu hampir sama dengan premis. Bedanya, kalo premis itu singkat sedangkan logline itu penjabaran cerita versi lebih panjang. Semacam sinopsis utuh yang kerap kali dicantumkan untuk mengajukan naskah ke penerbit.
Sudah ada yang pernah mencoba mengajukan naskah ke penerbit belum? Kalo sudah, pastinya tahu bentuk sinopsis dan apa aja isinya ya.
Ada beberapa poin utama yang perlu diperhatikan saat menyusun sinopsis (untuk karya fiksi) :
🌟Sinopsis biasanya dibatasi di 250–500 kata atau maksimal 2 halaman A4 spasi 1.5 font 12. Untuk naskah yang akan diikutsertakan ke lomba maupun yang akan dikirimkan ke penerbit, biasanya sama-sama ada peraturan panjang sinopsis di maklumat ataupun informasi penerimaan naskah; jadi tetap harus cek dulu karena syarat tersebut bisa berbeda-beda.
🌟Sinopsis adalah ringkasan cerita yang utuh, bukan nukilan yang biasa tertera di belakang buku. Sinopsis harus memuat kondisi awal dan akhir cerita dengan lengkap, juga ringkasan/poin-poin plot yang terjadi di tengahnya (awal-konflik-resolusi). Ingat bahwa:
☀Sinopsis tidak sama dengan blurb. Sinopsis harus mencantumkan rincian cerita secara garis besar dari awal sampai akhir; sementara blurb cukup berisi unsur-unsur yang membuat calon pembaca tertarik. Tidak boleh ada kalimat tanya dalam sinopsis, dan tidak boleh ada unsur plot penting yang ditutupi/dirahasiakan.
☀Sajikan poin pentingnya saja. Cukup unsur-unsur plot yang vital untuk kemajuan cerita, tidak usah sampai detail.
☀Jika bingung, coba buat pokok pikiran sinopsis yang terdiri atas tiga kalimat: satu kalimat untuk situasi awal cerita, satu kalimat untuk situasi akhir cerita, dan satu kalimat untuk menggambarkan proses di tengahnya. Kembangkan sinopsismu dari tiga kalimat itu.
🌟Nama karakter sebaiknya ditulis dalam huruf kapital semua.
🌟Apabila naskahmu eksperimental atau menggunakan format khusus yang mana penerbit atau panitia lomba harus aware dengan kekhususan tersebut, informasi tersebut kadang juga perlu dicantumkan dalam sinopsis. Biasanya informasi ini diletakkan di bagian akhir, dalam paragraf terpisah dari pemaparan akhir cerita.
🌟Intinya, sinopsis adalah senjata utamamu dalam menawarkan naskah kepada panitia lomba atau penerbit. Buatlah sesingkat dan semenarik mungkin. Setelah sinopsis kalian jadi, coba posisikan diri kalian yang jadi panitia atau editor akuisisi: apakah kalian tertarik dengan rangkuman kisah ini? Jika belum, coba ulangi langkah-langkah di atas, mungkin ada yang terlewat.
22 Agustus 2020
KAMU SEDANG MEMBACA
Collection of Authorship Material
Não FicçãoPublished to share literacy knowledge. Happy reading and hope you like it!