.
.
.Gue seneng gak terkira setelah tahu Ranu follback gue. Gila! Ini beneran kejadian kan? Gak mimpi kan? Iya! Tentu saja ini adalah sebuah kebenaran.
Setelah tahu hal itu, gue jadi semakin percaya diri buat deketin Ranu. Karena gue mulai berpikir, kalo gak sekarang, lalu kapan? Apa gue rela liat Ranu jadian sama cewek lain sebelum gue sempet ungkapin perasaan gue? Tentu saja tidak!
Gue harus punya keberanian, harus. Gue harus percaya diri. Dan menurut gue, kunci dari kepercayaan diri adalah berpenampilan menarik. Kalo tampilan gue menarik, gue yakin Ranu bakal respons gue dengan hangat. Lalu, bagaimana caranya biar gue berpenampilan menarik? Haruskah gue potong rambut? Diet ketat? pake skincare? Atau, pake baju-baju mahal?
Akhirnya, gue memilih pilihan pertama. Rambut gue yang awalnya panjang dan selalu berantakan, sekarang jadi pendek dengan poni yang terlihat lucu. Gak tau kenapa setiap gue liat tampilan diri gue di depan cermin dengan rambut baru ini, gue selalu merasa mirip Shen Yue. Oke, itu hanya bercanda. Muka burik gini mana mungkin bisa berubah mirip Shen Yue cuma karena potong rambut!
Meski gue gak yakin, gue terlihat lebih cantik atau enggak dengan rambut pendek, tapi gue merasa lebih rapi sekarang.
Saat sedang berjalan menuju kantin, gue liat Ranu sedang tertawa bersama teman-temannya. Entah apa yang mereka obrolkan, gue gak bisa menyimak, karena fokus gue cuma sama wajah tampan Ranu. Astaga gigi gingsulnya! Rasanya gue pengen pingsan sekarang juga karena terlalu lama tahan napas.
"Liku ayo!" Jenny mendorong tubuh gue kasar karena sejak tadi gue cuma mematung di antrian saat akan memesan makanan.
Gue mendengus sebal. Cewek itu memang sangat menyebalkan, tak bisa melihat sahabatnya senang barang semenit saja. Sudah gitu, suka sekali ganti nama orang lagi.
"Gak usah dorong-dorong juga dong!"
"Ya abis bukannya pesan makanan, lo malah ngelamun dari tadi, gak liat antrian dibelakang lo banyak?"
Gue menoleh ke belakang, ya ampun! Gue langsung maju dengan cepat saat melihat wajah penuh amarah anak-anak lain...
"Lo kenapa sih, senyum-senyum aja dari kemarin?" tanya Jenny dengan wajah sinis sambil mengaduk mie ayamnya.
Gue yang semula fokus pada ponsel, beralih menatap Jenny dengan sinis juga. "Suka-suka gue dong, mau tau aja lo!" kesal gue.
"Dih, gue kan cuma nanya, kali aja lo udah gila!"
Gue melotot, mulai terpancing.
"Maksud lo apa? Lo gak suka liat gue seneng? Syirik banget sih lo jadi orang."
"Syirik? Hello, apa yang harus gue syirik-in dari lo?" Jenny terkekeh geli.
"Duh, kalian kenapa sih selalu aja berantem gak jelas? Pusing tau dengernya!" lerai Adsila.
Selalu, Adsila yang menjadi penengah. Begitulah persahabatan kami, aneh. Saling mengejek, saling membicarakan di belakang, selalu berdebat hanya karena hal-hal sepele. Gue gak bisa bayangin sih kalo gak ada Adsila, mungkin hampir tiap hari gue cakar-cakaran sama Jenny. Ya habis gimana ya... mulut Jenny itu menggemaskan dan gue orangnya baper-an, jadi rasanya gue selalu pengen masukin sianida ke mulut Jenny tiap dia ngomong sembarangan, walaupun bagi dia itu cuma bercanda. Serius, buat gue bercanda tuh cewek sama sekali gak lucu!
"Rambut baru lo bagus Lik, gue suka liatnya, gemes gitu." ucap Adsila membuat gue merasa semakin percaya diri.
Tapi kemudian Jenny ikut menimpali. "Gemes pengen botakin maksudnya? Hahaha...!"
"Lika, sebenarnya sih gue gak mau ngomong, tapi sahabat kan harus saling jujur. Jadi gue harus bilang, kalo..., menurut gue lo gak cocok punya rambut pendek, karena muka lo kan bulat, jadi makin bulat gitu. Maaf nih ya, gue ngomong apa adanya."
Serius, rasanya gue pengen banget siram muka Jenny pake semangkok sambel sekarang juga. Kalo dia gak mau ngomong, ya udah diem aja. Bukankah itu termasuk body shaming? Ah! Beneran deh gue langsung bad mood denger ucapan dia.
"Tapi Lika cantik kok, lo gak boleh ngomong gitu dong Jenn, body shaming tuh. Lika, gak usah dengerin ucapan Jenny ya, mulut dia kan emang sering lupa disaring," kata Adsila mencoba menenangkan, tapi telat. Gue udah terlanjur masukin ucapan Jenny ke dalam hati dan sekarang ucapan dia terus terngiang-ngiang di telinga.
Muka gue bulat, gue gak pantes potong rambut model kayak gini!
"Semua cewek emang cantik kali! Udah deh Sil, jujur aja apa susahnya sih. Emang Lika gak pantes potong rambut kayak gitu, lo juga sebenarnya mikir kayak gitu kan? Cuma lo gak tega aja ngomongnya. Secara, lo kan jelmaan malaikat!" ujar Jenny.
"Lo ngomong apa sih Jenn? Menurut gue, Lika emang pantes kok potong rambut model kayak gini, lebih fresh."
Jenny hanya memutar bola mata dan berhenti bersuara, karena selanjutnya dia memilih menikmati mie ayamnya.
"Sorry, gue duluan masuk kelas ya," pamit gue yang udah gak berselera makan lagi.
Gue bangkit, meninggalkan Jenny dan Adsila, semangkok bakso yang masih utuh dan jus mangga yang tersisa setengah. Samar-samar sebelum gue benar-benar menghilang dari kantin, gue bisa denger obrolan kedua sahabat gue;
"Tuh kan, Lika pasti jadi sedih. Lo sih, suka ngomong sembarangan."
"Masa gitu aja sedih? Dasar baper-an. Pantes masih aja jomblo, cowok-cowok juga ogah deketin cewek kayak gitu."
"Heh, gue juga masih jomblo ya!"
"Oh iya, hehehe... tapi kan lo jomblo nya lain lagi, Sil!"
Gak bisa! Gue gak bisa lagi bertahan dalam zona pertemanan semacam ini. Persahabatan macam apa ini? Gue gak bisa lagi temenan sama orang toxic semacam Jenny. Sumpah, gue pengen banget jauhin dia dari dulu, tapi gue gak tau gimana caranya. Kalo gue menjauh duluan, gue yakin tuh cewek pasti ngomongin macem-macem tentang gue, dan bukan gak mungkin kalo nantinya gue bisa gak punya satu teman pun di sekolah ini karena ucapan dia.
Sekarang, lo percaya kan kalo persahabatan kita emang aneh?
KAMU SEDANG MEMBACA
Always Insecure✓
Teen FictionKatanya... cantik gak selalu tentang fisik, tapi nyatanya? • Cover by canva