.
.
."Adsila," jantung gue hampir copot rasanya mendengar suara itu.
Suara bariton nan merdu yang selalu berhasil menggetarkan jiwa raga gue.
Gue menoleh, dan makin salah tingkah saat melihat wajah tampan Ranu dari jarak dekat. OMG! Ini beneran Ranu Kumbolo? Oh maaf, maksud gue Ranu Adrian? Sumpah gue gak bohong. Ketampanan Ranu benar-benar di atas rata-rata.
Wajahnya sejuk banget bikin hati gue adem, dan senyumnya... astaga! Jantung gue beneran loncat-loncat. Gue gak berlebihan saat berpikir kalo keindahan wajah Ranu gak pernah ngebosenin buat dipandang. Sama kayak lo liat Ranu Kumbolo, Ranu Pani, Ranu Regulo, atau Ranu Ranu indah lainnya. Sungguh, yang bisa gue lakuin cuma berdecak kagum atas ciptaan Tuhan yang amat indah ini.
Ranu tersenyum pada gue dan Jenny, sambil berkata, "Hai!" dengan ramahnya.
Karena gugup, gue akhirnya cuma bisa tersenyum kikuk, gak tau harus ngapain. Otak tiba-tiba blank.
"Hai!" sapa balik Jenny dengan senyum sok manisnya.
"Ada apa, Ran?" tanya Adsila.
"Ini," kata Ranu sambil menyodorkan kartu undangan.
Hati gue nyesek banget liat adegan itu. Sumpah demi apapun gue gak rela Ranu ngundang Adsila! Rasanya detik ini juga gue pengen ada di posisi Adsila.
"Lo undang gue ke pesta ultah lo?" tanya Adsila tak percaya.
"Iya. But, kalo lo sibuk gak perlu maksain buat dateng juga kok."
Kenapa cuma Adsila yang dikasih undangan?! Batin gue menjerit tidak terima.
"Malam Minggu ya? Gue usahain bakal dateng." kata Adsila dengan senyum menawannya.
"Thanks. Dan sorry banget, karena undangannya udah habis, temen-temen lo jadi gak kebagian," ucap Ranu dengan wajah muram, yang justru terlihat menggemaskan.
Temen-temen lo? Apa itu artinya gue sama Jenny?
Ranu kembali menatap gue dan Jenny secara bergantian dengan wajah ramahnya. "Tapi kalo kalian berkenan untuk datang, datang aja ya. Gue bakal seneng."
Detik ini, gue merasa nyawa gue melambung tinggi.
"Serius?" tanya Jenny dengan mata berbinar bahagia.
"Tentu. Kalo gitu, gue duluan," setelah itu Ranu berlalu pergi.
Wangi parfum Ranu yang maskulin masih tercium jelas, dan jantung gue masih berdetak dengan kecepatan tidak normal.
Oke. Memang menyakitkan dan jujur —gue iri sama Adsila— karena dia dapat undangan dari Ranu secara eksklusif. Namun, gue juga diundang kan sama Ranu? Jadi, buat apa gue iri? Harusnya gue seneng kan?
"Dreams come true." gumam Jenny yang gue yakini pasti masih deg-degan juga.
"Jadi, kalian bakal dateng, kan?" tanya Adsila.
"Iya lah."
"Kalo lo, Lik?"
"Nanti gue pikirin dulu."
Sumpah. Gue bener-bener bingung sekarang. Di satu sisi gue seneng gak terkira karena Ranu ngundang gue, tapi di sisi lainnya gue gak yakin untuk datang ke pesta ulang tahunnya. Secara, Ranu adalah anak konglomerat, acaranya pasti akan diadain di hotel mewah atau rumahnya yang megah. Tamu yang hadir pasti bakal pake pakaian yang mewah juga. Sementara gue? Gue pasti bakal terlihat gembel di sana. Secara, gue gak punya dress mahal atau pakaian bagus sejenisnya. Isi lemari gue cuma penuh sama baju-baju murah yang udah longgar dan kusam saking seringnya dicuci. Masa iya gue harus pinjem baju Adsila atau Jenny, atau membobol celengan babi gue cuma demi datang ke pesta ulang tahun Ranu?
Oh, nasib sang bunga... kenapa menyedihkan sekali???
Haruskah gue ngepet atau jaga lilin dulu malam ini? Tidak! Itu dosa Lika!
"Kenapa mesti mikir dulu?" tanya Adsila.
"Masalahnya ...."
Gue gak tau harus ngomong dari mana. Gengsi banget kan kalo gue bilang gak punya baju yang pantes buat dipake ke pesta ulang tahun Ranu? Ah! Gak enaknya punya gengsi sebesar kotoran sapi!
"Apa? Apa masalahnya?" desak Jenny.
"Pokoknya banyak lah masalahnya. Temen Ranu yang dateng pasti banyak, jadi gak ngaruh juga kan gue mau dateng atau enggak?"
"Iya juga sih, toh Ranu gak bakal ngeh juga lo bakal dateng atau enggak, tapi kalo Adsila yang gak dateng... dia pasti bakal nanyain."
Lagi-lagi Adsila, apa-apa Adsila. Beneran deh, punya sahabat yang lebih cantik emang gak enak.
💤💤💤
Akhirnya, gue memutuskan untuk gak pergi ke pesta ulang tahun Ranu.
Malam itu, malam Minggu. Di mana Adsila dan Jenny sedang asyik di pesta Ranu, gue malah nangis di kamar. Ya, gue nangis karena gue merasa hidup ini amat gak adil buat gue.
Gue gak berani pinjam baju ke temen-temen gue karena gengsi, dan gue juga gak rela bobol celengan babi gue karena itu celengan isinya gak nyampe ratusan ribu, yang udah pasti gak akan cukup buat beli baju bagus. Sementara kalo gue minta ke orang tua, bukannya di kasih, yang ada pasti bakal diomelin doang.
Gue sadar, gue bukan anak orang kaya seperti Jenny, atau yang lumayan berkecukupan kayak Adsila. Gue lahir dari keluarga yang biasa aja. Bokap gue cuma seorang guru SD yang bentar lagi bakal pensiun, dan nyokap gue di rumah jualan soto ayam demi membantu keuangan keluarga. Sebenarnya gue punya kakak perempuan, dan dia udah kerja di luar kota, tapi kakak gue pelit banget. Tiap bulan aja dia cuma kasih 1 juta ke nyokap gue, dan tiap gue minta duit ke dia, dia gak pernah mau ngasih dengan seribu alasan yang bikin gue mau muntah dengernya. Jadi, ya begitulah, alasan gue nangis malam ini.
Emang lebay dan terkesan gak mensyukuri hidup banget, tapi gue emang gini. Bisanya cuma ngeluh dan cuma fokus sama kekurangan-kekurangan gue, tanpa mau sadar, kalo di luar sana masih banyak banget yang hidupnya jauh lebih menderita dari gue.
"Saya Lika dan saya sedang insecure." ucap gue sambil menatap pantulan diri di cermin dengan wajah masam. ~
KAMU SEDANG MEMBACA
Always Insecure✓
Teen FictionKatanya... cantik gak selalu tentang fisik, tapi nyatanya? • Cover by canva