BAB 4 - Rumah Nomer 5

143 19 5
                                    

Di kantor, Dika terus gelisah. Ingin ia lupakan kejadian semalam namun sosok itu terus terbayang. Antara kesal dan takut akhirnya ia putuskan untuk bercerita kepada Toni. Teman kantor sekaligus tetangganya di gang kenari.

                   "Ton"

Toni berpaling sembari menggerakkan alis. Melihat wajah tegang Dika, Toni mengerti bahwa ada sesuatu yang serius hendak ia ceritakan. Toni menegakkan duduknya dan menarik kursi kosong untuk ditempati Dika. 

                   "Ada apa ?" tanyanya kemudian.

Dika menengok kesegala arah sebelum mendekat dan berucap pelan. "Ada hantu di rumahku"

Toni membulat seraya memperjelas. "Hantu, hantu sungguhan ?" Dika mengangguk.

                     "Bagaimana ceritanya ?"

                     "Kamu tahu buk Neng yang punya warung ?"

                     "Iya tahu"

Dika menghembuskan nafas dalam sebelum memulai cerita panjang. Ia ceritan semuanya mulai dari penampakan sosok wanita yang dilihat buk Neng hingga sosok lelaki penuh lumpur yang ia lihat sendiri semalam. Toni serius mendengarkan sembari sesekali menganggukkan kepala.

                     "Apa di kontrakanmu baik-baik saja ?" tanya Dika penasaran.

                     "Alhamdulillah gak ada masalah"

                     "Lalu bagaimana menurutmu Ton ?"

                     "Emm, menurutku kamu harus mengundang kyai untuk melakukan pembersihan di rumah itu".

                     "Kayaknya gak bisa" jawab Dika sembari menyandarkan punggungnya.

                     "Kenapa ?"

                     "Kalau pakai cara itu otomatis Rani dan Rasti tahu keadaan yang sebenarnya. Sudah ketebak pasti mereka minta pindah. Aku sudah tidak ada uang Ton, ada uang sih tapi tidak banyak jadi ya tidak akan cukup untuk membayar kontrakan di tempat baru lagi".

Toni sangat memahami keadaan temannya itu karna memang keadaan mereka sama. Toni juga tak memiliki banyak simpanan meski hatinya ingin membantu. Setelah menimbang beberapa saat akhirnya Toni memberikan saran.

                      "Kalau kirim doa saja bagaimana ?"

                      "Kirim doa ?"

                      "Itung-itung syukuran pindahan, siapa tahu setelah rumah itu di doain jadi bersih"

                      "Oh iya ya, Rani dan Rasti juga gak akan curiga"

                      "He'em"

Saran Toni cukup membuat Dika tenang. Melalui pesan whatsapp ia sampaikan keinginannya kepada Rani. Rani setuju saja dan bersedia menanyakan kepada tetangga sekitar perihal dimana rumah pak ustad yang biasa menerima undangan kirim doa. Pagi itu juga, Rani mengetuk pintu rumah bu Yuni, tetangga kanan rumahnya. Tanpa basa basi, Rani menanyakan perihal pak usatad sesuai pesanan Dika. Bu Yuni menyambut hangat dan mempersilahkan Rani masuk ke dalam. Perbincangan berlanjut namun bu Yuni tak lekas memberi tahu, dia masih tertarik untuk mengulik alasan dibalik kirim doa tersebut.

                      "Hanya tasyukuran pindah rumah saja, kebetulan suami ada rejekinya sekarang jadi baru-baru ini bikin syukurannya"

                       "Oh, gak ada hal lain ?"

RUMAH NOMER 5 [END] Sdh TERBIT E-BOOK Nya.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang