_*Gaji Pramugari Memang Tinggi, Tapi Syaratnya Berat Juga*_
Gaji pramugari berapa ya? Informasi dari Detik sih tahun 2013 lalu aja gaji pramugari junior udah di angka Rp4 juta sampai Rp5 juta. Bisa diperkirakan deh kalau sekarang berapa. UMR aja naik terus tiap tahun.
Nominal tersebut juga cuma gaji pokok, belum termasuk tunjangan.
Dari berbagai sumber disebutkan bahwa gaji pramugari masa kini bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.
Jumlah tersebut mencakup gaji pokok dan upah sekali terbang. Umumnya, tiap pramugari bisa terbang tiga sampai empat kali dalam seminggu. Selain itu, mereka juga dapat fasilitas lainnya dari maskapai tempatnya bekerja.
*Apa syarat menjadi pramugari?*
Dilihat dari gaji sih emang menggiurkan, namun berbanding lurus juga dengan syarat menjadi pramugari atau pramugara.
Mereka diharuskan memiliki kemampuan yang unik. Apa aja syarat untuk bisa menjadi pramugari?
*1. Sehat dan punya tubuh ideal*
Yang pertama kali mesti kamu siapkan tentu aja tubuh yang ideal dan sehat. Kebanyakan maskapai mensyaratkan tinggi badan tertentu buat jadi pramugari dan pramugara mereka. Ya pengin gak pengin, kamu emang mesti memenuhi kriteria ini.
Kebanyakan maskapai gak memperbolehkan pramugari dan pramugara mereka mengenakan kacamata. Itu artinya kamu harus punya penglihatan mumpuni.
Meski demikian, buat yang punya mata minus gak apa-apa asalkan harus selalu mengenakan softlens.
*2. Kemampuan berbahasa asing*
Syarat minimal kedua untuk bisa menjadi pramugari adalah mesti bisa berbahasa Inggris.
Kalau misalnya belum lancar tapi cakap di kemampuan lain, biasanya institusi pendidikan buat calon pramugari maupun pramugara masih menerima.
Dengan catatan mereka bakal menerima pelatihan dan harus jago setelah itu. Gak ada lagi kata gak mampu.
*3. Pengin belajar berbagai ilmu*
Syarat untuk menjadi pramugari yang ini bisa dibilang tantangan sekaligus keuntungan. Tantangan karena kamu mesti belajar banyak ilmu selama jadi pramugari.
Sederet peran harus bisa kamu kerjakan bila jadi awak pesawat terbang, gak cuma mengantarkan makan aja. Kamu juga harus menguasai prosedur keselamatan, memberi pertolongan pertama pada penumpang, dan melayani kebutuhan mereka.
Itu sama aja kamu menjalankan beragam profesi sekaligus. Kamu harus bisa jadi tim SAR, dokter, dan pelayan sekaligus.
Jadi gak heran ya, gaji pramugari yang tinggi harus dibarengi dengan skill yang tinggi juga.
*4. Siap menghadapi jam kerja yang fleksibel*
Jadwal yang berganti-ganti buat pramugari dan pramugara udah biasa. Nah, kamu harus siap dengan jadwal tersebut.
Bisa aja minggu ini kamu dapat jadwal terbang di jam-jam subuh. Di lain waktu, kamu harus terbang di tengah malam. Intinya, syarat kalau kamu mau menjadi pramugari adalah harus bisa bangun pagi dan begadang.
Jadwal yang fleksibel ini pula yang menuntut kamu buat tetap menjaga mood dalam keadaan baik. Bisa berantakan semuanya kalau tiba-tiba kamu malas karena masalah personal atau merasa udah bosan banget ama yang namanya terbang.
*5. Siap-siap jauh dari keluarga*
Jadi pramugari bukan seperti karyawan yang bisa pulang jam lima sore setiap hari. Karena jadwal yang gak menentu, kamu mesti siap buat berangkat kapan aja dari rumah.