VIII. 여덟

3 0 0
                                    

• g a r a g a r a t u g a s •

°제노°

"Lin, mau langsung pulang?"

Alin yang lagi neguk air mineral noleh.

"Ashar dulu, lah kak. Nanti diamuk Pak Ahmad ga lucu ya,"

Jisung ngakak, gatau kenapa. Padahal gaada yang lucu.

"Mau bareng gak?"

Tanpa mikir, Alin ngangguk. Trus ngegendong tas ranselnya.

"Btw, Kak Jeno sama Kak Mark lagi galau ya?" Tanya Alin, bikin Jisung ngerutin dahi.

"Hah?"

"Itu, dari awal latihan sampe sekarang gue liat mereka asyik ngegitar berdua dibawah pohon. Udah kek orang kehilangan tujuan hidup." Kata Alin sambil nunjuk Jeno dan Mark—yang posisinya ga berubah sedikitpun sejak awal latihan tadi—pake dagu.

"Ohh.. itu. Gue juga gangerti mereka kenapa. Tadi, gue ajakin balik ke pesantren, pada gamau. Pengen disini katanya." Jelas Jisung, yang bikin Alin ber oh ria.

"Tapi kok, lu perhatian banget sama kehadiran mereka?" Pertanyaan Jisung bikin Alin ngerotasiin bola mata.

"Setiap kita latihan, sisi lapangan dan bsg pasti selalu kosong. Biasanya yang nontonin kita latihan cuma cewe-cewe fans kakak tuh. Itupun jarang banget. Makanya gue selalu ngeuh kalo ada orang yang duduk di running track."

Jisung manggut-manggut.

Iya, jadi di sekeliling lapangan basket sama lapangan voli tuh ada running track gitu. Dan orang-orang biasanya pada duduk disitu kalo lagi nontonin yang eskul merpati putih latihan, ato ada turnamen basket pas PORSAK atau MESSA.

Sedikit funfact, PORSAK tuh Pekan Olahraga dan Seni Antar Kelas. Event ini cuma terbuka buat warga sekolah aja. Sedangkan MESSA, itu Multi Event in Science, Sport and Art. Kalo event ini, terbuka buat umum.

"Yaudah, kuy lah. Udah adzan daritadi. Telat dikit, Pak Ahmad ngamuk." Ajak Jisung.

Alin ngangguk, trus mereka jalan ke masjid di belakang sekolah.

Pertanyaannya, kenapa ga di bsg? Padahal di bsg juga biasanya di pake shalat.

Murid-murid selama jam sekolah dan eskul, gaboleh shalat disana. Kalo ketauan, ya dapet point minus. Sebenernya, banyak anak yang ngelanggar sih. Cuma ga ketauan aja.

Another question, kok pada ngelanggar? Pertama, masjid pesantren itu jauh, letaknya di belakang banget dan harus lewat lorong panjang. Kedua, kalo shalat di masjid wajib berjamaah, kalo di bsg sendiri juga jadi.

°제노°

"Lin,"

Alin yang lagi pake sepatu noleh.

"Eh, hai Kak Jie. Udah ganti baju aja,"

Jisung—yang udah ganti baju jadi kaos oblong dan sarung—pun ketawa kecil.

"Yaiyalah, asrama putra kan dibawah masjid."

Jadi masjidnya tuh di lantai 3, lantai 1 dan 2 isinya asrama putra semua. Asrama putri? Ada di paling belakang, deket lapangan tempat memanah dan berkuda.

"Lu pulang-pergi apa pesantren Lin?" Tanya Jisung.

"Pulang-pergi, kak. Abis ini yang pesantren ngapain?" Tanya Alin basa-basi.

"Kita nyantai si. Gue sekamar sama Bang Jeno, Bang Renjun, sama Bang Mark. Kalo jam-jam kek gini biasanya mereka ngegitar, ngegalau bareng."

"Agenda baru di mulai pas maghrib soalnya." Lanjut Jisung.

Alin manggut-manggut. "Yaudah ya, gue pulang. Bye Kak Jie,"

"Eh Lin."

Alin yang tadinya mau ngelangkah keluar halaman masjid pun noleh.

"Mau gue anterin sampe depan gak?"

Alin tanpa mikir langsung ngangguk, sambil senyum.

"Kuy!"

°제노°

"Jadi... gimana?"

Sekarang, di ruangan sederhana namun mewah ini, Jisung ditatap sama ketiga teman sekamarnya. Berasa diinterogasi Jisung tuh.

Jisung ngehela nafas. "Gimana apanya? Ya gitu."

Jeno yang duduk di kasur langsung ngelempar bucket hat nya ke Jisung.

"Gaada jawaban ya gitu." Kata Jeno sinis.

Jisung ngacak-ngacak rambutnya, terus mukul-mukul sarungnya dia.

Ya Allah, apa salah hamba? - sarung

"Bang! Lu yang jatuh cinta ko gue yang repot sih? Deketin dong men! Jangan jadi pecundang kek gini!"

Lelah Jisung tuh. Dia lelah disuruh-suruh Jeno buat nyari tau tentang Alin. Dia udah semingguan ini nge stalk Alin. Demi sebuah kardus Ind0mie doang masa.

Lagian, Jisung mau-mau aja disuruh.

Et, demi sekardus Ind0mie rasa mie Aceh, samudera pun rela dilewati.

Maklum, Jisung anak santri yang jarang pulang. Di pesantren mana boleh makan Ind0mie. Stress Jisung tuh terpisahkan sama sahabat sejatinya.

"Indomie rasa mie aceh janji lu mana!"

Tuhkan.

Jeno melemparkan tatapan sinis ke Jisung.

"Elah ah iya ntar gue kasih." Cibir Jeno.

Dan suasana pun sempat hening beberapa saat, sebelum akhirnya Mark membuka suara, bikin seisi kamar menoleh kearah dia.

"Lu beneran mau deketin Alin?"

Jeno ngedenger pertanyaan itu cuma ngehela nafas pelan, trus ngelempar pandangan ke luar jendela, lebih tepatnya ke langit yang kebetulan lagi cantik banget.

Iyalah, bentar lagi sunset. Gimana ga cantik coba langitnya.

"Gue gatau. Gue belum siap nerima cewe lagi." Ujar Jeno pelan.

Ketiga manusia berdosa lainnya pun hanya terdiam. Ngerti banget sama posisi Jeno sekarang.

Untuk saat ini, bakal susah buat Jeno untuk nerima orang baru di hatinya.

"Saingan Alin terlalu berat sih," celetuk Renjun, yang disetujui oleh teman-teman partner maksiatnya yang lain.

"Bang, gue tau lu sekarang bingung. Tapi kelamaan stuck di masa lalu juga ga baik. Cuma satu sih pesen gue. Jangan pernah ngulangin kesalahan yang sama. Lu gamau kan kejadian dulu keulang lagi?"

Seperti biasanya, Jisung si bungsu, selalu menjadi yang paling bijak dan  memberikan nasehat terbaik pas abang-abangnya lagi butuh sandaran.

Dibilangin Jisung tuh yang paling waras diantara semuanya, gaada yang percaya.

Tapi Jisung bener sih, Jeno harus hati-hati.

to be continued...

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Apr 22 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Gara Gara Tugas [✓]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang