Senyum Semangat Bocah Pengumpul Plastik

31 1 0
                                    

Ada banyak hal yang perlu disyukuri
Kurangi mengeluh
Karena setiap orang akan punya kerikil masing-masing
Jangan samakan prosesmu dengan orang lain, itu jelas berbeda.

Menjalankan rutinitas seperti biasa menjadi seorang pengajar di dua lokasi menjadikanku salah satu pengisi keramaian jalan di kota kecilku.

Aku mengajar disalah satu sekolah Negeri, dari pagi hingga siang hari. Memberikan pelajaran kepada siswa kemudian beranjak mengajar disalah satu cabang bimbel nasional. Kegiatan rutin yang selalu aku lakukan.
Pagi ini suasana cerah, seolah ikut berseri diiringi kicauan burung yang saling sahut menyahut.

Jalanan cukup sepi dikarenakan bukan hari kerja, tapi aku tetap harus berangkat mengajar di bimbel. Pagi ini pukul 10.00 WIB dipertengahan jalan aku melihat dua orang anak yang sedang mengambil botol plastik dan saling bercanda satu sama lain.

Hatiku berdesir mengingat kedua anak itu seperti melihat adikku sendiri, tidak terbayang jika diusia yang masih cukup belia harus melakukan pekerjaan seperti itu, padahal mereka seharusnya di rumah belajar dan bermain. Tapi mungkin kondisi memang mengharuskan mereka untuk melakukan pekerjaan itu.

Tepat sekali disaat aku berhenti disalah warung makan, aku membeli makan untuk persiapan makan siang di tempat mengajar. Aku juga membungkus dua kotak nasi untuk kedua anak itu.

Saat ku panggil mereka dan memberikan dua kotak nasi, senyum dan tatapan binar mata mereka berbeda terlihat begitu bahagia.
Dengan senyum manis yang tersimpul  kemudian kedua anak itu berkata
"Terima kasih banyak kak, semoga lancar terus rejekinya".

Iya sama-sama dek, semangat ya! Jawabku tersenyum sembari meninggalkan mereka berdua.

Diperjalananan aku kembali merenung, ada banyak hal dalam hidup yang perlu kita syukuri, ada banyak cerita berbeda pada setiap insan, ada banyak hal yang perlu kita lewati. Hidup tidak melulu tentang apa yang kita ingini, hidup adalah tentang proses yang terus kita jalani dengan rasa ikhlas.

Prosesmu berbeda, karena Allah ingin kamu lebih unggul dari yang lain. Untuk itu tetaplah tegar akan setiap hal yang dilewati, tetaplah berbaik sangka atas apapun yang terjadi walaupun terkadang sulit. Kamu sangat luar biasa untuk tetap bertahan hingga detik ini.

(Sekayu, 2021)

Hikmah KehidupanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang