Sudahkah Bersyukur Hari Ini?

1.2K 18 1
                                    

2 Ramadhan 1438 H (28 Mei 2017)

Manis pahitnya kehidupan, tergantung bagaimana cara kita menyikapinya,
Yang manis bisa dirasa pahit
Yang pahit bisa dirasa manis
Tinggal kita mau bersyukur atau tidak?

Kotaku yang terasa amat panas biasanya, hari ini terasa begitu dingin, hari ini dari pagi hingga hampir sore tetesan air hujan mulai membasahi kota kecilku ini.

Aku terduduk dikamar kecilku, menatap butir-butir air yang jatuh ke tanah lewat jendelaku sembari berpikir mengapa hari ini harus hujan? terasa begitu sangat dingin. Bahkan untuk menyentuh airpun aku sungkan. Seketika aku terdiam sejenak sembari berpikir, kemarin aku juga duduk dikamarku dan mengeluh “mengapa hari ini begitu panas?” akhirnya hari ini hujanpun turun dan aku masih mengeluh.

Sebenarnya apa yang aku inginkan. Aku merasa menjadi orang yang paling suka mengeluh didunia ini. Disaat hari panas aku mengeluh, disaat hujan datang tetap mengeluh.
“maafkan aku Ya Allah selalu mengeluh akan hal-hal yang kecil, padahal panas dan hujan semua ini adalah anugerahmu". Gumamku dalam hati.

Tak bisa aku bayangkan jika hujan tidak turun maka air sungaipun akan mengering, tumbuhan akan mati, manusia? Tentu tak bisa hidup tanpa air, karena kandungan air pada tubuh manusia 60 - 70%. Tak bisa ku bayangkan, apa yang akan terjadi pada makhluk di dunia ini tanpa air karena air begitu berperan dalam kehidupan.

Hujan hari inipun mengingatkanku pada masa SMA ku dulu. Saat dimana aku bertukar cerita dengan teman satu kelasku. Ketika hujan turun dia selalu menikmatinya. Dia mengatakan padaku bahwa dia sangat menyukai hujan. Saat itu kami berdiri dibalkon lantai 2 disekolahku dan saat itu sedang turun hujan. Dia bercerita tentang mengapa dia begitu menyukai hujan.

Aku tidak ingat pasti tentang ceritanya, aku hanya mengingat sedikit ceritanya. Dia menyukai hujan karena dulu saat dia masih kecil dia pernah terserempet motor untuk membeli garam diwarung. Saat itu dia terluka lecet, darah keluar dari beberapa titik ditubuhnya. Tepat setelah kejadian itu hujanpun datang, hujan membersihkan darah yang keluar itu sedikit demi sedikit. Tak lama kemudian ibunya pun datang dengan perasaan cemas dan merasa sedikit lega karena melihat temanku tidak terluka parah. Kecemasannyapun mereda saat tidak melihat darah yang keluar dari tubuh temanku. Yah karena darah itu sudah disapu habis oleh air hujan.

Itulah alasan mengapa sekarang dia sangat menyukai hujan, katanya hujan dapat menghapus kesedihan ibunya, saat hujan datang hatinya merasa tentram dan damai. Artinya hujanpun membawa kebaikan baginya.

Akupun mulai teringat dengan bagaimana hujan bisa menyelamatkanku dari hukuman. Sekolahku biasa mengadakan apel pagi dan sore setiap harinya, tentunya kami memakai beberapa atribut seperti name tag, topi, dasi, kaos panjang dll. Saat bel berdering menandakan bahwa apel sore akan dimulai, aku bergegas keluar dari kelas dan mengambil topi untuk melaksanakn apel betapa terkejutnya aku saat topiku tidak ada didalam tas.

Aku sangat cemas bagaimana tidak aku akan berdiri dengan membuat barisan sendiri dan dilihat oleh teman-teman yang lain karena aku terkenal sebagai anak yang tidak akan melanggar sebuah aturan. Yah aku sangat takut dengan hukuman yang diberikan guru. Dengan perasaan khawatir aku menuju ke barisan, tak lama kemudian hari mulai gelap dan hujanpun datang. Guru ku berteriak “tidak ada apel sore” aku sangat bahagia hari itu, yaah aku selamat dari hukuman karena  hujan datang, aku sangat bersyukur.

Lihatlah bagaimana hujan bisa menghapus kesedihan bagi temanku dan menyelamatkanku dari hukuman saat itu. Sungguh aku menyadari bahwa semua yang Allah ciptakan didunia ini punya tujuan dan maksudnya. Allah tidak menciptakan sesuatu tanpa tujuan “Allah Maha Besar” begitu besar nikmat yang dia berikan kepada umatnya. Hujan yang sering dianggap sebagai penghambat seseorang dalam menjalankan aktivitas ternyata hujanpun mampu menyelamatkan seseorang dari berbagai hal, hujan merupakan anugerah dari Allah yang dapat membawa kebahagiaan bagi makhluknya.

Lantas apa yang membuatku untuk tidak bersyukur hari ini? Disaat hujan dapat membawa keberkahan bagi hidup.

Hikmah KehidupanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang