thank you!

32.4K 6.5K 2.2K
                                    

fanart from: poplin.kim (ig)




AKHIRNYA BOT 2.0 HAECHAN KECENTANG JUGA HUHU

jujur lega banget akhirnya bisa namatin sequel ini meski agak terburu-buru. Tapi aku berharap semoga kalian puas sama endingnyaヽ(゜∇゜)ノ

makasih banyak buat kalian semua para pembaca bot. teruntuk reader lama maupun reader baru, yang udah mau coba mampir kesini, yang udah mau luangin waktunya buat baca ini, yang udah antusias nungguin cerita ini sampai ending, serius makasih banget. selain nct 2020, kalian juga yang bikin 2020 ku jadi berkesan! 

Makasih juga buat dari beberapa kalian yang udah mau ngereach aku di dm cuma buat bilang makasih, ngirim fanart, trailer, dan segala macem untuk bentuk dedikasi kalian ke cerita bot series ini. i really appreciate you guys! BIG THANKS! KARYA KALIAN TUH BAGUS BAGUS KALIAN HARUS TAU INI!

ah bakal kangen banget nanti jaman-jaman waktu nulis bot, bakal kangen suasana nge-up malem-malem, asal kalian tahu, gak kalian doang yang deg-degan pas lagi baca. aku juga deg degan!

 bedanya aku lebih deg-degan ketika baca respon kalian di setiap chapter yg aku publish. Takut ada yang hate comment. tapi nyatanya semua ngesupport <3 aku ngerasa dihargai banget. 

walaupun setelah itu aku mulai nemu beberapa komen yang annoying dan cukup menganggu sampe aku ngasih peringatan di chapt selanjutnya. Tapi setelahnya, aku jadi ngerasa gak enak sama kalian karena yang aku pikir 'perasaan dia gak gitu deh'  ikut minta maaf juga :( aku takut kata-kataku jatuhnya jadi nyinggung kalian dan seperti gak ngasih kalian kebebasan buat komen ini itu hanya cuma karena satu orang yang bikin kacau. 









satu lagi, maaf kalau cerita ini masih punya banyak kekurangan. Aku sadar ketika nulis ini, masih banyak plot hole, alur yang kadang suka gak make sense, diksi yang kurang tepat, dan masih banyak lagi. 

Jujur aja bot haechan ini awalnya gak mau aku lanjutin lagi karena rencananya aku mau fokus ke penerbitan bot mark lee dulu. eh ternyata sama aja. Aku gak bisa fokus karena tugas kuliah dan praktikum yang seabrek. Jadinya aku biarin aja naskahnya, lanjutinnya nunggu libur panjang. bot haechan juga aku telantarin soalnya lupa sama kerangka alurnya saking udah kelamaan hiatus. Jadi yaudah gak minat buat ngelanjutin. 

eh suddenly, wattpadku mendadak rame. Katanya work aku yang bot mark lee lagi viral di tiktok. out of nowhere, niatku buat lanjutin bot haechan muncul lagi. Gak tahu sih aku ngerasa kalau itu hutang besar aku ke kalian. Akhirnya aku berusaha buat baca ulang, bolak balik bot mark lee biar nyambung, sampe akhirnya aku kebut dan bikin target pokonya bot haechan harus bisa kelar di akhir tahun. jadi maaf banget kalo cerita ini kurang sesuai dengan ekspektasi kalian, i really try my best! (ᇴ‿ฺᇴ)

sedikit too much information ((sekalian mau cerita aja sih))

Kalau ditanya lebih susah nulis bot mark lee atau bot haechan jelas aku akan pilih bot haechan alias sequelnya. bisa dibilang lebih lama ngerjain yang haechan dibanding yang mark lee. kira-kira ngerjainnya kurleb sepuluh bulan (?) 

karena aku inget banget bot haechan itu aku publish pertama kali di bulan april kemarin waktu lagi quarantine dan kelar tepat di bulan desember ini. di tahun yang sama.

awalnya aku sama sekali gak ada kepikiran buat bikin sequel karena aku pikir kayanya cukup dengan ngasih bonchapt di bot mark lee dan mau jadiin open ending aja biar gak pusing di aku, apa ya kesannya? kayak aku tuh lebih ngasih kebebasan buat kalian bikin teori sendiri aja gitu.

eh waktu lagi mumetnya sama dunia kelas dua belas, yang mana waktu itu lagi pusing pusingnya buat persiapan sbm, nih ide caur malah make muncul! jadi ada deh itu niat bikin sequel!

meskipun awalnya iseng, sempat tes ombak dulu sama reader dan ternyata gak expect banyak juga yang tertarik kalau aku bikin sequel. Jadilah aku nekat buat publish bot haechan walaupun sejujurnya aku sendiri belum nyiapin konsep yg matang. Asal ada ide lewat yaudah trabas aja nulis. Akhirnya kelas dua belas itu kesibukanku jadi kubagi dua. satu belajar untuk persiapan sbm, satunya lagi bikin sequel. Aku udah konsisten, udah percaya diri pasti bisa kok ini bagi waktu. bisa kelar sebelum target. 

eh ternyata aku malah kena bumerang sendiri. Aku malah gak bisa fokus di keduanya. Waktu ngerjain tryout, aku kepikiran alur sequel. Pas lagi mau lanjutin sequel, aku malah kepikiran nilai tryout. disitu aku kacau banget. Makin gak percaya kalau aku bisa lanjutin sequel. jadi aku mutusin buat unpub bot haechan sementara.  Sempet rame yang nanya ke aku di dm maupun di wall, "kak bot haechan kenapa di unpub?" disitu aku juga bingung mau jawab gimana. 

reader lama pun bisa jadi saksi betapa labilnya aku dulu sama sequel ini. publish-unpub-publish-unpub:( lalu seiring berjalannya waktu, aku mulai gak nyaman sama alur yang kubikin. Jenuh. Bosen. Asal kalian tahu, alur cerita yang kalian baca ini bukan alur originnya bot haechan. CIELAH ORIGIN.

alur yang sebenarnya itu lebih nyeritain Haechan yang ngincar Valerie tapi ia gagal bunuh gadis itu jadinya dia yang dibunuh Mark. tapi disini aku jatuhnya bingung mau make pov siapa dan ngebosenin juga cuma gitu-gitu doang. Akhirnya aku putuskan buat rombak semua alurnya, ubah konsepnya dari awal cerita sampe ke ending. akhirnya jadilah cerita bot Haechan yang udah kalian baca sampai habis ini.





pokoknya makasih banyak buat yang udah mau baca cerita ini! <3  see you di ceritaku yang lain! sekalian aku mau pamit deh. aku bakal rest sebentar dari wattpad karena januari ini mau fokus UAS dulu HUHU DOAIN LANCAR YAH.

Tapi aku masih tetap update di instagram kok. Ada kemungkinan aku bakal buka sesi QnA buat yang masih belum paham cerita bot gimana ((kalo sempat mungkin pas malem tahun baru)) 

 jadi buruan daks follow ig aku @f0rtunecokiee karena segala info work terbaru, updatean terbaru, bakal aku kasih tau disana. MAU NGOBROL-NGOBROL JUGA BOLEEEH FEEL FREE TO DM ME!



terakhir,

Aku mau tahu dong kesan pesan kalian ketika baca cerita ini gimana, pengalamannya, apapun itu bebassss ceritakan disini! 

nanti semua kesan pesan kalian bakal aku pajang di story igku soooo kajja! ⊙△⊙











see you in 2021!

Bot 0.2 | Haechan ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang