15. Disty: Word of Love

37.8K 1.9K 53
                                    

Hidupku nggak berwarna. Hidupku flat banget, sumpah! Semangat hidupku enggak tau deh udah terbang kemana. Saban hari aku cuma asyik main di atas ayunan di depan rumah, memandangi siapa aja yang lewat di depan rumahku.

Ayolah, Disty... Kamu nungguin siapa? Mas Al? Ini udah 4 hari, dan bahkan sms pun nggak pernah datang darinya. Bukankah kamu udah tau emang bakal begini? Kalo kamu belum mau nyerah, harusnya nggak usah sok-sok pulang segala! Sok-sok berhenti kerja! Sok-sok nggak mau jadi pacar mas Al lagi. Huaaa! Nyesel! Pengen mas Al! Tapi juga capek sih dengan cinta yang bertepuk sebelah tangan!

"Mamaaa...." rengekku lagi, pada mama yang sejak tadi setia di sisiku, meminjamkan pundaknya untuk menjadi sandaranku.

Kurasakan tangan mama mengusap-usap pundakku dengan lembut.

"Cup cup, udah, sayang... Katanya udah ikhlas kok setiap hari masih galau melulu?" tanya mama.

Aku emang udah cerita semuanya yang perlu diceritain ke mama. Dan mama emang prihatin banget sama aku. Mama selalu ada di sisiku buat aku berkeluh kesah. Buat berpihak padaku tiap adik bungsuku si Adit yang nyebelin, ngeledekin aku yang katanya mukanya lebih masam daripada jeruk nipis. Nyebelin! Nggak ngerti apa orang lagi patah hati!? Sebel!

"Disty bosan, mama..." rengekku.

"Ya udah kenapa nggak ikut papa ke kantor aja, mulai kerja di sana?" tanya mama.

Aku menggeleng dan memeluk mama.

"Disty nggak semangat buat kerja, ma..." jawabku.

"Terus kamu maunya apa?" tanya mama lagi.

"Disty mau mas Al..." ratapku.

"Sabar, ya, sayang... Mungkin dia bukan jodoh kamu... Masa kamu mau meratapi dia terus? Kayak janda ditinggal mati aja, sih?"

Mama! Tega banget, dikata mas Al udah lewat, gitu!? Nggak relaaa!!!

"Disty beneran cinta, maa..." rengekku.

Sekali lagi mama mengusap-usap punggungku.

"Sabar aja, sayang... Pelan-pelan juga kamu bakal lupa. Atau kalau emang jodoh juga pasti ketemu lagi, deh..." jawab mama mencoba menghiburku.

Aku ngangguk-ngangguk dalam dekapan mama.

"Ma... Kalo mama kok dulu kisah cintanya sama papa bisa mulus gitu, ya?" tanyaku sambil mendongak untuk melihat mama. Serius deh aku iri banget.

Kulihat mama senyum ke aku.

"Siapa bilang mulus?" tanya mama.

Aku mencebik. Ya gimana nggak mulus? Kenal dari SMA, terus pas udah lulus kuliah tau-tau diajak nikah? Enak banget, kan?

"Mama nungguin papa kamu itu lama loh, sayang..." ucap mama sambil mengusap kepalaku. "Mama menunggu papa tanpa pernah ada kata cinta di antara kami..."

"Hah? Kok bisa gitu, ma?" tanyaku.

Sebenernya aku udah sering denger cerita cinta mama-papa. Tapi selalu ada hal baru yang sebelumnya belom mama ceritain ke aku.

"Mama bahkan nggak pernah tau kalo papa kamu itu udah suka sama mama sejak kami SMA..."

"Terus mama kok bisa suka sama papa?" tanyaku.

"Papamu selalu menjaga mama. Selalu ada setiap mama membutuhkan sandaran. Padahal awalnya mama merasa terganggu. Tapi kemudian saat papamu pergi, menghilang dari hidup mama, selama 5 tahun, tanpa mama sadari, mama selalu menunggunya..."

Aku mengerjap mendengar cerita mama. Memang aku tau mama menunggu papa selama itu. Tapi, tanpa pernah ada kata cinta? Gimana caranya mereka bisa saling setia?

Perfect Match!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang