Sehari dua hari sampe seminggu nggak kerasa banget mereka ternyata udah lama aja di Jakarta. Panggilan interview juga belom ada, masih betah leha-leha, sambil kepikiran kalo nanti nggak keterima gimana nasib mereka, kecuali Gita.
"Kok lama sih? Apa jangan-jangan kita nggak diterima?"
"Yaelah Ra, santai aja kali, masih seminggu ini belom sebulan, 'kan nyari kerja emang susah." jawab Ariel pas mereka lagi bedua di teras kos'an bagian bawah nungguin Vivi sama Gita beli makanan, katanya nggak enak ngopi tapi nggak ada adunya.
Ditemenin penjaga kos yang abis nyapu batako depan yang banyak daun mereka bincang-bincang bahas keresahan, si penjaga kos yang diketahui namanya Muklis si anak kampung sebelah yang jalan nuju kesana kebates tembok kos-kosan elit ini nimbrung.
"Iya Mbak, nyari kerja tuh susah banget, gua aja beruntung banget nih bisa kerja disini, semangat aja Mbak, kata mak gua rejeki mah kagak kemana asalkan tabah dan berserah aja sama yang Maha Kuasa."
Ya emang sih, Ara juga tau rejeki nggak akan kemana, tapi kalo kita diem-diem aja ya percuma, jadi dia cuma hela napas aja sambil narik lutut buat dipeluk. Ngebiarin Ariel sama Muklis ngomong bedua.
"Kalo lu asli sini Klis?"
Si Muklis yang punya kumis tipis sama rambut ikel bergelombang cita-cita mau dipanjangin tapi susah kalo nggak di catok dan berakhir jadi kribo nggak beraturan itu ngangguk, "Iya Mbak asli sini gua, suka kasian sama orang perantau kaya Mbak-Mbak gini, dari kampung asal pada semangat, pas nyampe sini malah jadi sedih, ya emang gitu sih, susah banget nyari kerja disini, gua aja yang asli sini tuh susah, lahir di kota yang di istimewakan sama orang nggak ngejamin kita bisa idup enak."
"Lu yang asli sini aja susah ya, apalagi gue?"
Seabis nyeruput kopi Muklis jawab, "Yah Mbak, Allhamdulilahin aja lah, toh rencana Tuhan kita nggak ada yang tau 'kan?"
"Iya bener, Allhamdulilah."
Muklis emang udah seminggu terakhir deket sama mereka, soalnya sama-sama terlahir dari orang susah, nggak kaya Mbak-Mbak lain yang emang anak orang kaya terus pengen coba ngekos, rata-rata pada sombong, disenyumin dikit dibalesnya sinis, nggak asik kaya Ariel, Ara, Gita sama Vivi. Umur mereka juga nggak terpaut jauh, jadi nyambung aja.
"Segini nggak kurang emang Vi?" tanya Gita sambil ngangkat jajanan mereka.
"Ini udah banyak ege, mau sebanyak apa lagi? Udah ah ga usah buang-buang duit, harus irit."
Tangan Vivi semuanya bawa kresek, Gita juga, masih aja nanya kurang apa kagak, emang yang mau makan siapa? Satu kosan mau di kasih gitu? Mental sultan emang beda.
"Ya takutnya."
Vivi ama Gita nyampe tuh, langsung duduk di depan mereka bertiga, jejerin makanan yang baru aja di beli, ada cilok, cilor, martabak lima rebuan, somay, bakso ikan tiga rebuan, sama ciki-ciki lain yang mereka beli di warung.
"E buset, banyak bener Mbak?" tanya Muklis heran, ini orang-orang pada overthinking gara-gara lamaran mereka belom diterima, tapi semua orang dagang yang kepandang mata di beli, duitnya sekoper kali yak?
"Biar kenyang Klis, makan aja udah."
Gita sodor-sodorin tuh makanan, dia ngambil somay yang diplastikin terus dia gigit ujungnya, makan bersama mereka yang mulai ngikutin, "Kerjaan lu udah selesai Klis?"
"Iya Mbak baru aja, makasih ya makanannya."
"Santai."
"MUKLISS!!!"
Baru aja tu gigitan pertama mau Muklis kunyah, udah ada yang manggil aja, jadi dia telen padahal belom di kunyah, cepet-cepet berdiri ngebasin pantat terus lari, "Iya Mbak bentar."