Suara orang nangis itu emang paling ngeselin, apalagi nangisnya berjam-jam, kagak berhenti dari sejak berangkat sampe udah nyampe di kota orang. Ariel sama Ara udah pasrah nggak tau harus gimana lagi nimang-nimang Vivi biar diem.
Tapi Gita dengan gampangnya cuma bilang gini doang.
"Nanti hp gue boleh lo pinjem buat nonton Mahabharata sampe kuota gue abis, asal sekarang jangan nangis lagi."
Udah gitu aja si Vivi langsung kicep, dia emang penggemar sinetron India banget, di sinetron itu karakter kesukaan dia Arjuna. Karna katanya selain ganteng, si Arjuna juga jago main panah, terus salut banget pas masa pengasingan mau jadi cewek biar nggak ketauan Duryudana.
Vivi masih srat srot ingus tapi udah nggak secengeng tadi.
Sekarang mereka berempat lagi nyari kos-kosan, rencana sih pada mau daftar pabrikan semua, kalo nggak ke terima ya cari kerja lain aja.
Gita yang beberapa kali pernah bolak-balik Jakarta itu Alhamdulillah udah rada hafal sama jalan, nyari kos-kosan yang kayanya pernah dia liat di daerah sini. Sampe nggak lama bener 'kan, bangunan lantai tiga, gerbang gede menjulang yang bertuliskan 'kos khusus putri' itu terlihat.
"Ayok." kata Gita, ngajak temen-temennya yang nenteng tas gede-gede satuan di punggung buat ngikutin dia.
"Nanti kita semua satu kamar 'kan Git?" Vivi nanya buat mastiin, dia tuh takut banget lah kalo sendirian, pengennya semua barengan.
Gita senyum, karna umur dia lebih tua setahun jadi ngeliat Vivi udah kaya adeknya sendiri, dia rangkul tuh pundak kurus kerempeng buat ngedeket ke dia, lalu ngacak-ngacak rambutnya bentar sambil bilang, "Iya elah, nanti lo tidur sama gue ya."
Ketara jelas kegirangan ada di muka Vivi, "Beneran ya, jangan tinggalin gue."
"Iyaaa."
Ara nyenggol bahu Ariel yang keliatan serius natap sekeliling tempat yang termasuknya megah, dalem hati sih ngira ini keknya kos-kosan mewah, tapi bisa abis dong duit mereka sebelum kerja kalo udah hedon duluan di awal.
"Apa sih Ra?" lama-lama risih juga kagak disautin tapi malah makin bader si kampret.
Ara terkekeh, "Keknya Gita mau bayarin duit kos-an kita ya? Buktinya milih yang elite gini, padahal 'kan dia tau kita kagak ada duit."
"Meskipun dibayarin yang tau diri aja lah nyumbang buat beli keperluan apa nanti."
"Weee ye jelas, kepekaanku terhadap perasaan kalian 'kan sangat tajam."
"Bacot dah."
Mereka udah nyampe di tempat yang punya kost, bincang-bincang sebentar sama ibunya terus nggak lama dikasih kunci kamar, beneran cuma satu kamar. Ara sempet mikir gini, kenapa sih Gita nurutin kemauan Vivi padahal mereka bisa nyewa kamar 2 biar nggak sesek-sesekan.
Nggak taunya, pas masuk mulut dia menganga, anjir lah gede banget, emang beneran elite, masa kost-an ada kamar mandi di dalem, ada ac-nya juga, palingan cuma nambah kasur sama tipi doang. Kalo mau masak kata ibunya ke bawah aja, dapur barengan sama yang lain.
Ariel langsung lemparin tasnya ke pojokan, rebahan di lantai renggangin badan, "Ahhh gilaa, akhirnya bisa istirahat juga."
Diikutin Ara, Gita sama Vivi. Emang kerasa cape banget sih, perjalanan naik bis 'kan emang lebih lama dibandingin naik kereta, duduk duduk ya pegel kagak bisa enak.
"Ariell gue mau makan~" manjanya Vivi keluar.
Dia tuh emang cuma bisa manja ke Ariel atau engga ke Gita, kalo ke Ara mah udah kaya musuh bebuyutan, tiada hari tanpa keributan. Entah karna dia cuma anak tunggal jadi ada Ariel sama Gita yang tanpa enggan menyayangi dia pake ketulusan tuh ngebuat Vivi nyaman.
Apalagi Ariel sama Gita nggak pernah nolak kepengenan dia kalo masih batas wajar.
Pas Vivi minta gitu, yang tadinya badan cape langsung duduk nyari makanan di tasnya. Diubek-ubek sampe ke dasar nemunya mie instan doang.
"Yah Vi, cuma ada mie, nggak papa?"
Vivi yang lagi rebahan di paha Gita karna ga ada bantal sama kasur cuma ngacungin jempol, "Iya nggak papa, jangan kasih saos ya."
"Heh anjing bikin sendiri tolol." Ara ngaduin telapak kaki dia yang bertepatan di depan telapak kaki Vivi. Tapi Vivi malah sengaja banget buat kesel gitu, meletin lidah terus nggak jawab.
"Udah Ra santai elah, gue kebawah dulu ya, kalian mau sekalian nggak?"
"Boleh deh gue juga ya." kayanya Gita juga ikut laper.
"Elu Ra?" tanya Ariel ke Ara yang masih aja nendang-nendang kaki Vivi tapi si yang punya kaki kagak waro.
"Hah apa? Gue ikut ke bawah aja deh," sekali lagi sebelum berdiri Ara nendang kaki Vivi, bonus, "Huu!"
"Huu!" dibales sama Vivi.
Abis itu Ariel sama Ara turun ke bawah, katanya pas turun tangga langsung belok kanan lewatin kamar mandi penjaga kos, nah disitu deh dapurnya.
Bersyukur bener dah, sebanyak ini penghuni kost tapi dapurnya keurus, nggak rame-rame banget sih disana cuma ada 2 orang yang keknya lagi ngambil piring terus balik.
Ara sama Ariel sebagai penghuni baru senyumin cici cici Cina itu, tapi dibalesnya judes banget, ngelirik dari atas sampe bawah ke mereka berdua terus decih samar lalu pergi dah. Ara sama Ariel saling pandang terus ngangkat bahu.
Tinggal nyisa 1 orang yang dikira mereka bakal balik taunya malah duduk di meja makan yang sengaja disediain disana, betapa kaget terheran-herannya mereka ngeliat itu cewek ngeluarin sebungkus rokok dari saku celana pendek dia yang ketutupan baju gombrang.
Si cewek yang mukanya ngewakilin jawa banget ngangkat dagu, "Mau masak mie? Tuh disana, gue numpang nyebat bentar."
"A-anu emm sok atuh kak, punten ya." Ara bungkukin badan sama nurunin tangan sebelah ciri khas orang santun pengen lewat, diikutin Ariel. Ya dikota orang 'kan kudu jaga tata krama.
"Hmm." mbaknya jawab dehem doang.
Ariel sama Ara yang udah nyampe di depan kompor saling pandang lagi, kali ini beda sama yang tadi ngangkat bahu doang, ini kek mereka mikir, emang mbak-mbak dikota biasa udud apa kali ya?
Tapi yaudah lah ya, jadi lanjut deh masak mie. Nunggu beberapa menit jadi tuh, Ara nganterin dua mie buat Gita ama Vivi, Ariel nyusul kalo mie yang dua ini jadi buat dia sama Ara. Nah jadi di dapur cuma ada Ariel sama mbak-mbak tadi.
Si mbaknya keliatan banget dari nyalain rokok pertama sampe ke dua tuh merhatiin mereka, tapi nyatanya itu mbak-mbak cuma merhatiin Ariel. Yang kulitnya rada ke iteman tapi kok muka kaya tionghoa gitu.
Jadi mbaknya ngomong, "Lo asal mana?"
Ariel yang munggungin dia 'kan jadi ikut bertanya-tanya, ini orang ngomong sama siapa ye 'kan?
"Heh denger nggak sih gue ngomong?"
Baru ngeh, "Mbak ngomong sama saya?"
"Ya lo pikir gue ngomong sama siapa lagi?"
"Hehehe, saya asal Cirebon."
"Kok muka lu nggak mencerminkan orang jawa banget sih."
"Kaya mbak gitu maksudnya?"
"Lo ngeledek gue mentang-mentang lo cina gitu?!"
Lah kok jadi marah, si mbaknya malah melotot ke Ariel, padahal 'kan dia cuma ngomong sesuai fakta ye? Jadi karna takut nyari ribut apalagi baru sehari disini Ariel minta maaf dah.
"Eee nggak gitu maksud saya, ee aduh gimana ya jelasinnya, maaf ya mbak."
Kagak dijawab, tapi yang penting Ariel udah minta maaf, barengan pula sama mie dia yang udah mateng, jadi yaudah dia taro mienya ke piring terus berniat pergi dari sana.
Tapi kek orang kena bipolar si mbaknya nyegat dia sambil senyum, "Lo cantik si buat ukuran orang kampung yang baru ke kota, mau jadi pacar gue nggak?"
"Hahhhh?!!"
Ini apaan lagi duh Gustiiii....
***
Nggak usah panjang-panjang ya gais, yang penting updatenya lancar hehehehehehehehe, masih baru soalnya :D